Sponsors Link

Obat Panas Dalam Bayi 5 Bulan yang Alami dan Terampuh

Sponsors Link

Yang namanya penyakit datang tanpa bisa diduga. Penyakit bisa datang pada siapa saja, termasuk pada bayi 5 bulan. Penyakit yang umum diderita oleh bayi biasanya adalah demam. Demam sendiri sebenarnya bukan sebuah penyakit, namun gejala yang menandakan bahwa ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan mungkin menyebabkan penyakit lain yang lebih parah.

ads

Daya tahan tubuh bayi yang relatif lemah juga menjadi penyebab bayi mudah terkena penyakit, termasuk panas dalam. Menemukan obat panas dalam bayi 5 bulan tentu saja buka perkara mudah karena bayi pada usia itu belum boleh memakan makanan lain selain ASI. Biasanya obat untuk panas dalam bayi lebih banyak dikonsumsi ibu karena manfaatnya akan langsung dirasakan melalui ASI. Kenali dengan baik ciri ciri panas dalam pada bayi untuk menemukan obat dan cara menyembuhkan yang paling tepat.

Inilah beberapa jenis obat panas dalam bayi 5 bulan.

  1. Vitamin D dari Sinar Matahari

Bagi bayi, manfaat paparan sinar matahari di pagi hari sangat penting. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin D yang baik bagi tumbuh kembang bayi, terutama untuk pertumbuhan tulangnya. Sinar matahari pagi juga bisa menjadi obat panas dalam tenggorokan yang alami bagi bayi. Jemur bayi di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang terbaik.

  1. Makanan dan Buah yang Sehat

Segala macam nutrisi yang dimakan ibu akan langsung dirasakan manfaatnya oleh bayi. Saat bayi sedang panas dalam, ibu sebaiknya memakan makanan pereda panas dalam agar panas dalam bayi dapat cepat turun. Selain itu, memakan buah untuk mengobati panas dalam pada anak juga sangat disarankan terutama yang tinggi akan kandungan vitamin C.

  1. Air Susu Ibu (ASI)

Makanan terbaik bagi bayi yang berusia di bawah 6 bulan adalah air susu ibu. ASI mengandung kolostrum, sebuah zat yang tidak dapat ditemukan di makanan atau minuman lainnya. ASI juga bisa menjadi obat panas dalam untuk balita yang ampuh. Panas dalam pada balita, termasuk pada bayi 5 bulan dapat disembuhkan dengan ASI. Berikan ASI pada bayi lebih sering saat bayi menderita panas dalam.

  1. Vitamin C

Banyak yang belum tahu akan manfaat vitamin C saat demam yang sangat besar untuk bayi. Tidak hanya demam saja, vitamin C juga terkenal baik untuk mengobati panas dalam. Vitamin C banyak terkandung di dalam buah seperti lemon, jeruk, dan tomat. Ibu sebaiknya meningkatkan konsumsi buah penurun panas dalam agar bayi dapat segera pulih dengan cepat.

  1. Madu

Bahan alami yang satu ini terkenal sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Madu menjadi obat panas dalam tradisional terbaik untuk bayi karena kandungan anti bakteri di dalamnya yang begitu tinggi. Berikan tingginya manfaat madu untuk panas dalam pada bayi dengan menyeduh madu dan air hangat, lalu berikan 1 sendok teh saja pada bayi 5 bulan.

Sponsors Link

  1. Biji Anggur

Biji anggur yang diolah menjadi ekstrak biji anggur dikenal ampuh untuk mengobati macam macam panas dalam. Ekstrak biji anggur banyak dijual menjadi serbuk atau sirup siap minum. Karena bayi tidak boleh mengonsumsi ekstrak biji anggur secara langsung, sebaiknya ibu mengonsumsi ekstrak biji anggur secara rutin sampai panas dalam bayi reda.

  1. Minyak Kelapa

Obat alami lain untuk mengobati panas dalam dan demam pada bayi 5 bulan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada puting payudara ibu sehingga bayi dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

Penyebab Panas Dalam Pada Bayi 5 Bulan

Cara mengatasi demam pada bayi usia 5 bulan atau sekedar panas dalam yang diderita dapat menggunakan obat alami. Namun sebelumnya, kenali penyebab panas dalam pada bayi 5 bulan berikut ini:

  • Cuaca Ekstrim. Cuaca yang ekstrim seperti terlalu panas, terlalu dingin, atau naik turun tidak menentu sangat buruk dampaknya bagi bayi. Berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit lebih mudah untuk menyerang bayi dan salah satunya adalah membuat bayi menderita panas dalam.
    Sponsors Link

  • Dehidrasi. Saat cuaca sedang terik atau sedang dingin, bayi dapat terkena dehidrasi dengan mudah. Dehidrasi yang parah akan sangat berbahaya bagi bayi jika tidak segera ditangani untuk disembuhkan. Kenali gejala dan tanda dehidrasi seperti bibir kering dan bayi lebih rewel.
  • Terlalu Banyak Terpapar Sinar Matahari. Paparan sinar matahari memang sangat baik untuk bayi, terutama di pagi hari. Namun jika hari sudah siang sinar matahari berubah menjadi berbahaya dan buruk untuk tubuh. Jangan terlalu banyak memaparkan bayi pada sinar matahari secara langsung secara berlebihan.
  • Efek Samping Obat atau Kosmetik. Ibu yang masih menyusui harus berhati hati menggunakan obat atau kosmetik. Jika salah satu komposisi dalam obat dan kosmetik berbahaya bagi tubuh, dampaknya akan langsung dirasakan oleh bayi.

Itu dia berbagai macam jenis obat panas dalam bayi 5 bulan yang bisa dibuat sendiri dan bisa ditemukan dengan mudah. Jika panas dalam pada bayi tidak kunjung reda selama beberapa hari dan tidak menunjukkan tanda tanda kesembuhan, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan