Sponsors Link

6 Obat Panas Dalam Tradisional yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Penyakit bahaya panas dalam merupakan penyakit ringan yang umum dialami semua orang baik orang dewasa maupun anak-anak. Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya, namun tetap saja mengganggu. Sehingga ada baiknya tetap mengusahakan kesembuhan jika terserang panas dalam. Berikut ini beberapa obat panas dalam tradisional yang dapat dijadikan alternatif penyembuhan sakit panas dalam.

ads

Pengertian

Obat panas dalam umumnya digunakan untuk mempercepat kesembuhan penyakit panas dalam. Sekalipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun pengobatan akan membantu mempercepat proses pemulihan.

Penyebab

Umumnya panas dalam dapat terjadi karena beberapa hal. Penyebab panas dalam dapat bermacam-macam, salah satunya akibat perubahan cuaca. Bisa juga karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun atau kecapekan, sehingga mudah terserang penyakit.

Ciri dan Gejala

Berikut ini beberapa ciri dan gejala panas dalam yang mudah dilihat. Ciri dan gejala berikut ini sering terjadi pada penderita panas dalam:

  • Tubuh sedikit demam tinggi dan sesak nafas serta meriang.
  • Badan terasa pegal dan sakit di otot persendian.
  • Demam akibat radang tenggorokan yang menyebabkan timbul rasa sakit saat menelan dan serik di tenggorokan.
  • Dapat terjadi batuk kering maupun luka di area tenggorokan.
  • Mulut penuh demam disertai sariawan yang terasa perih.
  • Perut terasa kembung tidak nyaman dan rasa mual.
  • Sistem pencernaan terasa sebah dan panas sehingga ingin muntah.

Obat Panas Dalam Tradisional

Untuk mengatasi gejala panas dalam ada beberapa tipe pengobatan yang dapat dilakukan. Berikut ini cara-cara alami obat panas dalam tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala panas dalam pada tubuh:

1. Sayur Bayam

Salah satu sayur untuk panas dalam yang dapat membantu mempercepat pemulihn yaitu sayur bayam. Dengan konsumsi kuah sayur bayam juga membantu asupan vitamin serta mineral tubuh yang dapat mengoptimalkan kesembuhan sakit panas dalam.

2. Labu Siam

Pilihan lain untukmmengobati panas dalam secara alami dengan makan labu siam. Makanan ini mudah disajikan, cukup direbus dan dijadikan lalapan saja. Labu siam bersifat mendinginkan lambung dan tenggorokan sehingga mampu meredakan gejala efek panas dalam.

Sponsors Link

3. Sari Alang-Alang

Salah satu obat panas dalam tradisional yaitu sati alang-alang. Untuk mencarinya cukup mudah. Selain itu minuman ini berkhasiat meredakan panas dalam sejak dahulu kala. Selain segar juga memberi rasa dingin di tenggorokan dan lambung.

4. Buah Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dosis tinggi sehingga buah jeruk cocok untuk mengobati panas dalam. Selain rasanya segar juga mudah untuk didapat. Karena itu jika panas dalam konsumsi buah jeruk secukupnya.

Sponsors Link

5. Pepaya

Buah pepaya tidak hanya memperlancar pencernaan namun juga bersifat dingin di lambung. Oleh sebab itu obat ini cocok dipakai sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan panas dalam. Cobalah konsumsi beberapa potong pepaya saat panas dalam tentu akan membantu cepat sembuh.

6. Temulawak

Minuman ini merupakan salah satu jamu yang dipercaya khasiatnya sejak dulu kala. Salah satu manfaat temulawak dapat menyembuhkan penyebab panas dalam dan sariawan. Oleh sebab itu jika sedang terasa tidak enak akibat panas dalam, konsumsi jamu temulawak yang mudah didapatkan di pasar tradisional.

Demikian beberapa jenis obat panas dalam tradisional yang mudah ditemukan. Jika mengalami panas dalam tenggorokan tidak perlu panik. Jangan pula dibiarkan saja. Cobalah obat tradisional tersebut untuk membantu mempercepat kesembuhan penyakit panas dalam.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan