Sponsors Link

5 Obat Panas Dalam untuk Anak 1 Tahun Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Balita, termasuk anak yang masih berusia 1 tahun belum mempunyai sistem imun yang sempurna sehingga daya tahan tubuhnya masih rendah. Akibatnya, anak 1 tahun mudah terkena penyakit, terutama Demam. Demam tidak selalu ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat saja, tetapi juga adanya Gejala Panas Dalam pada anak. Di antara Macam Macam Panas Dalam yang bisa menyerang anak antara lain sariawan, radang tenggorokan, amandel, dan bibir kering. Ada banyak Penyebab Panas Dalam dan Sariawan pada anak, termasuk kebersihan mulut dan gigi yang kurang terjaga.

ads

Karena usia anak yang baru 1 tahun, orang tua biasanya bingung mencari obat apa yang tepat untuk menyembuhkannya. Banyak orang tua yang menghindari penggunaan obat berbahan kimia karena khawatir akan efek sampingnya terhadap anak. Sebagai alternatif, mereka menggunakan Obat Panas Dalam Tradisional dari tumbuhan alami yang lebih aman, tanpa kandungan bahan kimia, dan tanpa efek samping untuk bayi.

Apa saja jenis tumbuhan yang bisa dijadikan obat panas dalam untuk anak 1 tahun yang manjur? Berikut ini penjelasan lengkapnya beserta cara membuatnya.

1. Rambut Jagung Muda

Rambut jagung muda yang berwarna cokelat kemerahan ini sering dibuang karena dianggap tidak bermanfaat. Padahal rambut jagung adalah tanaman obat tradisional yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah Panas Dalam Tenggorokan pada anak 1 tahun. Rambut jagung mengandung tanin dan flavonoid yang bisa menurunkan panas dan mengobati panas dalam. Cara mengolah rambut jagung sebagai obat panas dalam untuk anak 1 tahun adalah:

  • Siapkan sekepal rambut jagung muda, cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan 500 ml air.
  • Setelah mendidih, biarkan hingga air hanya tersisa 1/2 bagian saja.
  • Saring lalu berikan pada anak sebanyak 2 kali sehari sampai sembuh.

2. Kunyit

Sebagai tanaman yang sering diolah menjadi jamu tradisional, kunyit tentu punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk sebagai Obat Panas Dalam untuk anak 1 tahun yang manjur. Kunyit kaya akan kandungan senyawa alami yang membuatnya begitu bermanfaat dalam menyembuhkan panas dalam. Vitamin C di dalam kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan menghindarkan dari serangan penyakit. Sementara curcuminoid meningkatkan nafsu makan anak yang sempat hilang karena panas dalam. Kunyit juga merupakan Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak. Cara mengolah ramuan dari kunyit adalah:

  • Siapkan bahan bahan yang dibutuhkan: 1 ruas jari kunyit (cuci dan kupas), 1 buah kuning telur ayam kampung, 1 sendok makan madu.
  • Haluskan kunyit dengan cara diparut, lalu peras airnya.
  • Campurkan perasan kunyit dengan 1/2 kuning telur dan 1 sendok makan madu. Aduk rata.
  • Berikan sedikit demi sedikit pada anak.
    Sponsors Link

3. Kencur

Rempah rempah yang satu ini juga banyak diolah menjadi jamu tradisional sama seperti kunyit. Kencur memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk sebagai Obat Herbal Demam dan Sakit Kepala yang mengganggu. Menurut sebuah penelitian laboratorium, kencur mengandung lebih dari 23 jenis vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kencur sebagai obat panas dalam untuk anak 1 tahun cukup aman untuk dikonsumsi. Kencur adalah bahan alami yang memang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menyembuhkan gangguan kesehatan ringan seperti demam dan panas dalam. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari kencur adalah bisa dijadikan sebagai Cara Mengobati Demam dan Sakit Kepala pada anak dan orang dewasa. Tidak perlu repot untuk mengolah kencur. Beli saja jamu beras kencur yang banyak dijual, lalu berikan pada anak sebanyak 2 kali sehari.

4. Air Kelapa Muda

Siapa yang tidak mengenal khasiat air kelapa muda bagi kesehatan? Air kelapa muda mampu menetralkan berbagai zat racun yang ada di dalam tubuh manusia. Itulah mengapa minuman ini tetap dikonsumsi meski seseorang tidak sedang sakit. Air kelapa muda selain baik untuk menjaga kesehatan juga bisa mengobati Panas Dalam Pada Balita usia 1 tahun. Tetapi perhatikan dosis yang tepat, yaitu cukup 3 sendok makan saja sekali minum.

Manfaat Air Kelapa untuk Anak Demam dan panas dalam adalah menyembuhkan kedua penyakit tersebut dengan alami dan cepat. Air kelapa secara efektif membunuh bakteri dalam mulut penyebab panas dalam dan menghambat pertumbuhannya.

Sponsors Link

5. Madu

Madu adalah obat untuk hampir segala jenis penyakit yang khasiatnya sudah dipercaya sejak jaman dahulu. Pilih madu alami tanpa pemanis buatan dan tanpa tambahan bahan kimia lain agar manfaatnya dapat dirasakan secara utuh. Madu mengandung zat anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan tenggorokan serta anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Banyak sekali bukan Manfaat Madu untuk Panas Dalam? Madu juga efektif sebagai Cara Alami Mengobati Demam Flu.

Itulah Obat Panas Dalam untuk Anak 1 tahun dari tanaman obat tradisional yang aman dan bebas dari bahan kimia. Memilih obat untuk anak memang tidak bisa sembarangan, karena jika salah komposisi atau dosisnya bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah pada anak usia 1 tahun. Orang tua harus teliti saat memilih obat panas dalam untuk anak, sekalipun obat tersebut berasal dari tanaman obat tradisional.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan