Sponsors Link

20 Obat Panas Dingin Alami yang Mudah Didapat

Sponsors Link

Semua orang pernah merasakan demam. Baik demam panas atau demam panas dingin atau demam meriang. itu disebabkan karena demam merupakan mekanisme tubuh terhadap masuknya infeksi atau adanya ketidakstabilan di dalam tubuh. Jadi, demam menjadi gejala berbagai penyakit.

ads

Tidak semua orang demam akan mengalami panas dingin. Tetapi demam menggigil ini umumnya menyertai panas. Badan terasa panas tetapi kaki dan tangan dingin sering kali dirasakan.

Sebagai penanganan awal, obat panas dingin alami menjadi alternatif. Termasuk obat panas dingin alami adalah obat herbal demam meriang dan mengatasi panas dingin dengan cara alami, tanpa obat apotek.

Obat panas dingin alami yang dimaksudkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kunyit Putih

Kunyit putih memang jarang ditemukan dibandingkan dengan kunyit kuning. Namun, kunyit ini mempunyai khasiat yang hampir sama dengan kunyit kuning, yaitu meredakan demam. Banyak orang percaya, kunyit putih mengobati penyakit demam infeksi saluran kemih dan yang berhubungan dengannya.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya dapat direbus dan dimakan airnya setelah mendidih dan tersisa setengah. Khasiat daun ini adalah mengatasi demam disertai sakit kepala, misalnya pada penderita demam tifus. Daun dapat juga dijadikan daun penurun panas badan sebagai kompres setelah diremas sampai halus dan dicampurkan minyak kelapa.

3. Bawang Putih

Bawang putih sejak lama diyakini sebagai bahan alami antibiotik. Jika diyakini sakit demam panas dingin disebabkan demam infeksi bakteri, maka bawang putih sangat cocok. Caranya dapat dihaluskan dan dikonsumsi. Jika tidak enak rasanya dapat dicampur ke dalam resep makanan untuk anak demam.

4. Pegagan

Pegagan mempunyai fungsi yang sama dengan jenis rimpang Indonesia lain. Cara menggunakannya sama dengan kunyit putih, jahe, temulawak, dan sebagainya. Pegagan ini memperlancar peredaran darah, menambah tenaga, memperkuat jaringan tubuh, dan menambah nafsu makan.

5. Temulawak

Temulawak selain menurunkan panas juga meningkatkan nafsu makan. Seperti halnya vitamin, dengan mengonsumsi temulawak diharapkan panas turun dan penderita sakit akan tetap makan bergizi agar cepat pulih.

6. Kuning Telur

Kuning telur dan madu diyakini menambah energi. ini berlaku juga bagi penderita panas dingin. Kuning telur dimasak setengah matang dan dicampur setengah sendok teh baru dimakan. Dengan energi yang meningkat, maka daya tahan tubuh ikut meningkat. 

Sponsors Link

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasanya dikonsumsi perasannya oleh penderita demam karena batuk pilek berdahak dan demam akibat radang tenggorokan. Mengkonsumsi jeruk nipis akan membuat tenggorokan menjadi lega.

8. Meniran

Daun meniran beberapa helai dan direbus sampai mendidih dan air tersisa setengah akan menurunkan panas. Minumlah beberapa kali sehari agar panas turun. Jika panas turun, maka panas dingin akan hilang pula. 

ads

9. Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit menjadi salah satu rimpang khas Indonesia. Satu ruasnya dikupas dan dibersihkan dan direbus sampai mendidih hingga air tersisa setengah. Air rebusan kemudian disaring dan diminum. Cara ini membantu menurunkan panas. Jika rasanya kurang enak dapat ditambahkan madu atau gula aren.

10. Jahe

Minum jahe akan menghangatkan tubuh. Ini terjadi karena jahe memperlancar peredaran darah.

11. Kunyit Kuning

Zat yang dikandung oleh kunyit menurunkan panas dan mengandung anti oksidan yang baik. Minum sari kunyit akan membuat panas segera turun. Kunyit kuning juga mudah didapat.

12. Kencur
Kencur adalah zat anti nyeri. Jika seseorang demam panas dingin karena nyeri tulang atau keseleo, sari kencur akan membantu menurunkan rasa nyeri. Jika dioleskan pada bagian yang sakit akan memberikan rasa dingin dan nyaman.

13. Madu

Madu sejak lama dipercaya sebagai penurun demam. Minum madu juga memberi energi. Manfaat madu untuk penurun panas biasanya ditambahkan pada sari temulawak, kunyit, pegagan, dan lain-lain. Madu membari tambahan rasa.

14. Makanan Mengandung Zinc

Makanan yang mengandung zinc sangat diperlukan bagi penderita panas dingin. Zinc termasuk salah satu makanan penurun demam orang dewasa. Makanan yang mengandung ini adalah bayam, jamur, kepiting, dan udang.

15. Bawang Merah

Bawang merah adalah obat panas dingin yang paling banyak digunakan penderita yang tidak suka minum obat herbal. Minyak yang dikeluarkannya memberi kehangatan, sehingga demam flu pada anak dan demam hidung tersumbat dapat lega. Minyak atsiri juga menurunkan panas.

16. Minum Teh Herbal

Teh, sama dengan jahe. Semua teh herbal, terutama teh peppermint memperlancar peredaran darah sehingga menghangatkan tubuh. Selanjutnya minum teh herbal akan menurunkan panas.

17. Garam

Garam mengandung antibiotik. Mengobati panas dingin dengan garam tidak sulit. Buat saja larutan garam dan berkumur dengannya. Untuk penderita diare, muntah, dan demam pada anak, membuat garam oralit dapat mencegah dehidrasi dan mengatasi infeksi bakteri yang terjadi.

18. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat membuka dan memperlancar peredaran darah. Akibatnya panas tubuh lebih mudah keluar dan menjadi stabil. 

Sponsors Link

19. Kompres

Meskipun kompres cara alami, tetapi banyak ahli kesehatan telah mengakui khasiatnya. Selain menurunkan panas manfaat kompres demam dapat memberi rasa nyaman kepada penderita sakit. Sekarang ini ada plester kompres demam untuk anak yang lebih praktis.

20. Putih telur

Tidak seperti kuning telur yang dikonsumsi, putih telur dijadikan bahan merendam kaki pada jenis demam biasa. Kocoklah terlebih dahulu 3 buah putih telur. Setelah itu, rendam telapak kaki hingga selama beberapa menit. Gantilah telur jika dirasakan sudah ikut menjadi panas.

Masih banyak lagi obat panas dingin alami yang belum disebutkan.  Indonesia kaya akan bahan alami. Namun, jika degan obat alami panas dingin terus berlanjut, penderita semakin lemas, anak kejang demam, dandemam tinggi hingga mimisan, maka segeralah bawa ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosa dan penanganan lebih tepat, meskipun obat apotek atau obat dokter belum tentu langsung menyembuhkan. Dokter akan mencegah terjadinya komplikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan