Sponsors Link

16 Obat Panas Dingin dan Batuk yang Aman dan Terampuh

Sponsors Link

Gejala panas dingin dan batuk, mungkin sebuah gejala penyakit yang pernah diderita hampir semua orang. Karena gejala demam biasa ini merupakan ciri hampir semua penyakit yang disebabkan demam virus dan bakteri. Mulai dari bayi, ibu hamil, sampai orang dengan usia lanjut dapat mengalaminya.

ads

Batuk sendiri dapat berupa batuk berdahak dan batuk kering. Panas dingin yang disertai batuk kering (tidak disertai lendir yang menyumbat pernapasan), dapat menjadi gejala demam akibat radang tenggorokan, infeksi saluran pernapasan atas, atau infeksi paru-paru. Sementara batuk berdahak dapat juga berarti radang tenggorokan, infeksi saluran pernapasan atas, demam karena radang amandel, demam flu pada anak, demam campak, demam pada pasien TBC.

Mengingat gejala penyakit satu sama lain mirip, maka obat panas dingin dan batuk perlu diketahui. Obat di sini tidak selalu dalam bentuk sesuatu yang dapat dikonsumsi dan obat panas dingin di apotek, tetapi dapat obat herbal atau obat panas dingin alami atau obat tradisional, atau cara alami yang meredakan gejala.

Obat panas dingin dan batuk tersebut, antara lain diuraikan di bawah ini.

1. Istirahat

Istirahat sangat penting jika mengalami gejala panas dingin dan batuk. Demam batuk pilek pada anak dapat mereda dengan istirahat. Sementara dengan istirahat, memberikan kesempatan energi yang tersimpan untuk lebih fokus pada kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

2. Konsumsi Banyak Cairan

Orang yang demam, tubuhnya banyak kehilangan cairan. Apalagi jika demam panas disertai diare dan muntah. Cairan yang hilang akan lebih banyak, disertai banyak ion tubuh yang yang hilang. Oleh sebab itu, konsumsi banyak cairan diwajibkan bagi penderita sakit agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang berbahaya. Cairan dapat dikonsumsi melalui minum banyak air, sayur dan buah, dan sebagainya.

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung banyak cairan. Buah dan sayur ini juga adalah makanan dan minuman penurun demam panas  yang efektif. Beberapa buah seperti melon, memberi efek menyegarkan jika dikonsumsi. Pisang dapat membuat batuk reda dan penderita tidur lebih nyaman.

4. Obat Apotek

Obat apotek sampai saat ini diyakini masyarakat Indonesia menjadi obat yang memberikan efek cepat dalam mengatasi gejala penyakit. Obat apotek biasanya diresepkan oleh dokter. Namun, saat ini banyak juga obat apotek yang dijual bebas. Obat dijual bebas umumnya diberi tanda lingkaran hijau dan biru (obat bebas terbatas).

Contoh obat bebas adalah :

  • Paracetamol
  • Sanmol
  • Chlorpeniramine matae
  • Dextromethrophan
  • Aspirin
  • dan lain-lain 
    Sponsors Link

Sementara obat bebas terbatas, yaitu obat yang sebenarnya termasuk obat keras tetapi dapat dibeli degan bebas dan di kemasannya terdapat peringatan “Awas obat Keras”. Contoh obat bebas terbatas :

  • CTM
  • Antimo
  • Noza
  • Dan lain-lain

5. Suplemen

Dari sayur dan buah, seseorang sudah mendapatkan cairan dan vitamin yang cukup. Tetapi terkadang orang yang sedang sakit sulit untuk mengkonsumsi makanan. Padahal vitamin akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan. Oleh karena itu, suplemen menjadi alternatif yang baik.

6. Obat Herbal

Obat herbal panas dingin dan batuk seperti kunyit, jahe, daun papaya, dan lain-lain dapat dicoba untuk mengatasi panas dingin dan batuk ketika baru dirasakan. Obat herbal mempunyai reaksi yang lebih lambat dibandingkan obat apotek. tetapi cenderung lebih aman dari bahan kimia.

Sponsors Link

7. Matahari Pagi

Berjemur di matahari pagi, sekitar jam 7 sampai jam 9, dapat mengatasi batuk. Di waktu ini, matahari juga menghasilkan vitamin D yang diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan pemanasan, batuk berdahak akan terasa lebih ringan.

8. Terapi Uap
Terapi uap sangat diperlukan jika batuk sampai menyumbat pernapasan. Khususnya bagi balita yang belum dapat mengeluarkan lendir sendiri. Terapi uap menggunakan alat khusus umumnya diberikan do dokter anak. Namun, secara alami dapat dibuat dengan menghirup uap panas yang dicampur minyak kayu putih dalam jarak sekitar 30 cm dari wajah.

Demikian obat panas dingin dan batuk dalam artikel kali ini. Karena panas dingin dan batuk merupakan gejala hampir semua penyakit, maka waspada jika demam berkepanjangan dan batuk lebih dari 14 hari.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan