Sponsors Link

12 Obat Panas Dingin di Apotek Paling Ampuh

Sponsors Link

Panas dingin atau demam panas diiringi dengan bagian tubuh tertentu khususnya kaki dan tangan merasa kediniginan sebenarnya bagian dari imunitas tubuh. Sistem imun tubuh memberi tanda pada hypothalamus pada otak bahwa ada infeksi. Sistem imun merasakan ada sesuatu yang tidak biasa di dalamnya.

ads

Oleh karena itu, panas dingin dapat menjadi gejala berbagai penyakit, misalnya :

Apabila seseorang mengalami gejala panas dingin dan belum diketahui penyebabnya, untuk langkah awal dapat diatasi dengan perawatan di rumah menggunakan obat panas dingin alami atau obat apotek. Beberapa contoh obat panas dingin di apotek yang dapat dijual bebas, adalah :

1. Paracetamol

Paracetamol dapat disebut sebagai merek obat atau kandungan obat. Paracetamol adalah kandungan kimia obat yang menjadi salah satu bagian dari obat berjenis Acetaminophen. Obat ini tergolong paling aman dan memberikan efek menurunkan panas. Di pasaran obat generik dengan kandungan Paracetamol banyak dijual dengan merek Paracetamol juga.

2. Paratusin

Paratusin juga mengandung Acetamiophen Paracetamol. Perbedaannya obat ini sekaligus mengandung pereda batuk. Jadi, Paratusin biasanya digunakan oleh penderita batuk pilek panas dingin, khususnya batuk berdahak. Paratusin merupakan merek obat yang lengkap terdiri dari Paratusin sirup dan tablet, sehingga dapat disesuaikan penggunaannya untuk anak dan orang dewasa. Namun, seperti umumnya obat batuk, Paratusin tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 2 tahun.

3. Proris

Banyak orang yang menanyakan apa perbedaan Proris dengan Paracetamol dan bagaimana dengan khasiatnya. Proris ini mengandung Ibuprofen. Bahan kimia obat yang menurunkan panas sekaligua antipieuretik. Sedikit kandungan di atas Paracetamol. Beberapa dokter terkadang memberikan resep ini diselingi oleh Paracetamol.

Proris sirup lebh dikenal di pasaran untuk anak-anak. Umumnya diberikan kepada penderita demam berkepanjangan pada anak.

Sponsors Link

4. Pseudoferon

Pseudoferon menjadi salah satu kandungan obat pereda flu. Obat ini mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Umumnya diberi rasa agak sedikit mint yang melegakan.

5. Dextrometrophan

Dextrometrophan menjadi salah satu obat panas dingin di apotek untuk penderita sakit yang diduga gejala demam  panas biasa. Obat ini melegakan tenggorokan dan meredakan gatal. Jika tenggorokan gatal sepanjang hari, maka obat ini sangat cocok.

ads

6. Kemilpropalanin

Obat apotek jenis ini biasanya sekaligus mengandung CTM. Sama dengan Dextrometrophan, Kemilpropalanin melegakan tenggorokan dan menghilangkan gatal. Hanya saja kandungan CTM menyebabkan kantuk, Penderita diwajibkan untuk tidak mengendarai kendaraan setelah minum obat ini. Rasa kantuk akan memaksa penderita untuk beristirahat.

7. Sanmol

Sanmol menjadi obat yang mengandung Paracetamol dan terkenal. Ini dikarenakan kemasannya yang lengkap, mulai dari drops, sirup, tablet, hingga Sanmol yang ditujukan untuk orang dengan dosis tertentu untuk orang dengan berat badan berlebih. Sanmol sangat cocok untuk bayi hingga dewasa sesuai petunjuk pada kemasan.

8. Panadol

Panadol pada dasarnya merek obat yang mengandung Paracetamol. Ada Paracetamol sirup untuk anak dan tablet. Saat ini Panadol tablet untuk dewasa diproduksi berbagai macam sesuai keperluan. Panadol yang sekaligus mengandung obat flu dan batuk berwarna kemasan hijau. Sedangkan Panadol untuk migraine dan sakit kepala dengan kandungan Paracetamol lebih tinggi berwarna kemasan merah.

9. Intunal Syrup dan Tablet

Intunal menjadi merek kesekian yang dijuan bebas di apotek dengan kandungan Paracetamol. Khasiatnya sama dengan Panadol, Sanmol, dan obat merek Paracetamol.

10. Praxlon

Praxlon adalah obat generik yang mengandung Paracetamol.

11. Biogesic

Biogesic sama dengan Proris yang merupakan obat mengandung ibuprofen dengan penghilang nyeri dan sakit kepala. Bedanya, Biogesic dikhususkan pada orang dewasa. Penderita dengan gejala mengarah pada demam tifus dapat mengkonsumsi obat ini sebagai langkah awal.

12. Bisolvon

Bisolvon sering diiklankan di televisi. Obat ini mengobati demam panas dingin dan demam meriang karena batuk berdahak. Bisolvon dianjurkan hanya untuk dewasa atau anak usia di atas 12 tahun.

Demikian obat panas dingin di apotek yang dijual bebas. Dapat dikatakan semua lebih pada meredakan panas dingin dengan jenis demam biasa yang mempunyai gejala batuk dan flu. Jika demam panas dingin terus berlanjut, demam naik turun, demam lebih dari 5 hari, demam tidak turun dengan Paracetamol, maka sebaiknya penderita diperiksakan ke dokter. Kemungkinan penderita bukan sakit demam biasa lebih besar. Semakin cepat ditangani dokter akan lebih baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan