Sponsors Link

15 Obat Panas Untuk Anak 7 Tahun yang Aman dan Terampuh

Sponsors Link

Masalah demam pada anak memang sudah menjadi hal yang biasa dan sering ditemui. Bagi orang tua hal tersebut sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Ada beberapa jenis demam yang dapat menyerang anak-anak, berikut beberapa jenis demam yang dapat menyerang anak antara lain demam anak sampai 40 derajat , demam anak lebih dari 3 hari , demam anak tinggi , demam karena sariawan pada anak dan lain sebagainya. Sering sekali demam menyerang anak yang berusia 7 tahun, penanganan atau pemakaian obat pada anak anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Berikut penjelasan mengenai obat panas untuk anak 7 tahun.

ads

Obat Panas Untuk Anak 7 Tahun

Demam pada anak anak tentunya disebabkan oleh beberapa hal tertentu contohnya saja demam karena virus pada anak , demam berdarah dengue dan penyebab demam lainnya. Tentunya dalam pengobatan atau penanganannya anak memerlukan obat yang sesuai dan benar. Berikut beberapa contoh atau referensi obat yang dapat dikonsumsi oleh anak saat mengalami demam :

1. Paracetamol

Obat yang pertama dalam penanganan pada anak sedang mengalami demam kita dapat menggunakan paracetamol. Paracetamol ini merupakan jenis obat penurun panas yang biasanya sudah dapat ditemukan di apotek. Manfaat dalam menggunakan paracetamol ini antara lain menurunkan suhu tubuh dan menjadikannya stabil , serta dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami oleh anak yang sedang demam.

Namum selain memiliki manfaat untuk mengatasi demam ternyata paracetamol ini mempunya beberapa efek yang ringan seperti gangguan pada saluran pernafasan. Penggunaan paracetaml ini diusahan dalam dosisi dokter , karena apabila tidak dalam dosis yang benar maka akan mengakibatkan terjadinya kerusakan hati (penggunaan obat dalam jangka panjang).Selain menggunakan paracetammol ini terkadang juga memanfaatkan  obat panas dingin di apotik .

2. Asetamino

Asetamino sebenarnya sama dengan paracetamol , yang digunakan untuk menurunkan peningkatan suhu anak atau demam anak. Biasanya obat ini juga sering ditemukan di apotik terdekat. Manfaat serta efek samping dari obat ini tidak jauh berbeda dengan paracetamol yakni dapat mengurangi suhu tubuh yan pans, mengurangi rasa nyeri sedangkan untuk efek sampingnya juga sama dengan paracetamol yaitu dapat gangguan saluran pernafasan ringan, apanila obat ini digunakan dalam jangka panjang secara terus menerus dan tidak sesuai dengan anjuran dokter maka lama kelaman akan berdampak pada kerusakan organ dalam kususnya pada hati. Kebiasaan yang memperparah gejala demam dan pilek juga perlu kita ketahui karna terkait dalam proses penyembuhan demam dengan memanfaatkan obat asetamino ini.

3. Ibuprofen

Ibuprofen juga mask dalam kategori obat yang digunakan untuk menurunkan panas anak, obat ini cocok digunakan untuk kalangan anak. Selain digunakan untuk menurunkan panas pada anak trnyata ibuprofen juga bermanfaat sebagai anti inflamasi atau yang disebut dengan anti peradangan yang dikategorikan peradangan ringan atau rendah. Penggunaan obat ini diharapkan dengan dosis yang sesuai dari dokter.

Namun ternyata obat ini juga memeiliki efek samping diantaranya yaitu mual, kembung , hingga terjadi pendarahan pada lambung jika salah dalam pemakaiannya. Waktu yang tepat untuk menggunakan obat ibuprofen ini adalah saat anak megalami demam hingga mencapai 40 atau lebih derajat celcius. Demam konstan pada anak yang melebihi 40 derajat celcius juga diharapkan memakai ibuprofen ini sesuai dengan dosis yang tepat.

Sponsors Link

4. Naproxen

Meskipun manfaat utama dari obat ini bukan untuk menurunkan panas , namun obat ini juga tetap memiliki manfaat penurunpanas. Manfaat yang lebih utama pada obat ini adalah untuk penurunan hormon yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan srta rasa nyeri didalam tubuh. Efek samping dari penggunaan obat ini adalah terjadinya komplikasi apabila tidak dari resep dokter. Karena obat ini hanya dapat digunakan atau diperoleh dari resep dokter dan tidak boleh sembaangan. Perlu digaris bawahi bahwa obat ini tidak digunakan di pada anak yang memiliki riwayat penyakit jantung.

ads

5. Aspirin 

Aspirin ini biasanya disebut juga dengan asetilsalisilat , obat ini mempunyai manfaat sebagai penurun demam , selain itu juga sebagai ani inflamasi dan meredakan nyeri. Obat ini hampir mirip dengan ibuprofen karena dapat mengakibatkan mual serta peradangan pada lambung anak. Tidak disarankan pengunaan anpa resep doker , dan tidak boleh digunakan pada anak yang demam yang diakibatkan infeksi virus.

6. Acetaminophen

Acetaminophen juga merupakan salah satu obat untuk meurunkan demam pada anak. Pemanfaatan obat ini harus sesuai dengan anjurandokter , serta tidak boleh digunakan secara sembarangan. Obat ini juga tidak boleh dgunakan dalam jangka panjang karena dapat mengakbatkan gangguan kesehatan lainnya, serta justru berdampak pada kesehatan anak itu sendiri. Pengetahuan Mengatasi demam sesuai usia juga perlu kita ketahui.

Selain menggunakan obat kimia seperti diatas kita juga dapat memanfaatkan obat tradisional seperti :

8. Kompres dengan Air Hangat

Respon tubuh ketika demam memang utamanya yaitu badan panas. Saat badan panas cara tradisional yang dapat kita lakukan dengan cara mengkompres dengan air hangat. Cara ini sering sekali dimanfaatkan dan digunakan oleh ibu saat anaknya mengalami demam tinggi. Kompres dengan air hangat biasanya dilakukan dan diletakkan di dahi. Biasanya dilakukan setiap 2 jam 1 kali.

9. Meminum Teh Hangat

Teh hangat sangat baik untuk anak yang sedang mengalami demam. Karena teh mengandung antioksidan yang baik sebagai pertahanan tubuh terhadap patogen. Selain digunakan untuk kesehatan tubuh sebagai penurun demam , teh  juga dapat digunakan pemanfaatkan sebaai produk produk kecantikan. Selain itu teh juga mampu menenangkan pikiran seseorang , karea teh memiliki aroma yang khas sehingga memepengaruhi bagian otak yakni hypothalamus.

10. Minum Air Putih

Pemenuhan cairan tubuh sangat memeprngaruhi kesehatan tubuh , saat sedang sakit seperti sakit demam diharapkan untuk memenuhi cairan tubuh. Cairan tubuh yang ideal yaitu 8 gelas perhari. Apabila tubuh kekurangan cairan saat demam maka akan mengakibatkan dehidrasi , sehingga demam pun tidak sembuh-sembuh , cairan sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme didalam tubuh.

11. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C bermanfaat sekali dalam meningkatkan sistem imunitas kita , dimana sistem imun merupakan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit dan tidak mudah terserang penyakit. Beberapa kasus demam disebabakn adanya penularan virus disaat kondisi atau imunitas tubuh menurun , sehingga untuk mengatasi hal tersebut dapat memenfaat kan vitamin C ini.

12. Mengkonsumsi air lemon dan madu

Hal ini sangat membantu menjaga daya tubuh anak saat mengalami demam maupun saat tidak mengalami demam. Penggunaan air lemon dan madu sangat mudah. Cukup menyiapkan air hangat 1 gelas lalu berikan 3 sendok madu dan perasan lemon. Manfaat dari air tersebut yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak serta dapat meningkat sistem imunitas tubuh anak.

13. Mengkonsumsi Temulawak

Temulawak mengandung curcuma yang sangat berkhasiat sekali untuk kesehatan anak. Salah satunya saat anak demam kandungan sari dari temulawak ini dapat membantu menurunkan demam atau suhu tubuh yang tidak normal. Pemanfaatannya mudah cukup menghaluskan temulawak lalu di ambil sarinya dan langsung diberikan ke anak.

Sponsors Link

14. Air Kelapa Muda

Ternyata air kelapa muda selain memenuhi ion didalam tubuh yang hilang , juga dapat digunakan sebagai penurun panas alami. Respon tubuh ketika demam biiasanya suhu tubuh akan meningkat , cara agar suhu tubuh tidak terus meningkat maka , dapat mengkonsusmsi air kelapa muda. Selain itu pada saat demam anak tidak boleh dehidrasi , sehingga air kelapa muda ini sangat bermanfaat.

15. Mengkonsumsi Air Jahe

Jahe dipercaya sebagai salah satu obat tradisional yang memiliki banyak manfaat , salah satunya yaitu mampu meningkatkan imunitas untuk cegah demam dengue dan beberapa jenis demam lainnya. Jahe apaila masuk kedalam tubuh mampu bereaksi secara baik , selain itu jahe juga mampu merilekskan tubuh dan pikiran seseorang , sehingga seseorang yeng meminumnya menjadi rileks.

Penjelasan diatas merupakan beberapa tips mengatasi demam anak menggunakan obat kimia maupun tradisional. Tetap disarankan untuk ibu selalu berkonsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan