Sponsors Link

Obat Penurun Panas Badan

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami gejala demam atau suhu badan yang meningkat terutama pada saat pergantian cuaca. Demam merupakan hal umum yang terjadi saat daya tahan tubuh menurun ditengah kesibukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Zaman sekarang semakin dipermudah dengan adanya bantuan termometer untuk melihat apakah suhu tubuh seseorang memang diatas suhu tubuh normal. Seseorang dapat didiagnosis demam saat suhu tubuh nya sudah diatas 37.5 derajat Celcius. Demam pada anak juga biasanya dapat muncul di malam hari, namun ada cara mengatasi anak panas di malam hari  yang dapat menyamankan anak-anak untuk beristirahat saat malam hari. Tak jarang karena kondisi demam akan membuat seseorang tidak nyaman sehingga biasanya memerlukan obat penurun panas badan.

ads

Demam biasanya bukan merupakan penyakit utama, saat demam tubuh memberikan tanda bahwa daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh rentan terkena infeksi dan penyakit penyerta lainnya. Maka biasanya saat demam, disarankan banyak konsumsi makanan penurun demam yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan perlu menghindari makanan penyebab demam tinggi yang dapat menyebabkan penyakit semakin parah sehingga akan memperberat kerja tubuh. Saat demam, untuk menjaga daya tahan tubuh perlu banyak meminum air putih agar menjaga tubuh tidak dehidrasi.

Di samping itu, saat ini dengan mudah kita dapat membeli obat penurun panas badan di toko obat, ataupun apotik baik dekat rumah maupun apotik yang banyak terdapat di mall. Kalian perlu ingat, bahwa obat penurun panas yang dapat dibeli dengan bebas di apotik merupakan obat berlogo hijau ataupun biru. Obat tersebut relatif aman dan tidak memerlukan resep dokter. Obat penurun panas tersebut dapat diminum hanya maksimal untuk 3 hari saja. Bila sakit demam masih berlanjut atau bertambah parah, kalian harus segera ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh. Yuk, mari simak kandungan zat aktif pada obat penurun demam yang bisa kalian beli bebas di toko obat atau apotik.

a. Paracetamol

Paracetamol merupakan zat aktif obat penurun panas badan. Tentunya sudah tidak asing dengan merek yang banyak beredar di pasaran seperti Panadol, Sanmol, Bodrex dan berbagai merek dagang lainnya. Selain obat dengan merek dagang, Paracetamol juga dapat dibeli dalam kemasan generik nya yang kandungannya sama dengan harga yang lebih murah. Kemasan yang dapat dibeli juga bervariasi tergantung yang meminumnya. Misal pada dewasa bisa meminum tablet ataupun sirup. Adapun kemasan dalam bentuk tetes/drop yang tersedia bagi bayi dengan merek yang terkenal yaitu Termorex.

Mekanisme kerja Paracetamol sebagai obat penurun panas badan adalah dengan menghambat terjadinya prostaglandin yang terjadi saat kondisi tubuh tidak sehat kemudian menurunkan panas tubuh dengan menyalurkan panas tersebut melalui kelenjar keringat. Maka perlu diingat bila sedang demam akan lebih baik bila menjaga suhu tubuh agar bisa mengeluarkan keringat dan menurunkan suhu tubuh. Sifat kerja Paracetamol lebih dikenal untuk menurunkan panas badan daripada sebagai pereda nyeri. Kalian bisa menjadikan Paracetamol sebagai pilihan untuk obat penurun demam.

Paracetamol selain untuk menurunkan demam dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, gejala flu dan sakit gigi. Kalian perlu membaca aturan pakai penggunaan obat dengan kandungan Paracetamol, yang biasa digunakan 3 kali sehari. Paracetamol juga sudah terbukti aman sehingga termasuk dalam obat penurun panas anak yang bagus yang dapat digunakan untuk bayi hingga dewasa. Dosis maksimal pada dewasa untuk Paracetamol adalah 1000 mg setiap kali minum dan 4000 mg per hari. Meski cenderung aman, bagi yang mengalami masalah hepar perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ibu-ibu yang anaknya sedang demam bisa juga mengombinasi terapi tersebut dengan buah buahan penurun panas anak sehingga dapat pulih lebih cepat.

b. Ibuprofen

Ibuprofen adalah jenis golongan untuk anti peradangan pada penyakit misalnya radang sendi yang disertai rasa nyeri, panas, bengkak dan kaku. Namun Ibuprofen juga dapat digunakan untuk pengobatan demam, selain untuk obat demam banyak pula digunakan untuk terapi anti nyeri misalnya pada gejala flu, sakit gigi, nyeri otot, nyeri saat menstruasi dan lainnya. Merek untuk zat aktif Ibuprofen yang terkenal adalah Proris yang tersedia dalam kemasan kaplet dan sirup bagi anak-anak. Dosis Ibuprofen yang dianjurkan adalah 200-400 mg setiap 6 jam sekali. Namun biasanya diminum setiap 3 kali sehari. Kalian bisa membaca lebih lanjut dosis yang dianjurkan pada aturan pakai obat. Harap diingat penggunaan dosis Ibuprofen maksimal adalah 800 mg sekali minum dan 3200 mg setiap hari. Kalian perlu mengkonsultasikan ke dokter sebelum menggunakan Ibuprofen bila ada riwayat nyeri lambung, menderita tekanan darah tinggi, pernah serangan jantung, menderita kolestrol tinggi. Ibuprofen juga merupakan obat yang aman digunakan sebagai obat demam anak 1 tahun sehingga dapat digunakan saat si kecil sakit.

c. Kombinasi Paracetamol dan Ibuprofen

Saat ini juga sudah tersedia kombinasi kedua zat aktif tersebut yaitu Paracetamol dan Ibuprofen yang dapat digunakan sebagai obat penurun panas badan dan dengan kegunaan lainnya misalnya meredakan nyeri otot. Merek kombinasi Paracetamol dan Ibuprofen yang terkenal adalah Neo Rheumacyl yang sudah cukup lama dipasarkan di Indonesia. Penggunaan kombinasi misalnya pada Neo Rheumacyl dapat digunakan untuk penurun panas ketika demam, bila dirasa tubuh terasa tidak sehat hingga merasakan nyeri otot.

Sebenarnya penggunaan obat demam bergantung pada kecocokan produk dengan setiap individu, sehingga tidak ada nama merek yang paling bagus. Obat diatas tadi merupakan obat penurun panas badan yang dapat dengan mudah dijumpai di setiap apotek ataupun toko obat dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu ada berbagai terapi non obat yang bisa digunakan untuk menurunkan panas misalnya beristirahat cukup, mandi air hangat, makan makanan bergizi, mengonsumsi buah penurun panas demam dan mengonsumsi sup ayam hangat dengan kaldu asli. Kalian juga bisa mengonsumsi produk yang meningkatkan ketahanan tubuh misalnya suplement dengan kandungan vitamin C ataupun suplement herbal seperti menggunakan produk mengandung meniran. Saat demam juga kamu bisa menjaga tubuhmu agar tetap hangat dengan berselimut, sebaiknya jangan menggunakan kipas angin ataupun AC dahulu. Kandungan vitamin C akan berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ketika cuaca tidak bersahabat dan mencegah penyakit bertambah parah.

Perlu diingat pula dalam menggunakan obat penurun banas badan yang dapat dibeli secara bebas tersebut tidak dianjurkan untuk diminum setiap hari. Bila demam masih berlanjut dan penyakit dirasa tidak membaik, kalian perlu ke dokter untuk memeriksakan tubuh karena biasanya demam merupakan gejala awal dari penyakit infeksi yang obat nya memerlukan resep dari dokter. Jangan lupa istirahat terlebih dahulu dan menghentikan aktivitas yang terlalu berat. Semoga lekas sembuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan