Sponsors Link

Obat Penurun Panas Bayi 10 Bulan Terbukti Ampuh dan Aman

Sponsors Link

Dalam menghadapi anak yang demam dan suhu badannya naik bunda tidak boleh panik karena anak membutuhkan perhatian ekstra dan perawatan demam pada bayi yang cepat dan tepat dari bunda. Dan selain itu bunda juga harus mengetahui gejala demam panas pada tubuh anak agar bisa mengatasinya lebih dini. Jenis demam yang terjadi pada anak juga banyak sesuai dengan penyakit yang menyerang si anak sehingga bunda benar-benar harus pintar dalam merawat anak yang sakit dan harus tahu ciri ciri demam pada bayi agar bunda tidak terkecoh dengan panas pada bayi yang tiba-tiba naik tanpa disadari.

ads

Selain obat-obatan medis seperti paracetamol, ibuprofen, aspirin dan obat penurun panas sejenisnya bunda juga bisa memanfaatkan obat-obatan dari tanaman alami yang bisa menurunkan panas anak dengan cepat. Berikut beberapa obat yang bisa digunakan untuk menurunkan panas pada anak.

  1. Bawang putih.

Obat pertama yang bisa digunakan untuk menurunkan panas pada bayi adalah bawang putih. Di dalam bawang putih terkandung zat allicin yang sangat bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh anak yang sedang naik. Tidak hanya untuk demam, namun juga bisa sebagai obat gatal, diare, sakit telinga, hipertensi dan untuk penyakit lainnya.

Cara penggunaan :

  • Ambil 2 siung bawang putih yang sudah dibersihkan lalu geprek.
  • Campurkan bawang putih tersebut ke dalam setengah air panas lalu minumkan pada anak untuk tiga kali sehari.

Efek samping :

Pengobatan dengan bawang putih ini tidak dianjurkan untuk digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama pada anak karena bisa menimbulkan penyakit lainnya.

  1. Kompres daun singkong.

Obat herbal kedua yang bisa digunakan untuk obat penurun panas pada anak adalah daun singkong karena memiliki kandungan gizi yang banyak dan sangat bermanfaat. Diantaranya ada protein, zat besi, fosfor, kalsium, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan kandungan lainnya yang juga bermanfaat dan bisa untuk menurunkan demam anak.

Cara penggunaan :

  • Ambil segenggam daun singkong lalu bersihkan dan tumbuk setengah halus.
  • Lalu tempelkan sebagai kompres pada pada dahi anak hingga suhu tubuh anak berkurang.
  • Bisa digunaka beberapa kali dalam sehari hingga demam turun.

Efek samping :

Pengobatan demam pada anak dengan daun singkong yang digunakan untuk kompres pada anak ini lebih aman di gunakan dan tidak memiliki efek samping yang bisa membahayakan anak bayi usia 10 bulan.

  1. Teh Jahe.

Jahe sudah dikenal khasiatnya yang baik untuk tubuh selain itu juga bisa digunakan sebagai obat herbal dalam menurunkan panas pada anak. Selain bisa menghilangkan demam teh jahe ini juga bisa mengurangi radang, melancarkan aliran darah, mengatasi batuk, flu, masuk angin dan menghangatkan tubuh anak. Di dalam jahe terkandung banyak sekali zat gizi seperti vitamin, kalsium, magnesium, zat besi, sodium, Seng (Zinc), Potassium (Kalium), protein, kalori dan masih banyak kandungan gizi lainnya. Bahkan jahe ini juga bermanfaat untuk menambah nasfu makan pada bayi.

Sponsors Link

Cara penggunaan :

  • Rebus jahe seukuran satu ruas ibu jari dengan setengah gelas air hingga mendidih.
  • Tambahkan susu untuk campurannya agar rasanya lebih enak.
  • Bisa diminumkan tiga kali sehari pada anak.

Efek samping :

Jangan berikan teh jahe ini pada anak secara berlebihan karena bisa mengganggu pencernaan anak.

Itulah beberapa obat – obatan dari bahan alami yang bisa menjadi obat penurun panas yang bisa bunda andalkan di saat darurat untuk menjaga panas anak tidak terus naik yang bisa menyebabkan step dan kejang demam pada anak. Bunda juga harus mengetahui tipe demam pada anak agar bisa memberikan obat dan penanganan yang tepat pada anak. Namun jika panas tidak kunjung turun bunda harus segera mengkonsultasikannya ke dokter.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan