Sponsors Link

9 Obat Penurun Panas Bayi Setelah Imunisasi Paling Ampuh

Sponsors Link

Imunasasi merupakan vaksin yang diberikan pada anak untuk memberikan kekebalan pada anak agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang anak. Imunasasi yang diberikan pada anak juga berguna untuk memberikan daya tahan tubuh anak agar kuat dari serangan virus dan bakteri yang menjadi bibit penyakit. Dan setelah menjadlani imunisasi ini anak akan mengalami demam yang merupakan respon dari tubuh bayi terhadap vaksin yang diberikan sehingga demam setelah imunisasi itu adalah hal yang wajar terjadi yang tidak perlu ibu cemaskan apalagi takut untuk membawa anak pergi imunisasi. Dan imunisasi itu sangat penting diberikan pada anak untuk melindungi anak.

ads

Dan berikut ada cara mengatasi demam pada bayi setelah imunisasi yang perlu bunda ketahui agar tidak lagi cemas dan khawatir setiap kali anak selesai imunisasi.

Obat Penurun Panas Bayi Setelah Imunisasi

  1. Memberikan asupan ASI yang cukup.

Bunda bisa memberikan ASI sesering mungkin di saat anak mengalami panas demam setelah imunisasi, tidak hanya asi namun juga bisa dengan air putih untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan atau dehidari pada anak.

  1. Menggunakan kompres anak.

Mengompres anak dikala suhu tubuh pada anak meningkat sangat harus dilakukan agar panasnya tidak semakin tinggi. Bunda bisa memberikan kompres pada anak dengan air hangat atau menggunakan kompres penurun panas yang bisa dibeli di toko obat. Selain itu bunda juga harus mengetahui cara mengompres anak demam yang baik dan benar yakni di area liapatan tubuh agar panas bisa turun dengan cepat.

  1. Memberikan obat penurun panas badan.

Bunda juga bisa memberikan obat penurun panas yang bagus untuk anak setelah menjalani imunisasi. Berikan obat penurun panas berbentuk sirup yang mengandung paracetamol dengan rasa buah agar anak tidak susah minum obat dan juga tidak rewel.

  1. Memeluk bayi.

Pelukbayi saat ia demam karena sentuhan yang bunda berikan pada anak bisa membuat anak merasa lebih nyaman dan lebih tenang dan cara ini juga dikenal cukup ampuh dalam menurunkan panas anak setelah imunisasi.

  1. Kompres bekas suntikan imunisasi.

Selain mengompres tubuh bayi pada area lipatan bunda juga bisa mengompres pada area bekas suntikan imunisasi yang bengkak menggunakan air hangat agar bayi merasa lebih nyaman.

  1. Kompres dengan parutan kentang.

Selain menggunakan kompres air hangat dan kompres instan yang bisa di beli di apotik bunda juga bisa menggunakan kompres dari kentang untuk menurunkan panas pada bayi. Cara dengan membungkus parutan kentang dalam kain lalu kompreskan pada kaki anak.

  1. Kompres dari daun singkong.

Daun singkong juga bisa bunda manfaatkan untuk mengompres tubuh bayi yang sedang demam. Yakni dengan cara menumbuk daun singkong lalu langsung dikompreskan pada tubuh anak agar panas pada tubuh bayi bisa turu dengan cepat.

Sponsors Link

  1. Berikan bayi waktu yang cukup untuk tidur dan istirahat.

Usahakan bayi bisa istirahat dan tertidur agar kondisinya bisa segera pulih kembali. Bunda harus bisa membuat si bayi lebih banyak beristirahat untuk merelakskan otot-otot pada tubuh bayi.

  1. Berikan baju yang nyaman dan tidak tebal.

Disaat bayi sedang panas jangan berikan baju berbahan tebal dan panas karena bisa membuat suhu tubuh bayi makin meningkat dan hindari juga jangan gunakan selimut yang berbahan tebal. Berikan bayi pakaian yang nyaman agar si bayi lebih tidak rewel setelah imunisasi.

Demikianlah beberapa Obat Penurun Panas Bayi Setelah Imunisasi. Dan jangan lupa untuk terus memantau suhu tubuh bayi dan jaga jangan sampai panas dibiarkan terus meningkat karena panas tinggi bisa menyebabkan step pada bayi. Jika panas tidak kunjung turun segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat untuk bayi bunda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan