Sponsors Link

14 Obat Tradisional Thypoid yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Demam thypoid atau demam tifus merupakan penyakit demam infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonela thypi. Bakteri tersebut menyerang sistem pencernaan dan termasuk penyakit yang dapat membawa pada kematian jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Selain itu, penyakit ini juga menular kepada orang lain. Termasuk bakteri yang dapat bertahan dalam tubuh dalam jangka waktu lama, hingga bertahun-tahun. Kemudian bakteri menyerang saat tubuh dalam kondisi kekebalannya menurun.

ads

Ciri-ciri atau gejala demam typoid ini mirip dengan gejala demam biasa awalnya. Namun setelah beberapa hari akan menampakkan gejala atau ciri khusus seperti

Karena bakteri dapat tahan dalam tubuh bertahun-tahun, maka orang yang tidak tuntas pengobatannya, dapat kambuh lagi suatu hari. Sementara di dunia obat herbal dipercaya ada beberapa obat tradisional thypoid, yang dapat menyembuhkan secara total. Obat tradisional thypoid tersebut diuraikan di bawah ini.

  1. Cacing Tanah

Siapa yang tidak mengenal cacing tanah? Ternyata hewan kecil di dalam tanah yang sepertinya menjijikkan ini sangat diakui sebagai obat tradisional tifus. Termasuk dalam dunia medis. Cacing tanah yang dapat digunakan adalah caing tanah agak besar atau cacing kalung. Secara tradisional, cacing ini direbus dengan air seperti halnya membuat obat tradisional penurun panas jenis rimpang. Setelah itu diminum airnya. Cacing ini sekarang banyak dibudidayakan dan diproduksi menjadi obat dalam bentuk teh dan kapsul. Jika tidak menyukai atau jijik membuat ramuan sendiri, maka dapat meminumnya. Cacing tanah juga digunakan untuk menyembuhkan demam cacar dan demam infeksi saluran kemih.

  1. Sawo Muda

Jika di sekeliling terdapat tanaman sawo yang berbuah, dapat digunakan buah sawo yang masih muda untuk pengobatan thypus. Sawo muda dapat diparut kemudian direbus dan diambil sarinya. Sari dari sawo muda inilah yang kemudian diminum beberapa kali sampai sembuh dua tiga kali sehari.

  1. Daun Keji Beling

Daun keji beling dapat digunakan untuk pengobatan thypus juga. Daun yang bentuknya lebar seperti mangkok ini dapat diambil beberapa lembar dan direbus hingga sekitar 15 menit. Air hasil rebusan dapat diminum beberapa kali sehari untuk menyembuhkan.

  1. Cengkeh

Karena cengkeh digunakan sebagai bumbu masakan, maka akan mudah ditemukan di pasar tradisional atau toko-toko besar. Cara membuat cengkeh menjadi obat tifus juga sederhana. Rebuslah sekitar 8 buah bunga cengkeh dengan 8 gelas air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan tersebut diminum beberapa kali sehari hingga kondisi penderita tifus pulih.

  1. Sambiloto

Daun penurun panas sambiloto, ternyata dapat digunakan untuk demam tifus. Daun ini meredakan gejala demam sakit kepala. Cukup merebus beberapa helai daun sambiloto dan meminum airnya dua kali sehari.

  1. Mentimun

Mentimun mempunyai efek mendinginkan jika dikonsumsi. Ada yang mengategorikannya sebagai buah penurun panas dan pusing, ada juga yang menganggapnya sayuran. Mentimun mudah didapat. dapat dikonsumsi langsung atau diperas, dan diminum airnya.

Sponsors Link

  1. Bawang Putih

Bawang putih diyakini memiliki kandungan antibiotik alami selain menurunkan panas. Oleh karena itu termasuk dalam obat tradisional thypus yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung secara teratur selama sekitar 3 hari hingga penderita sembuh.

  1. Kulit Manggis

Kulit manggis yang sebelumnya banyak dibuang, kini menjadi favorit untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di pasar obat herbal, kulit manggis banyak dijual dalam bentuk kapsul. Jika mau membuat sendiri, maka tinggal membersihkan dan memarut kulit tersebut kemudian direbus dan diminum airnya.

  1. Kunyit

Selain sebagai obat tradisional penurun panas, kunyit mempunyai efek yang sangat bagus untuk pencernaan penderita thypoid yang terganggu. Untuk demam tinggi yang dialami, penderita dapat meminum sari kunyit. Sedangkan untuk membuat perut terasa lebih nyaman, parutan kulit dapat ditempelkan atau dikompreskan di bagian perut.

  1. Daun Babandotan Kuning

Daun babandotan kuning agak sulit ditemui. Namun, di toko tanaman herbal, ini termasuk tanaman yang dijual. Beberapa lembar daun babnadotan kuning yang direbus dan diminum airnya akan menyembuhkan luka di usus akibat dari bakteri Thypoid yang menyerangnya. Minumlah beberapa kali hingga demam turun dan badan terasa nyaman.

Sponsors Link

  1. Daun Sirsak

Seperti halnya kulit manggis, saat ini ditemukan berbagai penyakit yang dapat disembuhkan daun ini. Daun yang direbus dan diminum sarinya akan menyembuhkan thypoid secara total karena membunuh bakteri. Ini disebabkan kandungan daun sirsak yang mengandung zat anti oksidan dan anti bakteri. Obat daun sirsak dalam bentuk kapsul banyak dijual di toko herbal.

  1. Buah Pepaya

Pepaya sangat mudah ditanam di mana saja. Apalagi sekarang banyak jenis tanaman buah pepaya dengan rasa buah yang lezat. Daun pepaya yang direbus, seperti halnya buah sawo muda sangat baik pula untuk penderita demam thypoid. Daun pepaya membantu mengatasi demam nyeri sendi pusing mual.

  1. Angsana

Kulit pohon angsana yang banyak ditanam menjadi pohon penyejuk di pinggir jalan juga membantu mengaatsi gejala thypoid agar tidak kambuh lagi. Caranya sama dengan obat tradisional lain, yaitu direbus dan diminum sarinya.

  1. Kolang Kaling

Buah kolang kaling yang biasa dijadikan manisan dipercaya sangat baik untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu penderita demam thypoid yang mengkonsumsi ini tidak akan merasakan nyeri sendi kembali. Tidak perlu sulit mengonsumsinya. Buah ini cukup banyak yang menjual sebagai manisan.

Ternyata cukup banyak obat tradisional thypoid. Obat-obat ini diyakini akan benar-benar mematikan bakteri penyebab thypoid dalam tubuh sehingga tidak menular dan kambuh kembali. Jika penderita sudah ke dokter dan meminum obat dokter, disarankan mengkonsumsi obat herbal sekitar 2 jam sesudahnya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan