Sponsors Link

Bolehkah Olahraga Sesudah Sembuh dari Demam Diperbolehkan dan Bagaimana Aturannya?

Sponsors Link

Olahraga sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari The Department of Health and Human Services Amerika Serikat juga dikatakan jika semakin rajin seseorang berolahraga, maka bisa menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes bahkan risiko kanker. Dalam penelitian membuktikan jika olahraga juga bisa memperpanjang umur seseorang antara 3 hingga 7 tahun. Memang ada banyak manfaat olahraga yang bisa didapatkan, akan tetapi bagaimana jika olahraga sesudah sembuh dari demam?. Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui khususnya bagi anda yang memang senang berolahraga dan baru sembuh dari demam namun belum mengetahui secara pasti kapan sebaiknya olahraga dilakukan. Semuanya ini bisa anda temukan jawabannya dalam artikel singkat yang kami berikan berikut ini.

ads

Kenapa Olahraga Harus Ditunda?

Ketika sedang demam, maka sudah tentu tubuh akan merasakan gejala tersebut. Untuk beraktivitas secara normal saja tentu sudah terasa sulit ketika tubuh sedang tidak sehat apalagi untuk melakukan olahraga. Untuk itulah, sebaiknya jangan paksakan diri anda untuk olahraga sesudah sembuh dari demam sebab anda juga harus melihat bagaimana tubuh anda memberi respon agar demam setelah berolahraga tidak kembali terjadi.

Para ahli berpendapat jika demam atau sakit terjadi karena stres dan stres tersebut yang kemudian menghasilkan hormon kortisol yang menyebabkan penurunan produksi sitokin dalam tubuh. Sitokin sendiri merupakan kelompok protein yang sangat berpengaruh pada sistem imun tubuh manusia.

Apabila produksi sitokin tersebut menurun, maka imun tubuh akan memberi respon dan imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh bisa merangsang produksi bahan kimia yang dibutuhkan untuk melawan infeksi sekaligus mengambil tindakan lain untuk mengurangi penyebaran bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Ketika sistem imun tubuh tidak bisa berfungsi dengan maksimal, maka tubuh akan merespon rasa sakit yang sedang terjadi. Dalam sebuah hasil penelitian memang dibuktikan jika stres bisa dikurangi dengan melakukan latihan fisik dengan teratur dan ini benar adanya. Namun bukan berarti anda harus langsung berolahraga ketika baru sembuh dari gejala demam dengan anggapan jika demam tersebut terjadi karena stress.

Olahraga sebenarnya menjadi kunci penting untuk mengatur stress ketika tubuh sedang dalam keadaan sehat dan bukan ketika tubuh sedang sakit atau demam panas. Hal yang harus anda lakukan pertama kali sebelum mulai olahraga kembali adalah menyembuhkan penyebab demam tersebut.

Kapan Olahraga Bisa Dilakukan Kembali?

Olahraga bisa dilakukan kembali sesudah demam panas sebenarnya tergantung dari sakit yang dialami sebab masing masing penyakit penyebab demam juga memiliki waktu penyembuhan yang berbeda beda. Michele Olson yang merupakan seorang profesor dari Universitas Montgomery mengatakan jika olahraga pertama sesudah sembuh dari demam bisa dilakukan ketika suhu badan selama 48 jam terakhir sudah kembali normal dan demam tidak terjadi lagi.

Apabila dalam waktu 48 jam tersebut memang demam berkepanjangan sudah tidak lagi terjadi, maka aktivitas seperti olahraga bisa mulai dilakukan secara perlahan dan jangan langsung melakukan olahraga berat seperti sebelum sakit. Sebagai contoh, jika sebelum demam anda memiliki porsi olahraga sebanyak 100%, maka awali dengan porsi 20 hingga 30% maksimal di minggu pertama. Jika tubuh terasa membaik, maka bisa ditingkatkan sampai 70%. 

Sponsors Link

Kapan Bisa Melakukan Olahraga Dengan Normal?

Untuk kembali ke porsi olahraga normal hingga 100%, maka sebaiknya tunggu antara dua hingga tiga minggu. Meski memang semuanya tergantung dari penyebab atau jenis demam yang dialami baik ringan seperti influenza atau batuk, namun sebaiknya tunggu antara satu sampai dua minggu baru anda bisa kembali berolahraga seperti normal.

Jika demam yang dialami masuk dalam golongan berat atau demam kronis, maka sebaiknya tunggu hingga tiga minggu dan baru bisa berolahraga kembali dengan intensitas tinggi. Awali kegiatan olahraga dengan perlahan dan jangan berlaku tidak adil pada tubuh anda. Apabila masih kurang yakin mengenai kapan waktu terbaik untuk kembali olahraga sesudah demam, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang bisa dilakukan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup