Sponsors Link

4 Tips Pakaian untuk Anak Demam agar Tidak Bertambah Parah

Sponsors Link

Demam bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa maupun anak anak. Seseorang bisa dikatakan demam jika kondisi suhu tubuh mereka berada diatas batas normal. Demam memang membuat siapapun jadi kesulitan untuk beraktivitas dan bekerja. Kondisi tubuh yang tidak nyaman membuat kita tidak merasa fit untuk melakukan berbagai kegiatan.

ads

Bagi orang dewasa, mereka akan melakukan berbagai cara untuk mengembalikan kondisi tubuh mereka agar segar bugar kembali. Namun, bagi anak anak apabila mereka mengalami demam tentu akan sulit menjelaskan kondisi tubuh mereka yang sedang tidak sehat. Sebagai orang tua, kita terkadang panik melihat anak rewel karena demam yang dialaminya.

Kita akan melakukan berbagai cara agar si kecil dapat sembuh dari demamnya dan dapat beraktivitas kembali. Memang demam adalah hal yang wajar terjadi pada anak anak, namun kita sebagai orang tua bisa mempercepat proses menghilangnya demam loh.

Sebelum mencari cara bagaimana caranya menyembuhkan anak dari demam entah itu demam diakibatkan karena bayi yang baru saja tumbuh gigi atau demam yang disebabkan oleh virus dan bakteri, orang tua pasti juga memikirkan pakaian apa yang tepat untuk membuat anak anak tetap nyaman saat demam.

Mungkin sebagaian dari anda sering mendengar untuk tetap memakaikan pakaian yang hangat untuk anak anak saat mereka mengalami demam atau sakit. Banyak mitos mengatakan menggunakan pakaian tebal ditujukan untuk membuat anak anak berkeringat sehingga demam mereka lebih cepat turun. Berikut ini kami sarankan tips memilih pakaian untuk anak anak ketika mereka demam yang disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan.

  • Hindari penggunaan pakaian tebal ketika anak anak demam

 Semua orang tua tentu ingin melindungi anak anak mereka sedang sakit atau demam. Anda mungkin berpikir untuk melindungi anak anak anda dengan mengenakan mereka pakaian tebal yang hangat. Namun ternyata hal ini tidak berlaku jika anak anda yang masih bayi mengalami demam.

Menurut para peneliti dari American Academy of Pediatrics, tubuh bayi yang dipaksa untuk berkeringat bukanlah hal yang tepat dan baik untuk mengobati dan menurunkan demam pada anak. Hal ini karena bayi belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik.

Jika anda mengenakan pakaian yang tebal dan berlapis ketika si kecil demam, suhu tubuh mereka justru akan meningkat dan membuat demam mereka jadi semakin sulit turun. Ketika bayi anda berada di suhu ruangan 21 hingga 24 derajat biarkan mereka mengenakan pakaian dengan bahan yang tipis untuk membantu demam mereka cepat turun.

  • Gunakan pakaian dengan bahan katun 

Pakaian berbahan katun memang sangat direkomendasikan untuk bayi karena memiliki bahan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Dr. Ratna Sridjaja dari SBCC Baby and Child Clinic di Rumah Sakit Gleneagles di Singapura, merekomendasikan para orang tua untuk mengenakan pakaian dengan bahan katun sebagai pilihan pakaian saat bayi demam.

Pakaian dengan bahan katun telah terbukti dapat menyerap kelembaban ketika bayi berkeringat. Pakaian dengan bahan katun juga memiliki pori pori yang lebih besar yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan lebih lancar. Dengan sirkulasi udara yang cukup, anak anak dapat merasa nyaman dan sejuk meskipun suhu tubuh mereka sedang meningkat.

  • Jangan biarkan anak anak telanjang 

Mungkin bagi sebagian orang tua berpiki bahwa menanggalkan pakaian yang digunakan anak anak dapat membantu mengembalikan suhu tubuh mereka kembali normal. Namun nyatanya menurut Dr. Mfed Mosely, konsultan ahli neonatalogi dan dokter anak di Medeor 24×7 International Hospital di Al Ain , hal ini tidak benar.

Sponsors Link

Dibandingkan melepaskan pakaian anak anak dan membiarkan mereka telanjang, lebih baik orang tua mengompres bagian dahi, ketiak dan kedua sisi selangkangan dengan menggunakan air hangat. Hal ini dapat membantu menurunkan demam pada anak anak.

  • Jaga kondisi suhu ruangan 

Ketika anak anak sedang demam, anda sebagai orang tua harus memperhatikan kenyamanan mereka. Salah satu hal yang anda harus perhatikan ialah suhu ruangan. Jaga suhu ruangan kamar anak anda agar tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Gunakan AC dengan tekanan yang rendah untuk menjaga suhu tetap berada pada 21 hingga 23 derajat celcius.

Alangkah lebih baik jika anda membawa anak anak anda keluar rumah dan terkena dengan matahari langsung. Namun, jika suhu terlalu panas jangan paksakan anak anak untuk berjemur langsung dibawah sinar matahari.

Orang tua tentu ingin membuat anak anak mereka tetap nyaman meskipun dalam kondisi demam dan sakit. Namun, dibandingkan memilih pakaian untuk demam anda juga harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi oleh anak anak anda. Pastikan mereka cukup mengonsumsi air putih agar tehindar dari dehidrasi dan pastikan juga mereka mengonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup