Sponsors Link

Panas – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Panas cenderung identik dengan peningakatan suhu di atas suhu normal. Peningkatan suhu tubuh yang terjadi pada tubuh manusia biasanya dapat terjadi akibat infeksi virus ataupu bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Peningkatan suhu tubuh manusia yang dapat terjadi secara mendadak juga merupakan bagian dari serangkaian pertahanan tubuh terhadap sebuah perubahan fungsi tubuh yang tidak semestinya. Suhu tubuh manusia normalnya memiliki beberapa varian tingkat suhu tubuh yang berbeda antara satu tubuh dengan tubuh lainnya.

ads

Tubuh secara otomatis dapat mengatur suhu tubuh yang akan di sesuaikan dengan lingkungan sekitarnya dengan cara berkeringat, bernafas dan menggeser aliran darah diantara kulit dan organ dalam. Suhu badan yang terlalu tinggi biasanya dapat menyebabkan timbulnya beberapa ciri demam biasa pada tubuh yang dapat dialami oleh siapa saja.

Suhu badan yang berubah dan meningkat dapat digolongkan atau di kelompokan sesuai sejauh mana suhu tersebut meningkat, yaitu :

  • Heat Cramps atau disebut sebagai kram akibat suhu tubuh yang meningkat. Heat cramps yaitu sebuah kejadian kejang otot akibat keluarnya keringat berlebih yang biasanya terjadi ketika melakukan aktivitas di cuaca yang ekstrim.
  • Heat Exhaustion merupakan sebuah keadaan yang terjadi akibat tubuh berada di bawa terik matahari selama berjam-jam sehingga banyak cairan tubuh yang keluar.
  • Heartstroke, peningkatan suhu pada tahap ini dapat memberiakn dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila tubuh berada di bawah terik matahari terlalu lama.

Suhu badan yang meningkat secara tiba-tiba dapat diakibatkan oleh beberapa penyebab, yaitu seperti :

  • Peningkatan suhu yang tinggi akibat cuaca sehingga dapat menyebabkan kelembapan yang memengaruhi tubuh sehingga tubuh cenderung membutuhkan tambahan asupan cairan, ciri-ciri panas dalam pada anak juga dapat diakibatkan oleh hal ini.
  • Tubuh mengalami dehidrasi ketika melakukan aktivitas yang biasanya terjadi ketika melakukan suatu kegiatan di luar ruangan yang membuat tubuh lebih mudah berkeringat
  • Dampak dari kegiatan olahraga berat dan berlangsung dalam waktu yang lama juga dapat menjadi penyeban tubuh mengalami pengingkatan suhu karena aliran darah dan jantung bekerja lebih keras dari biasanya.
  • Penggunaan pakaian berlapis dapat membuat permukaan kulit tidak mendapatkan ruang cukup.
  • Mengkonsumsi alkohol berlebih.
  • Dampak dari penggunaan beberapa jenis obat-obatan, terdapat beberapa obat yang dikonsumsi dalam pengobatan penyakit tertentu yang dapat berpengaruh terhadap suhu tubuh.
  • Gejala penyakit berbahaya lainnya seperti DBD dan malaria, kedua jenis penyakit berbahaya ini dapat menimbulkan demam tinggi pada tubuh akibat infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
  • Akibat tubuh memiliki penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.
  • Kelenjar keringat yang mengalami kelainan.
  • Dan kelebihan hormon tiroid yang dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah berkeringat.

Peningkatan suhu tubuh  yang terjadi pada tubuh manusia apabila terjadi dengan ditandai dengan beberapa gejala lainnya seperti sakit kepala dan tubuh merasakan kelelahan ada baiknya jika mewaspadai gejala ini. Umumnya suhu tubuh yang tinggipada tubuh ini dapat ditandai dengan beberapa gejala awal seperti suhu tubuh yang meningkat secara tiba-tiba saat sedang melakukan aktivitas di luar ruangan ataupun dapat terjadi tanpa sebab, jantung menjadi berdebar-debar dan mengacu dengan cepat, warna permukaan kulit akan tanpa kemerahan, kulit wajah pada beberapa orang juga akan berubah menjadi kelihatan kemerahan yang akan disertai dengan nafas yang keluar terasa hangat.

Sponsors Link

Dalam mengatasi masalah yang terjadi pada tubuh ini dapat dilakukan beberapa cara yang bertujuan untuk menstabilkan suhu tubuh kembali, beberapa cara yang dapat mengobati hal ini yaitu :

  1. Meminum air putih setiap harinya

Air putih merupakan salah satu minuman alami yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga dalam dunia kecantikan. Saat tubuh sedang mengalami peningkatan suhu yang ada baiknya segera meminum air putih karena cara ini dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan keluar melalui keringat. Dengan meminum air putih juga akan memberikan efek dingin dalam tubuh sehingga dapat dengan segera mengatasi suhu tubuh yang meningkat serta efektif sebagai salah satu cara menurunkan panas  anak 2 tahun.

ads

  1. Berolahraga secukupnya

Kegiatan seperti berolahraga setiap harinya memang sangat diwajibkan dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan prima. Banyak pilihan olahraga yang dapat di ambil, namun apabila kegiatan ini dilakukan secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena tubuh yang seharusnya sehat cenderung dipaksa untuk melakukan hal di luar batasnya.

  1. Hindari Alkohol

Minuman keras yang satu ini sering dan dapat dengan mudah di jumpai dijual di sekeliling kita serta banyak yang menyukai minuman ini. Alkohol apabila di konsumsi dapat membuat suhu tubuh menjadi meningkat dan juga membuat warna kulit terlihat seperti terbakar. Oleh karena itu salah satu cara dalam mengatasi dan mencegah suhu tubuh meningkat secara drastis dapat menghindari meminum alkohol walaupun hanya mencoba sedikit.

  1. Memeriksa kesehatan jantung

Tubuh yang mengalami peningkatan suhu secara tiba-tiba dapat di sertai dengan jantung yang berdebar-debar dengan frekuensi yang cepat. Ada baiknya melakukan pengecekan terhadap kesetahan jantung ketika mulai merasakan ada kejanggalan akibat tingginya suhu tubuh yang di alami.

  1. Menjaga pola makan

Pola makan setiap individu tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Pola makan yang sembarangan dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat sehingga membuat tubuh cenderung mudah mengalami sakit dan menimbulkan peningkatan suhu tubuh secara tiba-tiba. Makanan yang pedas dan berlemak dapat membuat tubuh dengan mudah menjadi lebih tinggi suhu tubuhnya.

Peningkatan suhu tubuh menjadi lebih tinggi tentunya sering terjadi pada tubuh siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Dalam kasus peningkatan suhu tubuh akibat melakukan kegiatan diluar ruangan dapat di atasi hanya dengan cara meminum air putih sejumlah yang diperlukan oleh tubuh akibat dehidrasi.

Namun apabila peningakatan suhu tubuh yang terjadi akibat suatu penyakit, hal ini harus segera di tangani dengan meminum beberpaa jenis obat yang sesuai dengan penyakit yang dialami dan dapat juga mengistirahatkan tubuh dari segala kegiatan.

Penggunaan obat panas untuk anak-anak juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi tubuh anak saat itu, pemilihan obat yang tepat dapat memberikan hasil yang efektif dalam menurunkan panas tubuh. Apabila peningkatan suhu tubuh yang disertai demam anak lebih dari 3 hari perlu diwaspadai oleh orang tua karena dapat merupakan tanda awal penyakit lainnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab