Sponsors Link

5 Tips Mengatasi Panas Dalam Tak Kunjung Sembuh Secara Alami

Sponsors Link

Tenggorokan yang terasa tidak enak disertai dengan mulut yang terasa panas bisa menjadi gejala dari macam macam panas dalam dan biasanya sering dihubungkan dengan beberapa gejala lain seperti sakit tenggorokan, mulut panas dan juga sariawan. Panas dalam sebetulnya bukan penyakit dan bahkan tidak ada dalam dunia medis. Akan tetapi, banyak orang yang menganggap kumpulan dari gejala seperti sakit tenggorokan, panas dalam tenggorokan, sariawan dan mulut panas merupakan panas dalam. Ini bisa disebabkan karena banyak faktor seperti infeksi bakteri hingga mengkonsumsi makanan pedas atau asam yang kemudian membuat asam lambung menjadi naik. Jika panas dalam tak kunjung sembuh ini anda alami, maka ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah seperti ulasan kami berikut ini.

ads
  1. Kumur Dengan Air Garam

Kumur dengan air yang dicampur dengan garam menjadi cara termudah untuk mengatasi gejala panas dalam tak kunjung sembuh. Garam bisa menyingkirkan bakteri dan juga kuman penyebab luka pada mulut dan sakit tenggorokan.

  • Campur 240 ml air hangat dengan 1 sendok teh garam atau 5 gram garam untuk 1 gelas air hangat.
  • Gunakan untuk berkumur sembari mendongakkan kepala selama 30 detik.
  • Buang air tersebut dan jangan ditelan yang bisa dilakukan setiap 1 jam sekali selama gejala masih dirasakan.
  1. Kumur Dengan Campuran Jahe, Lemon dan Madu

Kombinasi lemon, madu dan juga jahe mengandung antioksidan dan anti bakteri yang bisa membunuh segala kuman dan bakteri di sekitar mulut dan tenggorokan yang merupakan efek panas dalam paling umum.

  • Campur 1/2 gelas air hangat dengan 1 sendok teh jahe bubuk, peradangan setengah buah lemon dan 1 sendok teh madu.
  • Pakai campuran tersebut untuk berkumur ketika gejala panas dalam terjadi.
  • Berkumurlah dengan mendongakkan kepala agar larutan bisa sampai ke tenggorokkan.
  1. Daun Sirih, Jeruk Nipis dan Garam

Daun sirih dan juga garam sama sama memiliki sifat anti kuman dan anti bakteri yang sangat baik digunakan untuk obat panas dalam alami. Sedangkan jeruk nipis berguna untuk menghilangkan bakteri dan ekstraknya juga bisa menyegarkan nafas yang biasanya dialami penderita panas dalam karena gangguan tenggorokan dan mulut menyebabkan infeksi bakteri atau kuman. Anda bisa menggunakan kombinasi ketiga bahan ini untuk berkumur untuk mengurangi gejala panas dalam tak kunjung sembuh.

  1. Minum Susu Campur Kayu Manis

Kayu manis yang merupakan jenis rempah rempah ini memiliki kandungan antioksidan dan anti bakteri yang bahkan sudah digunakan secara turun temurun pada ilmu kedokteran tradisional di Tiongkok. Selain menambahkan kayu manis dalam teh, anda juga bisa menambahkan kayu manis dalam susu almond untuk mengatasi gejala panas dalam dengan cepat sekaligus nikmat yang juga bisa diberikan untuk panas dalam pada balita.

  • Campur 1 gelas susu almond dan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • Tambahkan pemanis seperti madu lalu minum sampai habis selagi hangat. 
    Sponsors Link

  1. Campur Minyak Kelapa Dengan Makanan atau Minuman

Minyak kelapa juga menjadi bahan alami yang sangat efektif untuk meredakan gejala panas dalam. Bahkan dalam beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika dalam minyak kelapa ini memiliki kandungan anti peradangan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan zat asing dari luar tubuh penyebab panas dalam.

  • Tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa dalam teh hangat, sayuran untuk panas dalam seperti sup hangat atau coklat hangat.
  • Pastikan anda hanya mengkonsumsi sebanyak 2 sendok makan minyak kelapa per hari sebab minyak kelapa juga memiliki sifat obat laksatif sehingga jika dikonsumsi terlalu berlebihan bisa menyebabkan diare. 
    Sponsors Link

Mengatasi panas dalam tak kunjung sembuh tidak harus selalu dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat yang mengandung bahan kimia. Namun masih ada beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar anda untuk mengurangi gejala bahkan menyembuhkan panas dalam lebih cepat namun tidak menyebabkan efek samping berbahaya bagi tubuh anda. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa dipraktekkan dengan mudah di rumah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan