Sponsors Link

6 Pencegahan Virus Zika yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Pencegahan virus zika adalah berbagai upaya yang dapat seseorang lakukan untuk dapat mengatasi masalah virus zika yang masuk ke tubuh. Zika adalah salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan seseorang mengalami demam tinggi setelah digigit oleh nyamuk. Hal yang menarik dari penyakit ini adalah penjangkitannya dilakukan melalui gigitan nyamuk, dan nyamuk tersebut adalah nyamuk aedes aegypti. Nama nyamuk yang sangat populer bukan untuk masyarakat Indonesia? Benar nyamuk ini adalah nyamuk yang sama dengan nyamuk yang menyebarkan virus demam berdarah. Itulah mengapa banyak orang yang masih belum percaya jika nyamuk yang sama dapat menyebabkan penyakit berbeda dan bahkan tergolong lebih parah dari penyakit demam berdarah.

ads

Informasi yang mengejutkan ini penting untuk diketahui masyarakat tidak hanya apa saja efek dari terjangkitnya tubuh pada penyakit demam zika, namun juga mengenai bagaimana seseorang dapat mencegah penyakit ini menjangkiti tubuhnya. Mungkinkah karena media penyebarannya adalah nyamuk yang sama maka upaya pencegahannya pun sama dengan pencegahan demam berdarah yang biasa dilakukan dalam masyarakat? Informasi penting terkait pencegahan virus zika yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat ini yang menyebabkan mengapa pembahasan kali ini akan membahas lebih lengkap segala upaya pencegahan yang perlu dilakukan oleh masyarakat. Jadi simak terus penjelasan lengkap mengenai berbagai upaya yang dapat anda lakukan untuk mencegah virus zika menyerang anda.

6 Upaya Pencegahan Virus Zika yang Ampuh dan Efektif Dilakukan

Suatu penyakit daripada diobati lebih baik dicegah, ungkapan ini tentu sudah tidak asing lagi anda dengar dan banyak direkomendasikan. Sayangnya, informasi yang beredar dan diberikan ke masyarakat lebih banyak mengenai cara pengobatan demam karena virus ini dibandingkan mengenai apa saja yang dapat anda lakukan untuk melakukan pencegahannya. Tidak cukup anda tahu apa saja obat demam virus, yang paling anda perlukan sebenarnya adalah bagaimana penyakit demam karena virus Zika ini dapat anda cegah semaksimal mungkin dengan cara-cara yang ampuh dan efektif. Apa saja cara dan upaya pencegahan tersebut? Berikut ini penjelasan beberapa diantaranya.

  1. Hindari Kebiasaan Tidur di Siang Hari

Upaya pencegahan pertama untuk dilakukan agar nyamuk yang membawa virus zika tidak mudah menggigit anda adalah dengan menghindari tidur di siang hari. Saat tidur di siang hari anda diketahui akan lengah dengan nyamuk-nyamuk yang ternyata mencari mangsa di siang hari ini. Nyamuk-nyamuk ini akan dengan leluasa menggigiti tubuh anda dan menyebarkan virus zika ke dalam tubuh. Tanpa anda sadari tubuh anda akan terjadi kemunculan ciri-ciri demam zika yang sangat membahayakan tubuh anda dan membuat anda harus segera melakukan upaya perawatan dan pengobatan terbaik untuk mengatasinya dan segera menyembuhkannya.

  1. Gunakan Khasiat dari Semprotan Pembunuh Nyamuk

Tidak lupa juga cara yang diketahui ampuh dan efektif untuk menghindari gigitan nyamuk pembawa virus zika adalah dengan mencegah nyamuk tersebut ada di rumah anda. Cara mencegah nyamuk di rumah anda adalah dengan membunuhnya dengan semprotan nyamuk. Ada banyak jenis semprotan nyamuk yang diketahui ampuh dan dapat anda gunakan sehari-hari untuk memastikan rumah anda bebas dari gigitan nyamuk zika yang sangat membahayakan dan mengkhawatirkan ini. Gunakan semprotan pembunuh nyamuk secukupnya saja, jangan terlalu banyak dan menyebabkan anda pun menjadi tidak nyaman di rumah anda.

Sponsors Link

  1. Gunakan Kelambu Saat Anda Tidur

Saat anda tidur dan tidak mengetahui apakah nyamuk menggigit anda atau tidak, maka anda perlu melakukan berbagai upaya pencegahan saat tidur ini. Pencegahan gigitan nyamuk saat anda tidur tentu dapat anda minimalisir dengan penggunaan kelambu. Kelambu atau lapisan jaring-jaring yang menutupi seluruh bagian tempat tidur ini membuat anda dapat dengan nyaman tidur dan tidak khawatir digigit oleh nyamuk pembawa virus zika ini. Pastikan untuk selalu memasang kelambu saat tidur ya hal ini tidak termasuk perbedaan demam berdarah dan virus zika karena sama cara pencegahannya.

  1. Hindari Tempat-tempat Penampungan Air Jernih yang Terbuka

Terakhir cara pencegahan yang sama seperti pencegahan demam berdarah dari penularan nyamuk yang sama ini adalah dengan menutup semua penampungan air jernih yang terbuka. Penampungan air jernih adalah tempat favorit jentik nyamuk berkembang biak. Itulah sebabnya anda harus menutup semua tempat penampungan air jernih. Jangan sampai anda membiarkannya dan menyebabkan jentik nyamuk ini bermunculan dan jumlah nyamuk di rumah anda terus bertambah.

Sponsors Link

  1. Hindari Bepergian ke Negara Terdampak Virus Zika

Upaya pencegahan lain yang sebaiknya anda coba lakukan adalah dengan menghindari bepergian ke negara terdampak virus zika. Negara terdampak ini sering juga disebut dengan istilah negara yang mengalami kejadian luar biasa dalam hal penyebaran virus zika. Beberapa waktu lalu beberapa negara di benua Afrika menjadi negara yang haru dihindari dari daftar bepergian anda. Jika anda tetap pergi ke negara-negara terdampak ini, maka kemungkinan anda dapat terkena virusnya semakin meningkat. Jadi pastinya upaya pencegahan yang sangat efektif adalah memastikan untuk tidak mengunjungi atau berlibur ke negara-negara terdampak virus Zika.

  1. Kenakan Baju dan Celana Panjang saat Tidur

Pencegahan sederhana juga dapat anda lakukan untuk menghindari virus zika ini membahayakan kesehatan anda yaitu dengan mengenakan baju dan celana panjang saat tidur. Diketahui bahwa nyamuk paling leluasa menggigit tubuh anda saat anda sedang tidur. Agar anda dapat meminimalisir kemungkinan hewan-hewan ini menggigit anda, pastikan untuk mengenakan baju dan celana panjang ini. Paling tidak nyamuk akan kesusahan menggigit tubuh anda karena pakaian yang tertutup seluruhnya ini sebagai bentuk perawatan demam zika.

Demikianlah berikut tadi 6 upaya pencegahan virus zika yang diketahui ampuh dan efektif untuk anda coba. Pastikan untuk tidak malas mencoba dan lakukan upaya terbaik yang bisa anda lakukan. Pastinya dengan upaya pencegahan terbaik maka anda pun dapat lebih baik menghindarkan tubuh anda dari berbagai resiko virus penyebab demam seperti zika yang ciri-cirinya sangat berbahaya ini. Selamat menjaga kesehatan tubuh anda dan semoga anda selalu sehat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan