Sponsors Link

6 Pengaruh Demam Pada Sperma yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Beberapa kali demam sering menyerang orang dikalangan berbagai usia dari anak-anak hingga yang dewasa. Ada beberapa jenis demam yang perlu kita ketahui jika diketahui dari faktor penyebab diantaranya yaitu demam virus west nile , penyakit demam paratifus , jenis demam berdarah dan masing masing gejalanya .Sedangkan jika diketahui dari usia yang biasa menyerang anak anak diantaranya demam pada anak usia 1 tahundemam pada anak usia 3 tahun , demam pada anak usia 6 tahun dan demam pada anak usia lainnya.

ads

Tentunya demam akan memberikan berbagai dampak terhadap kesehatan tubuh. Bukan dalam kesehatan tubuh luar saja atau kesehatan yang terlihat saja. Melainkan demam juga aka berdampak pada beberapa organ dalam. Demam juga biasa menyerang pria , seorang pria memeliki penis yang berfungsi untuk menghasilkan sperma. Apabila seorang pia sedang mengalami demam ternyata akan berdampak pada hasil spermanya. Berikut mengenai beberapa informasi  tentang pengaruh demam pada sperma.

Pengaruh Demam Pada Sperma

Salah satu jenis demam yang dapat berdampak pada tubuh atau kesehatan tubuh yaitu demam berdarah , dampak demam berdarah dengue pada dasarnya sama dengan dampak pada jenis demam lainnya terhadap sperma pada pria. Sebelum membahas mengenai daampak dari adanya demam pada sperma pria perlu kita ketahui kondisi demam itu sendiri. Demam merupakan suatu kondisi dimana tubuh sedang  mengalami panas panas tinggi di dalam tubuh atau suhu didalam tubuh seseorang meningkat melebihi batas normal Biasanya seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius.

Biasanya demam akan mengakibatkan kesehatan tubuh seseoorang menjadi menurun ditandai dari gejala-gejala yang mengakibatkan seseorang malas untuk melakukan aktivitas, wajah terlihat pucat letih dan lesu , nafsu makan menurun dan lain sebagainya. Gejala demam panas wajib perlu kita ketahui , tidak hanya bagian fisik luar saja yang terkena dampak adanya demam , pada pria demam ini akan mempengaruhi sperma. Berikut beberapa pengaruh dari demam pada sperma seorang pria.

1. Ketidaksuburan Sperma

Salah satu dampak terjadinya demam pada pria yaitu akan mengakibatkan spermanya tidak subr. Sperma yang tidak subur pada pria yang memiliki istri akan menyebabkan atau memperlambat untuk mempunyai anak. Dikarenakan ketidaksuburan tersebut membuat sperma tidak mampu menembus dinding ovarium karena lemahnya sperma atau jumlah sperma yang sehat tidak banyak.

Ketidaksuburan tersebutlah yang terkadang membuat wanita tidak hamil-hamil . Akan tetapi ketidaksuburan bukan merupakan faktor utama penyebab wanita tidak hamil bias saja didalam tubuh wanita terdapat virus TORCH. Demam virus juga merupakan salah satu indikasi seseorang terkena salah satu virus TORCH.

2. Kualitas Sperma Menurun

Kualitas sperma ditentukan oleh tingkat kesehatan tubuh seorag pria. Apabila pria memiliki kesehatan tubuh yang baik , maka proses metabolisme didalam tubuh pria tersebutpun juga akan maksimal. Salah satu fungsi metabolism tubuh yaitu membantu  atau mengoptimalkan pembuatan sperma yang kualitas baik.

Maka dari itu metabolism tubuh seorang pria perlu dijaga , ada beberapa faktor yang mengakibatkan metabolism tubuh pria menurun diantaranya karena kondisi penyakit tertentu , demam ,  kelelahan tubuh dan lain sebagainya. Makanan yang harus dihindari saat demam wajib kita ketahui karena hal terseut juga dapat mempengaruhi kualitas sperma pria saat demam.

Sponsors Link

3. Jumlah Sperma Menurun

Pada dasarnya jumlah sperma yang banyak atau yang normal menandakan bahwa sistem reproduksi pria bekerja secara maksimal dan optimal. Saat kondisi demam tinggi pada ria jumlah sperma yang dihasilkan pun akan ikut menurun. Hal ini disebabakn suhu tinggi pada tubuh akan membuat sperma banyak yang mati , karena paa dasarnya sperma tidak kuat hidup pada suhu tinggi.

Untuk itu sangat dianjurkan sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjaga pola makan , menjaga aktivitas tubuh, mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi, serta melakukan olahraga yang teratur. Demam tidak kunjung sembuh pada orang dewasa  khususnya pada pria juga akan mngurangi atau menurunkan jumlah sperma yang diproduksi.

ads

4. Berkurangnya Cairan Semen

Didalam sistem reproduksi pria terdapat istilah cairan semen , Cairan semem sendiri merupakan hasil dari saat pria sedang mengalami ejakulas. Cairan semem juga merupakan tempatnya sperma dibawa atau berada. Cairan sememn yang normal biasanya mencapai 3-5 cc , namun cairan tersebut akan berkurang apabila dipengaruhi beberapa faktor seperti kadar hormone , keadaan fisik, penggunaan obat-obatan dan lain sebagainya. Keadaan fisik yang kurang sehat seperti saat sedang demam akan mengakibatkan cairan semem ini berkurang sehingga kapasitas cairan semen pun tidak seperti biasanya.

5. Fungsi Reproduksi Menurun

Setiap manusia mempunyai sistem reproduksi masing-masing tergantung pada jenis kelaminnya. Tentunya antara reproduksi laki-laki dan perempuan sangat berbeda. Pada perempuan sistem reproduksinya salah satunya yaitu siklus menstruasi dll. Jika pada pria salah satunya yaitu menghasilkan sperma. Proes ini tentunya membutuhkan kinerja organ reproduksi yang maksimal.

Jika tidak bekerja secara maksimal maka tidak akan menghasilkan jumlah dan kualitas sperma yang baik. Fungsi reproduksi yang baik biasanya dapat dilihat dari tingkat kesehatan seseorang. Apabila pria mempunyai imunitas yang baik maka kesehatan organ tubuhnya juga baik dan sebaliknya. Salah satu hal yang dapat menurunkan fungsi reproduksi pria yaitu kondisi demam. Panas tubuh atau suhu tubuh tingi di dalam tubuh akan mengakibatkan produksi sperma kurang maksimal.

6. Konsentrasi Sperma Menurun

Selain fungsi reproduksi sperma yang menuru , demam juga dapat mengakibatkan menurunnya konsentrasi sperma . Konsentrasi sperma ini bisa menurun hingga mencapai 35 persen saat demam tinggi . Konsentrasi sperma ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti taraf kesehatan , makanan yang dikonsumsi , kebiasaan buruk atau baik , konsumsi alkohol atau rokok dan lain sebagainya. Konsentrasi sperma ini akan baik apabila pria membiasakan diri hidup sehat yaitu pola makan yang dijaga , olahraga teratur , menghindari kebiasaan buruk dan lain sebagainya.

Penjelasan diatas merupakan beberapa hal yang dapat mengakibatkan sperma tidak memiliki kualitas yang bagus. Dalam menjaga keehatan sperma ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh lakulaki terutama pada menjaga kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan kualitas sperma dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Olah raga teratur , menjadi hal yang mempu meningkatkan kualitas ssprema hal ini berkaitan dengan sistem kekbalan dan metabolisme pria meningkat apabila melakukan olahraga rutin , metabolisme yang bekerja secara maksimal dapat menghasilkan sperma yang berkualitas
  • Mengatur pola makan , diantaranya yaitu menjaga makanan yag dikonsumsi serta kebersihan makanan dan lingkungan.Saat makan tidak boleh yang penting makan , namun perlu mengetahui wakti , serta kandungan gizi dan nutrisi yang dimakan , sangat dianjurkan makan dengan gizi yang seimbang
  • Kurangi Stres , karena  salah sat pemicu sperma yang tidak baik ini adalah stres , maka pria diwaibkan mempunyai kemampuan untuk menghandle sresnya.
  • Hindari rokok, kafein serta minuman beralkohol. kandungan didalam makanan tersebut sagat tidak baik , maka tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jangka yang panjjang dan lama .

Informasi diatas mengenai beberapa pengaruh dari kondisi demam paa sperma seorang pria . Meskipun pria identik dengan sikap yang  cuek , namun diharapkan pria mampu menjaga kebersihan reproduksinya agar menghasilkan sperma yang berkualitas.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup