Sponsors Link

Penyebab Kedinginan Saat Demam yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Mungkin anda pernah mengalami demam namun di waktu yang bersamaan juga kedinginan. Menggigil, kedinginan dan demam memang sering terjadi secara bersamaan. Lalu, apa sebenarnya penyebab kedinginan saat demam?, dan mengapa anda gemetaran serta sulit untuk dihentikan?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Gen Demam

Bakteri dan virus tidak menyebabkan demam secara langsung melainkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap mikroba. Sesudah itu, interaksi antara sistem kekebalan dan otak yang akan menyebabkan demam.

Ketika menanggapi infeksi tertentu, sistem kekebalan akan melepaskan molekul pensinyalan yang disebut pirogen ke dalam darah yang kemudian dibaca oleh hipotalamus yakni area otak yang bisa dianggap sebagai termostat tubuh.

Molekul pensinyalan tersebut pada dasarnya akan menaikkan suhu pada termostat dari 37 derajat celcius menuju suhu yang lebih tinggi untuk membantu melawan bakteri dan virus.

Dalam kondisi yang normal, tubuh akan mencoba mempertahankan homeostasis dan menjaga suhu tetap pada 37 derajat celcius. Jika suhu tubuh turun di bawah 37 derajat celcius, maka hipotalamus akan merasakan hal tersebut dan memulai tindakan kompensasi untuk menaikkan suhu dan menimbulkan beberapa gejala seperti menggigil, menyempitkan pembuluh darah di dekat kulit sehingga panas tidak keluar, membuat rambut berdiri atau merinding.

Namun dalam kasus demam berkepanjangan, pada saat tubuh berada dalam suhu 37 derajat celcius, maka suhu termostat hipotalamus sudah dinaikkan dan sekarang suhu 37 derajat celcius dianggap terlalu dingin. Untuk itu, menggigil, vasokonstriksi, piloerection dan perasaan dingin akan terjadi untuk menaikkan suhu tubuh dan akhirnya anda melapisi tubuh dengan selimut.

Sedangkan untuk berkeringat biasanya terjadi pada demam intermiten di mana demam akan pecah dan termostat kembali normal. Pada demam intermiten, sistem kekebalan tubuh akan berhenti melepaskan pirogen yang meningkatkan suhu ke dalam darah dan menyebabkan termostat hipotalamus turun kembali ke 37 derajat celcius namun suhu tubuh yang meningkat tertinggal mengingatkan hipotalamus tentang panas dan akhirnya mulai menyebabkan tubuh anda berkeringat.

Penyebab Kedinginan Saat Demam

Penyebab kedinginan saat demam sebenarnya terjadi secara sederhana. Apabila suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya, maka udara dan lingkungan di sekitar anda juga akan terasa lebih dingin dibandingkan biasanya.

Ketika ada lebih banyak perbedaan antara suhu tubuh dan suhu lingkungan, maka anda akan merasakan lebih dingin dari seharusnya meski tubuh sedang demam.

Menggigil terjadi karena otot berkontraksi secara cepat dan rileks dalam upaya menghasilkan panas tubuh. Ini bisa terjadi sebagai respons terhadap suhu udara dingin dan peningkatan suhu tubuh internal anda.

Apa yang Harus Dilakukan?

Agar bisa merasa nyaman ketika sedang kedinginan dan gejala demam memang terasa sulit dilakukan. Reaksi pertama anda terhadap rasa tidak nyaman tersebut adalah mengenakan sebanyak mungkin pakaian atau selimut sehingga tubuh bisa merasa hangat.

Namun jika ini yang anda lakukan, maka akan lebih banyak lapisan yang terikat sehingga suhu tubuh juga akan meningkat lebih tinggi. Akan tetapi, jika anda benar benar merasa menggigil atau gemetar karena kedinginan, maka sebenarnya ini juga bisa meningkatkan suhu tubuh anda.

Sponsors Link

Sedangkan beberapa cara untuk meningkatkan rasa nyaman dan menurunkan suhu tubuh ketika demam panas berikut ini juga bisa anda lakukan di rumah:

  • Minum obat penurun demam: Acetaminophen atau ibuprofen bisa membantu untuk mengurangi demam sehingga anda bisa merasa lebih nyaman yang merupakan beberapa jenis antibiotik untuk demam. Namun, beberapa jenis obat ini butuh setidaknya 1 jam untuk bekerja sehingga anda mungkin harus melakukan beberapa cara lain sementara menunggu obat bekerja.
  • Kenakan pakaian hangat namun jangan berlebihan: Anda bisa menggunakan pakaian hangat dan selimut ekstra untuk menghentikan menggigil ketika demam. Namun pastikan jangan berlebihan.
  • Tetap terhidrasi: Minum banyak cairan bening namun bukan alkohol ketika anda sedang demam juga sangat penting agar mencegah dehidrasi dan membantu tubuh memulihkan beberapa jenis demam dan menggigil lebih cepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab