Sponsors Link

12 Penyebab Meriang Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Meriang, termasuk gejala penyakit yang dapat dikatakan semua orang pernah mengalaminya. Kondisi di mana badan terasa tidak enak, tulang ngilu, dan terkadang disertai menggigil disertai demam atau suhu badan tinggi tetapi merasa kedinginan. Pada beberapa orang, meriang tersebut menyebabkan aktivitas sehari-hari menurun karena jika dipaksakan akan semakin terasa tidak nyaman.

ads

Meriang sendiri dapat disebabkan berbagai hal. Oleh karena itu, hampir semua jenis penyakit mempunyai gejala demikian. Datangnya juga tidak selalu ditandai dengan ciri-ciri khas. Ada orang yang pagi segar dan sehat, tiba-tiba sore hari meriang. Agar lebih jelas, di bawah ini beberapa penyebab panas dingin mendadak atau penebab meriang tiba-tiba.

1. Usia Lanjut

Usia seseorang mempengaruhi metabolisme, fungsi tubuh, dan kesehatannya. Orang yang berusia lanjut, khususnya di atas 50 tahun akan mudah sekali meriang. Kelelahan, cuaca yang tidak menentu, stress pikiran, dan udara terlalu dingin menjadi faktor utama.

2. Kehujanan

Hujan dapat menyebabkan orang yang kelihatannya sehat menjadi meriang. Khususnya orang yang dengan daya tahan tubuh sedang menurun karena kehujanan menyebabkan badan menggigil dan suhu di dalam tubuh harus menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

3. Kelelahan

Kelelahan menjadi penyebab tidak langsung meriang tiba-tiba. Lelah membuat kondisi daya tahan tubuh menurun sehingga demam infeksi dapat menyerang. Apalagi jika infeksi bakteri dan virus yang sebenarnya sudah ada dalam tubuh.

4. Terlalu Lama di Air

Meriang karena terlalu lama di air banyak terjadi pada anak-anak. Mereka senang sekali bermain dengan air. Jika berenang akan sulit sekali meminta mereka menyelesaikan permainannya di air. Pada beberapa orang yang daya tahan tubuhnya sedang tidak baik atau asupan makanan pada saat itu kurang,dapat membuat meriang. khususnya batuk pilek panas dingin beberapa jam sesudahnya.

5. Tidak Makan

Tidak makan, baik disengaja atau tidak menyebabkan tubuh meriang. Ini terjadi karena tubuh memerlukan energi untuk aktivitas sementara produksi energi menurun. Tubuh akan mengambil cadangan yang ada. Akibatnya, Anda akan merasa tubuh tidak nyaman, bahkan suhu tubuh meningkat untuk menyesuaikan metabolisme tubuh yang tidak dapat dilakukan karena tidak adanya makanan yang dicerna.

Sponsors Link

6. Digigit Serangga

Serangga merupakan jenis hewan yang banyak jenisnya dan Indonesia menjadi tempat serangga berkembang biak dengan iklimnya. Ada beberapa gigitan serangga yang meracuni darah dan menyebabkan alergi gatal, bahkan meriang. Meriang yang disebabkan serangga dapat mudah dideteksi karena umumnya gigitan serangga menimbulkan bekas pada kulit.

7. Menopause

Gejala menopause atau pre menopause dapat terjadi lima sampai sepuluh tahun sebelum menopause sendiri terjadi. Salah satu gejala yang mungkin sebelum menopause adalaheemriang tiba-tiba. Sedangkan pada wanita yang menopause, fungsi beberapa organ tubuh juga melemah dan menyebabkan mudah terserang penyakit.

ads

8. Keracunan Makanan

Jika Anda habis konsumsi sesuatu dan meriang tiba-tiba disertai mual, maka ada kemungkinan disebabkan keracunan makanan. Segeralah minum susu untuk menetralisir racun dan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

9. Reaksi Obat

Anda yang mengkonusmi obat tertentu dapat meriang setelah meminumnya. Obat yang mungkin berefek meriang pada pasien adalah obat jantung, obat untuk pasien lymphoma, dan obat untuk pasien leukemia.

10. Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis tumor yang ceopat berkembang biak. Jika menyerang organ tertentu, fungsinya akan rusak. Menahan sakit karena kanker mengakibatkan meriang. Pada kanker lymphoma dan leukemia, meriang dapat terjadi karena obat yang dikonsumsi sesuai penjelasan sebelumnya.

11. Kista

Kista menjadi salah satu jenis tumor yang tidak mneyebar. Kista ada di dalam rahim. Namun, sama dengan kanker, pada saat tertentu kista menyebabkan sakit yang luar biasa dan membuat penderita meriang. Daya tahan tubuh pasien kista juga umumnya menurun.  Gejala kista yang paling sering adalah badan meriang saat menstruasi.

12. Infeksi

Infeksi menjadi penyebab utama meriang tiba-tiba yang sering terjadi. Demam infeksi seperti radang tenggorokan, demam lidah putih, gejala demam dengue, demam malaria, demam hidung tersumbat, dan lain-lain mempunyai gejala awal yang mirip. Oleh karena itu, jika demam berkepanjangan maka Anda harus mewasapadainya. Khususnya demam tak kunjung sembuh pada anak-anak.

Berdasarkan hal di atas, terdapat banyak penyebab meriang tiba-tiba. Namun, secara umum dapat diatasi dengan beberapa hal di bawah ini sebagai pertolongan di rumah.

  • Konsumsi makanan yang bergizi
  • Istirahat cukup
  • Banyak minum air putih
  • Konsumsi makanan yang lembut
  • Kumur dengan air garam
  • Mengetahui cara mengatasi berbagai demam, seperti cara mengatasi demam denggi berdarah, demam thypoid, demam hidung tersumbat, dan sebagainya.

Semoga artikel penyebab meriang tiba-tiba ini bermanfaat. terimakasih dan salam sehat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab