Sponsors Link

7 Perawatan Anak Demam Tinggi yang Benar Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Beberapa penyakit pada anak yang mengakibatkan demam cukup tinggi membutuhkan perawatan anak demam tinggi yang cukup ekstensif. Hal ini terutama pada anak yang menderita penyakit seperti fase demam berdarah, malaria atau penyakit komplikasi demam tifoid yang berbahaya. Karena jika salah dalam melakukan perawatan, maka demam tidak kunjung sembuh dan beresiko makin parah. Bahkan bisa jadi demam menular pada anggota keluarga lainnya yang berdekatan dengan anak semasa anak demam. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa cara perawatan anak demam tinggi yang ekstensif dan berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit berbahaya.

ads

1. Obat Panas

Sebaiknya berikan obat penurun panas badan pada anak yang sedang demam tinggi. Berikan obat dengan efek samping yang paling minim yaitu parasetamol. Apabila anak mengeluh sakit kepala atau pusing dapat diberikan obat demam lainnya seperti ibuprofen, yang tidak hanya menurunkan demam namun juga mengatasi nyeri akibat sakit kepala.

2. Cairan Infus

Jika demam karena radang terlalu tinggi dan anak susah minum sebaiknya pertimbangkan pemberian infus untuk mencegah resiko dehidrasi. Dengan pemberian infus maka kebutuhan cairan terpenuhi. Karena jika tidak maka dehidrasi akan memperburuk kondisi anak. Dimana anak akan mengalami gangguan peredaran darah termasuk suplai oksigen ke otak. Sehingga selain anak susah sembuh juga dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi terganggu atau tidak sempurna.

3. Larutan Elektrolit

Untuk menghindari dehidrasi sebaiknya berikan larutan elektrolit seperti misalnya air kelapa. Dengan asupan elektrolit maka dapat membantu hilangnya elektrolit dari tubuh anak akibat demam dan dehidrasi. Sehingga pasokan cairan tubuh dalam anak tetap maksimal dan menghindari resiko dehidrasi yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Antibiotik

Pada beberapa kasus demam tinggi merupakan penyakit berbahaya, seperti misalnya demam malaria, demam berdarah atau demam chikunguya. Oleh sebab itu penyakit ini juga membutuhkan bantuan antibiotik untuk meredakan infeksi penyakit yang terjadi. Konsultasikan pada dokter tentang antibiotik yang paling tepat beserta dosisnya. Jangan sampai terjadi salah pemberian dosis dan anak mengalami overdosis. Karena hal tersebut menimbulkan resiko lain berupa gangguan tumbuh kembang maupun masalah yang lainnya.

5. Makanan Bergizi

Cara perawatan anak demam tinggi lainnya dengan memberikan menu makanan untuk anak sakit panas yang penuh gizi. Berikan makanan yang kaya protein maupun vitamin dan mineral. Dengan demikian maka gizi anak dapat maksimal serta anak akan dapat cepat pulih.

6. Sari Buah

Sari buah sangat mudah dicerna dan kaya akan kandungan vitamin C. Oleh sebab itu sajikan sari buah untuk anak yang sedang demam tinggi. Dengan demikian tubuhnya akan membentuk imun yang lebih baik dan berguna untuk mempercepat sembuhnya demam tinggi pada anak.

Sponsors Link

7. Susu

Berikan segelas susu setiap hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dalam menghadapi serangan bahaya demam malaria. Susu mengandung mineral penting bagi tubuh dan pertumbuhan anak. Sehingga segelas susu sehari akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anak terutama jika anak susah makan saat sedang sakit demam.

Demikian beberapa cara perawatan anak demam tinggi yang cukup ekstensif untuk menghindari kondisi badan anak yang makin parah. Jika anak berulang kali mengalami kejang demam sebaiknya segera bawa ke dokter atau ke rumah sakit terdekat. Supaya kondisi anak dapat segera pulih dan tidak menimbulkan efek atau komplikasi penyakit yang mematikan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan