Sponsors Link

8 Perawatan Demam Dengue yang Benar dan Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Demam dengue jika dibiarkan dapat menimbulkan efek yang berbahaya, oleh sebab itu perawatan demam dengue merupakan salah satu informasi yang cukup dibutuhkan. Terlebih hingga saat ini penyakit demam dengue masih sering terjadi di Indonesia. Terutama di musim hujan dimana populasi nyamuk penyebab demam dengue berkembang pesat. Sayangnya tidak banyak yang tahu atau paham tentang cara perawatan terbaik pada penderita demam dengue.

ads

Akibatnya penderita sulit sembuh dan mengalami masa pemulihan yang cukup lama. Untuk mengatasi hal ini, berikut beberapa cara perawatan demam dengue yang efektif agar membantu penderita untuk cepat pulih seperti sedia kala.

1. Kompres Dingin

Untuk menurunkan demam secara alami sebaiknya berikan kompres demam pake air hangat atau dingin berupa handuk dingin maupun kompres instan pada penderita. Letakkan di dahi penderita dan sesekali usapkan bagian leher maupun wajah. Sehingga dengan demikian demam akan menurun secara perlahan dan alami.

2. Obat Panas

Jika demam susah turun segera berikan obat penurun panas badan. Coba berikan penurun panas yang paling minim efek sampingnya, misalnya dengan parasetamol. Apabila ternyata penyakit disertai nyeri pada badan, ada baiknya memberikan ibuprofen untuk meredakan gejala nyeri atau sakit kepala yang terjadi.

3. Istirahat Teratur

Sebaiknya berikan cukup waktu bagi penderita penyebab demam dengue untuk istirahat lebih banyak. Pastikan penderita istirahat dengan teratur dan memiliki waktu tidur yang lebih panjang. Hal ini dapat membantu kesembuhan serta pemulihan yang lebih cepat. Karena proses pemulihan tubuh dari serangan penyakit yang paling optimal yaitu di saat penderita sedang beristirahat.

4. Beri Banyak Minum

Jangan lupa untuk memberikan penderita minum air putih yang lebih banyak. Ini adalah cara perawatan demam dengue yang dapat membantu menghindarkan resiko dehidrasi pada penderita. Pastikan untuk memberikan minimal delapan gelas air putih dalam sehari atau kurang lebih 2 liter air. Dengan demikian penyakit akan segera sembuh dan virus penyebab fase demam berdarah akan dibuang tubuh melalui air seni.

5. Beri Makanan Bergizi

Supaya penderita cepat pulih, berikan macam-macam makanan yang bergizi. Contohnya sup ayam dengan jahe yang selain tinggi protein juga merupakan antibiotik alami. Sehingga penderita demam dengue akan memiliki energi maupun imun tubuh yang lebih besar untuk mempercepat proses kesembuhan demam.

6. Hindari Suhu Dingin

Sebaiknya jangan membiarkan penderita tidur di suhu yang terlalu dingin. Hal ini untuk mencegah penderita demam dengue mengalami menggigil. Pastikan suhu ruangan kamar penderita cukup hangat. Berikan selimut jika perlu, namun jangan selimuti hingga sekujur tubuh untuk mempermudah menurunkan demam tak kunjung sembuh pada orang dewasa ini.

Sponsors Link

7. Perbanyak Buah

Berikan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Misalnya dengan memberikan buah jambu merah atau buah jeruk. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, maka penderita akan cepat pulih secara alami serta tubuhnya akan membentuk antibodi yang kuat agar tidak terserang demam dengue kembali.

8. Larutan Elektrolit

Gejala demam berdarah beresiko menimbulkan dehidrasi. Karena itu bila perlu berikan larutan elektrolit pada penderita. Cara yang paling mudah dengan memberikan air kelapa muda yang murni dan segar. Sehingga cairan maupun elektrolit tubuh penderita dapat kembali normal.

Demikian beberapa cara yang paling tepat untuk perawatan demam dengue. Melalui cara merawat yang tepat tentu akan membuat penyakit juga dapat cepat sembuh. Sehingga penderita demam akan cepat pulih seperti sedia kala. Selain itu juga menjaga agar tidak terjadi efek maupun komplikasi lain yang lebih parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan