Sponsors Link

Ramuan Tradisional Untuk Demam yang Wajib Dicoba

Sponsors Link

Di jaman sekarang ini, lebih banyak orang yang langsung mengonsumsi obat seperti parasetamol ataupun ibuprofen untuk mengatasi Demam. Banyak orang yang lebih memilih obat dan sengaja melupakan obat tradisional untuk mengatasi demam. Padahal obat tradisional terbilang ampuh daripada obat-obatan buatan pabrik. Ramuan tradisional akan memberikan efek samping lebih kecil serta terbukti efektif daripada obat buatan pabrik.

ads

Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan ramuan tradisional. Apalagi buat anak-anak, sehingga tidak ada salahnya memakai ramuan tradisional untuk menurunkan demam panas. Berikut beberapa ramuan demam tradisional yang terbukti efektif serta mudah untuk dibuat:

1. Lempuyang Emprit

Obat demam tradisional dengan memanfaatkan lempuyang emprit merupakan salah satu yang terbukti efektif untuk mengatasi Gejala demam. Biasanya yang digunakan merupakan lempuyang jenis rimpang. Ciri-cirinya adalah berwarna putih kekuningan serta rasa yang pahit. Cara yang membuat ramuan pengobatan Demam biasa tergolong mudah. Pertama cuci kurang lebih 10 gram umbi lempuyang emprit hingga bersih. Kemudian parut, lalu campurkan dengan 1/2 gelas air panas lalu aduklah hingga tercampur rata. Setelah dingin, kalian bisa memeras dan mengambil sarinya. Lalu campurkan ramuan ini dengan 2 sendok makan madu jenis bunga kapuk lalu aduk hingga rata. Kalian bisa meminum ramuan sebanyak 3 kali sehari.

2. Kunyit

Selain dipakai sebagai bumbu makanan, kunyit bisa menjadi ramuan untuk pengobatan badan panas dan berkeringat dingin . Selain menurunkan demam, ramuan ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Biasanya kunyit berwarna oranye yang digunakan. Cara membuat ramuan ini pun tergolong mudah, kalian cukup mencuci 10 gram  kunyit hingga bersih.

Kemudian parut serta campurkan dengan 1/2 gelas air panas kemudian aduk hingga rata. Setelah dingin, kalian bisa memeras dan mengambil sarinya. Kalian juga bisa menambahkan air sari dari 1/2 buah jeruk nipis. Kemudian campurkanlah dengan 2 sdm madu jenis bunga kapuk lalu aduk hingga rata. Bagi ramuan ini menjadi 3, lalu minumlah 3 kali sehari.

3. Pegagan

Tumbuhan herbal ini sering juga disebut daun kaki kuda. Tumbuhan ini biasanya tumbuh merayap dan menutupi tanah. Daun ini biasanya berwarna hijau serta berbentuk kipas ginjal. Daun pegagan bisa dijadikan ramuan tradisional untuk menurunkan demam biasa.  Selain bisa menurunkan panas, daun pegagan juga mampu merevitalisasi tubuh serta pembuluh darah.

Cara membuat ramuan ini juga sangat mudah. Kalian cukup mencuci bersih segenggam daun pegagan yang segar. Lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Terus rebus hingga tinggal sekitar satu gelas saja. Kemudian bagi ramuan menjadi 3 lalu minumlah sehari 3 kali.

Sponsors Link

4. Sambiloto

Teenyata semua dari tanaman sambiloto bisa dipakai untuk ramuan tradisional. Sambiloto mempunyai kandungan andrografolid lactones, flavonoid, glucosides, serta diterpene yang sangat membantu mengatasi gejala demam disertai nyeri badan. Cara membuat ramuan ini tergolong mudah, kalian cukup mencuci serta merebus 10 gram daun sambiloto.

Kalian juga bisa menggunakan yang kering ataupun yang segar. Lalu campurkan dengan 25 gram kunyit kering serta 250 ml air. Rebus sampai mendidih hingga airnya tersisa 100 ml. Setelah itu saringlah ramuan tersebut. Bagi ramuan menjadi 3 serta memberikan 3 kali dalam sehari. Menggunakan ramuan tradisional untuk.mengatasi Suhu tubuh cepat panas memiliki dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping serta aman.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan