Sponsors Link

7 Tips Sembuh dari Demam Tifus Dengan Cepat

Sponsors Link

Demam tifus merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri. Penyakit ini bisa menular karena kondisi kebersihan yang buruk dan penanganan air serta makanan yang tidak bersih. Demam tifus biasanya paling sering terjadi ketika seseorang menelan makanan atau air yang sudah terinfeksi tinja berbakteri. Apabila anda atau orang terdekat anda mengalami penyakit ini, berikut kami punya tips sembuh dari demam tifus yang bisa dilakukan.

ads
  1. Minum Antibiotik

Cara sembuh dari demam tifus pertama yang bisa anda lakukan adalah minum antibiotik. Jenis antibiotik yang diresepkan oleh dokter biasanya akan berbeda beda disesuaikan dengan lokasi anda terinfeksi dan apakah sebelumnya anda pernah terinfeksi. Namun antibiotik yang biasanya digunakan adalah ampisilin, azitromisin, amoksisilin atau ciprofloksasin.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Anda juga harus banyak minum cairan selama sedang terkena demam panas karena demam tifus. Setidaknya, minum air sebanyak 1.9 liter setiap hari dan tambahkan juga dengan minum sari buah, air kelapa dan cairan bernutrisi lain. Dehidrasi biasanya disebabkan karena diare dan juga demam tinggi dimana keduanya menjadi gejala paling umum dari demam tifus. Sedangkan dalam kasus yang berat, cairan infus juga sangat disarankan oleh dokter.

  1. Lakukan Diet Sehat

Demam tifus kemungkinan akan membuat anda kekurangan gizi, sehingga anda harus memperhatikan apa yang anda konsumsi dan pastikan hanya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung kalori tinggi untuk tubuh. Asupan karbohidrat yang tinggi sangat baik dikonsumsi untuk mengembalikan energi tubuh anda khususnya jika anda makan dalam porsi yang kecil sebanyak beberapa kali sehari. Jika anda memiliki masalah pencernaan, maka konsumsi makanan lunak yang mudah dikonsumsi seperti biskuit cracker, sup, roti panggang, jello dan juga puding.

Konsumsi juga saus apel, pisang, roti panggang dan juga nasi karena lebih mudah dicerna sehingga bisa mengurangi gejala demam seperti mual dan diare. Minum juga sari buah murni, air kelapa dan tambahan sedikit air. Selain itu, ikan, puding susu atau telur juga baik dikonsumsi apabila anda tidak mengalami komplikasi pada saluran pencernaan akibat demam tifus sebab makanan tersebut merupakan sumber protein yang sangat baik.

  1. Konsumsi Madu dan Air

Teh yang dibuat dari campuran madu dan air menjadi cara mudah sekaligus nikmat untuk meredakan gejala demam tifus atau demam thypoid. Tambahkan 1 hingga 2 sendok makan madu ke dalam 1 cangkir air hangat dan aduk hingga rata. Minum campuran ini untuk mengatasi masalah saluran cerna. Madu bisa meredakan iritasi usus sekaligus membantu untuk melindungi jaringan dalam saluran cerna. Madu dan air juga merupakan minuman berenergi alami namun jangan diberikan untuk anak berusia dibawah 1 tahun karena tidak cocok.

  1. Minum Teh Cengkih

Teh cengkih juga sangat berguna untuk meredakan gejala demam tifus dan jenis demam lainnya. Anda hanya perlu merebus 5 butir cengkih bersama air mendidih hingga volume air menyusut tinggal setengah dan biarkan cengkih terendam dengan air sebentar lagi. Sesudah dingin, saring cengkih tersebut dan minum setiap hari untuk membantu mengatasi mual karena demam tifus. Tambahkan juga dengan 1 hingga 2 sendok makan madu untuk menambah rasa dan khasiat dari minuman ini. 

Sponsors Link

  1. Gunakan Kombinasi Rempah

Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa rempah kemudian dibuat menjadi tablet untuk meredakan gejala demam tifus dan komplikasi demam tifoid yang anda alami. Campur 4 lembar daun basil, 7 helai daun saffron dan 7 butir lada hitam dalam mangkuk kecil kemudian tambahkan sedikit air dan tumbuk hingga halus menjadi pasta seukuran tablet. Minum 1 tablet ramuan bersama 1 gelas air untuk antioksidan dan antimikroba yang tepat agar bisa membantu anda mengatasi masalah saluran cerna karena demam tifus.

  1. Gunakan Echinacea

Echinacea bisa dibeli dalam bentuk bunga berwarna ungu, akar dan juga bubuk yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan infeksi bakteri penyebab bahaya demam tifoid. Bahan tersebut juga sangat baik untuk menguatkan jaringan tubuh. Anda bisa membeli enchinacea kering atau akar echinacea, rebus sebanyak 1 sendok teh echinacea bersama 240 ml air selama 8 hingga 10 menit lalu minum sebanyak 2 hingga 3 kali sehari paling lama selama 2 minggu.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan