Sponsors Link

6 Cara Sederhana Mengatasi Tidak Enak Badan Saat Demam

Sponsors Link

Ketika sedang terserang demam, tentunya seluruh bagian tubuh akan terasa tidak enak yang sangat mengganggu aktivitas bahkan bisa membuat penderita hanya terbaring di tempat tidur karena seluruh tubuh terasa lemas dan lelah. Perlu diketahui jika tidak enak badan saat demam ini menandakan tubuh membutuhkan banyak asupan gizi terbaik agar bisa melawan parasit, penyakit, bakteri atau virus penyebab demam. Agar tubuh anda bisa lebih terasa nyaman ketika demam menyerang tubuh, sebaiknya perhatikan perawatan berikut ini agar anda tidak salah dalam memilih metode mengatasi demam.

ads
  1. Gunakan Kompres Hangat

Banyak orang yang selalu menggunakan kompres dingin untuk menurunkan demam dan sudah menjadi kebiasaan turun temurun. Namun sebenarnya kebiasaan ini adalah salah besar karena kompres dingin hanya akan membuat tubuh menggigil dan panas semakin tinggi. Suhu tubuh yang panas sebenarnya berguna untuk menyerang bakteri atau virus yang menjadi penyebab penyakit. Ketika panas tubuh dilawan dengan kompres dingin, maka tubuh akan melihat hal tersebut sebagai ancaman sehingga akan memerintahkan otak untuk meningkatkan suhu tubuh semakin tinggi.

Cara terbaik untuk mengatasi tidak enak badan saat demam adalah dengan menggunakan manfaat kompres demam hangat. Tempelkan kompres hangat di area dahi yang jauh lebih efektif untuk meningkatkan peredaran darah yang lancar sekaligus mengurang rasa pusing dan sakit kepala.

  1. Jangan Dipijat

Saat demam disertai nyeri badan, sebenarnya pemijatan pada tubuh tidak dibutuhkan untuk meredakan rasa nyeri di area otot. Para ahli berpendapat jika pijatan yang dilakukan saat sedang demam sebetulnya bisa memberikan stimulasi berlebihan pada tubuh dimana pada kenyataannya tubuh membutuhkan istirahat banyak agar bisa melawan penyakit penyebab demam.

Obat demam yang anda minum seperti paracetamol sebetulnya sudah mengandung pereda nyeri. Yang sebenarnya anda butuhkan hanyalah beristirahat dan biarkan tubuh bekerja untuk mengatasi demam.

  1. Perbanyak Tidur

Semua orang yang sedang sakit termasuk sedang demam butuh tidur lebih banyak karena dengan tidur maka tubuh akan memproduksi sel darah putih. Sel sel darah putih tersebut sangat penting dan dibutuhkan sistem kekebalan tubuh agar bisa melawan virus atau bakteri penyebab demam. Jika anda kesulitan tidur saat sedang demam, maka redupkan lampu kamar tidur dan praktekkan teknik pernapasan agar tubuh bisa lebih rileks.

  1. Mandi Dengan Air Hangat

Panas tinggi atau demam berkepanjangan biasanya akan membuat tubuh berkeringat. Untuk itu, anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat atau air suam suam kuku namun pastikan suhu air tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Mandi air hangat ini sangat baik dilakukan untuk meredakan nyeri otot ketika sedang demam. 

Sponsors Link

  1. Pakai Selimut atau Baju Tipis

Ketika sedang tidak enak badan, maka insting penderita akan langsung memerintahkan tubuh untuk segera memakai baju hangat dan menutupi tubuh dengan selimut yang tebal. Jika ini yang biasa anda lakukan, maka sebaiknya dihentikan karena cara ini adalah salah besar. Memakai baju tebal dan selimut tebal ketika sedang demam panas hanya akan membuat udara panas dalam tubuh terperangkap sehingga demam semakin sulit diredakan.

Sebaiknya, kenakan baju dan selimut yang tipis serta bisa menyerap keringat. Atur juga suhu kamar agar nyaman namun jangan terlalu dingin. Jika tubuh menggigil, maka bisa minum air hangat namun hindari membungkus dan menyelimuti tubuh dengan kain yang tebal. 

Sponsors Link

  1. Perbanyak Minum Air

Minum air putih saat sedang demam sangat membantuk untuk mengendalikan suhu tubuh agar tidak semakin panas. Selain itu, minum banyak air putih juga penting untuk membuang bakteri, kuman dan juga racun di dalam tubuh. Dengan keluarnya segala zat yang tidak diperlukan dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh bisa bekerja semakin keras serta fokus dalam melawan bakteri serta virus penyebab gejala demam.

Ada banyak kebiasaan salah yang seringkali dilakukan ketika merasa tidak enak badan dan biasanya hal tersebut merupakan tradisi turun menurun. Sesudah membaca informasi diatas, kami harapkan anda bisa menangani demam dengan lebih tepat agar penyakit penyebab demam yang sedang anda derita bisa semakin cepat disembuhkan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan