Sponsors Link

6 Tips Membeli Termometer yang Paling Akurat

Sponsors Link

Setiap orang pasti pernah mengalami demam. Demam adalah kondisi dimana tubuh merasa lebih panas daripada biasanya. Namun, apakah semua panas tubuh adalah demam? Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh berada diatas batas normal suhu tubuh manusia. Suhu tubuh normal pada anak anak hingga dewasa berada pada rentang 36.1 derajat celcius sampai 37.7 derajat celcius. Ketika suhu tubuh manusia berada diatas angka ini, barulah seseorang dikatakan demam.

ads

Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui suhu tubuh kita dengan angka yang pasti? Untuk mengukur suhu tubuh kita bisa menggunakan termometer. Termoter adalah alat pengukuran suhu tubuh yang bisa menunjukkan angka yang cukup akurat. Di pasaran anda bisa menemukan termometer yang masih tradisional yang menggunakan air raksa dan juga termometer digital yang dapat mengukur suhu tubuh secara lebih akurat.

Sebelum anda menggunakan termometer anda harus melakukan berbagai langkah. Ini dia langkah langkah yang harus anda lakukan sebelum membeli termometer.

1. Jenis Termometer

Penggunaan termometer juga dilakukan secara beragam, ada yang mengukur suhu tubuh melalui mulut, dahi, telinga ketiak atau juga dubur. Terdapat beberapa jenis termometer yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh, jenis jenis termometer tersebut ialah.

  • Termometer digital, termometer ini adalah jenis termometer yang direkomendasikan untuk mengukur suhu tubuh. Cara kerja termometer ini ialah dengan menggunakan sensor panas elektronik. Biasanya, orang mengukur suhu tubuh melalui dubur dengan menggunakan termometer digital.
  • Termometer dot digital, bagi anda yang memiliki anak anak atau bayi anda harus memiliki termometer yang satu ini. Termometer ini memiliki bentuk yang mirip dengan dot atau empeng sehingga cocok digunakan untuk anak anak. Anak anak cukup mengisap dot ini selama tiga menit untuk mengetahui suhu tubuh mereka.
  • Temometer dahi, termometer ini menggunakan inframerah untuk mengukur suhu didaerah dahi dan pelipis. Namun ternyata hasil pengukuran dari termometer ini belum seakurat termometer digital meskipun harganya cukup mahal.
  • Temometer air raksa, termometer jenis ini cukup sering digunakan ketika hendak mengukur suhu tubuh manusia. Namun termometer ini sudah tidak dianjurkan lagi untuk digunakan karena menguap dan terhirup sehingga dapat menyebebkan keracunan.

2. Membeli termometer di apotek

Ketika anda hendak membeli termometer anda harus membelinya di tempat yang terpercaya seperti toko kesehatan dan apotik. Jangan sembarangan membeli termometer karena hasil yang akan ditunjukkan belum tentu akurat dan bisa saja menjadi berbahaya bagi tubuh manusia.

3. Perhatikan harga yang diberikan

Harga mahal belum tentu menunjukkan kualitas terbaiknya. Memang beberapa termometer yang berharga mahal memberikan kualitas terbaik, namun belum tentu juga harga yang murah menunjukkan kualitas termometer yang buruk. Anda bisa mencari dan membandingkan harga termometer di berbagai tempat termasuk tempat belanja online.

5. Beli termometer sesuai usia

Bagi orang dewasa mungkin tidak ada kesulitan dalam mengukur suhu tubuh menggunakan termometer, namun bagi anak anak tidak mudah untuk mengukur suhu tubuh. Jika anda membeli termometer untuk anak anak, pilihlah termometer dot yang mudah digunakan oleh anak anak.

6. Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Termometer

Setelah mengetahui tips membeli termometer yang tepat anda juga harus memperhatikan hal lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan termometer, yaitu:

Sponsors Link

  • Ketahui bahwa suhu tubuh normal manusia ialah 36,5 – 37 derajat Celsius.
  • Jangan langsung menggunakan termometer dengan segera setelah selesai makan, minum cairan panas atau dingin, dan merokok. Tunggulah sekitar 20-30 menit agar hasil yang didapat lebih akurat.
  • Ketika anda selesai berolahraga dan mandi dengan menggunakan air panas, jangan langsung mengukur suhu tubuh anda dengan menggunakan termometer. Ukurlah suhu anda pada jeda waktu sekitar satu jam.
  • Jika anda menggunakan termometer mulut untuk mengukur suhu , letakkan termometer yang anda di bawah lidah dan katupkan bibir erat-erat. Pastikan termometer tersebut bersih ya.
  • Saat mengukur suhu, diamkan termometer selama beberapa saat sampai terdengar bunyi tanda pengukuran suhu selesai dilakukan atau sampai air raksa berhenti pada satu titik suhu. Jangan mengangkat termometer sebelum termometer tersebut selesai mengukur suhu tubuh.
  • Kebersihan alat termometer adalah hal yang wajib anda perhatikan. Setiap sebelum dan selesai digunakan, jangan lupa untuk mencuci termometer dengan air bersih dan sabun atau alkohol sebelum disimpan kembali.

Jika setelah diukur dengan termometer, suhu tubuh Anda lebih dari 38 derajat Celsius atau kurang dari 35 derajat Celsius, sebaiknya segeralah berobat ke dokter. Bisa jadi demam yang anda alami adalah tanda bahwa anda memiliki penyakit lain.

Untuk menurunkan demam anda minumlah air putih yang cukup sehingga anda terhindar dari dehidrasi. Jangan lupa konsumsi makanan yang bergizi dan minum suplemen.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan