Sponsors Link

9 Penyebab Umum Tubuh Menggigil Namun Tidak Demam

Sponsors Link

Tubuh yang menggigil disebabkan karena upaya tubuh untuk meningkatkan suhu karena suhu tubuh berada di bawah batas normal. Ketika suhu tubuh turun, maka hipotalamus akan mengirim sinyal untuk menaikkan suhu tubuh dan akan direspon tubuh dengan menggigil serta meningkatkan metabolisme basal. Ketika menggigil, maka otot rangka akan berkontraksi untuk menghasilkan panas tubuh dan ini bisa dikatakan proses normal yang dilakukan tubuh untuk menaikkan suhu. Akan tetapi, tubuh yang sedang menggigil tidak selalu juga diikuti dengan demam, sebab ada beberapa faktor yang menyebabkan tubuh menggigil namun tidak demam lain seperti yang akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

ads
  1. Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan menjadi hal penting yang berpengaruh pada kerja tubuh. Tidak menjalani pola makan yang baik tentunya bisa menurunkan kondisi tubuh dan menjadi penyebab dari munculnya banyak penyakit seperti tubuh menggigil namun tidak demam panas. Pola makan yang salah akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan berat badan juga akan turun dengan drastis. Selain itu, tubuh juga semakin mudah lelah karena asupan nutrisi yang semakin berkurang sehingga tubuh akan meningkatkan suhu sehingga menggigil terjadi.

  1. Masa Menopause dan Kehamilan

Seorang wanita yang sudah memasuki masa menopause atau sedang hamil juga bisa mengalami menggigil. Kedua hal ini akan membuat produksi hormon dalam tubuh wanita menjadi tidak seimbang. Ketika kadar estrogen semakin meningkat, maka tubuh akan menunjukkan beberapa gejala yang bisa menurunkan suhu tubuh secara otomatis dan inilah yang menyebabkan wanita sering merasa kedinginan dan menggigil.

  1. Tekanan Darah Rendah atau Tinggi

Tubuh menggigil tanpa gejala demam juga bisa terjadi karena tekanan darah tinggi atau rendah. Ketika tekanan darah meningkat, maka sirkulasi darah ke semua bagian tubuh khususnya area tangan dan kaki akan terhambat. Penyumbatan aliran darah tersebut kemudian membuat suhu tubuh jadi menurun. Hal serupa juga terjadi pada seseorang dengan darah rendah. Jantung yang tidak mampu memompa darah dengan baik akan membuat sirkulasi darah juga berjalan kurang baik yang berdampak pada penurunan suhu tubuh penyebab menggigil.

  1. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Ketika seseorang terbiasa mengkonsumsi beberapa jenis obat, maka efek samping yang harus siap dihadapi adalah tubuh menggigil meski tidak disertai dengan demam panas. Untuk itu, mengkonsumsi obat jenis apapun termasuk obat yang dijual bebas sebaiknya dilakukan sesuai dosis dan juga petunjuk dari dokter agar efek samping seperti ini tidak terjadi.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Apabila sering mengalami menggigil diikuti dengan berat badan yang bertambah, maka kemungkinan besar disebabkan karena masalah hormon tiroid. Hormon tiroid yang mengalami gangguan tersebut akan membuat metabolisme tubuh jadi menurun sehingga suhu tubuh juga ikut menurun melebihi suhu normal tubuh manusia dan menggigil akan dialami penderita.

  1. Penurunan Imun Tubuh

Penyebab lain tubuh menggigil namun tanpa disertai dengan demam biasa adalah pada saat toksin atau racun yang masuk ke dalam tubuh dan tidak dapat diatasi dengan baik oleh sistem kekebalan tubuh. Penurunan sistem kekebalan tubuh inilah yang menyebabkan tubuh terasa lebih dingin disertai dengan menggigil.

  1. Penyakit Kista

Jika menggigil dan kedinginan tanpa disertai dengan demam kronis dialami wanita, maka sebaiknya harus diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter. Hal ini disebabkan karena tubuh wanita yang mengalami kista akan menyebabkan peradangan akut pada kandung kemih sehingga tubuh akhirnya menggigil. 

Sponsors Link

  1. Tidak Cukup Tidur

Tidak hanya mengantuk, lemas dan kurang energi saja yang bisa disebabkan ketika seseorang kurang tidur, akan tetapi ini juga bisa menimbulkan gangguan pada sistem saraf sehingga sistem regulasi otak seperti pengatur temperatur tubuh akan terganggu sehingga menggigil tidak dapat dihindari.

  1. Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka suhu tubuh juga bisa turun disertai dengan badan menggigil dengan gejala yang sama seperti tanda bayi dehidrasi karena demam. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat mudah yakni dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab