Sponsors Link

6 Virus Penyebab Demam dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Saat ini ada banyak penyakit demam karena perubahan cuaca yang dapat menandakan gejala penyakit tertentu. Hal tersebut karena virus penyebab demam ada bermacam-macam. Mulai dari yang ringan hingga yang berat. Sehingga sebaiknya kita terus berjaga-jaga untuk menghindari penularn virus tersebut. Umumnya gejala demam yang disebabkan virus meliputi demam tinggi, dapat terjadi kejang, bahkan menggigil tengah malam dan rasa meriang di badan. Hal itu disebabkan karena tubuh berusaha melawan infeksi virus yang terjadi secara alami. Adapun berikut ini beberapa virus penyebab demam yang paling umum terjadi:

ads

1. Virus Influenza

Yang paling umum dan sering terjadi berulang-ulang yaitu virus influenza. Namun umumnya pada penyakit ini hanya berupa demam ringan hilang timbul yang akan hilang dengan sendirinya setelah kurun waktu satu minggu. Pastikan saja tidak terjadi dehidrasi selama menderita demam. Jika terdapat batuk maupun pilek konsumsi air putih sebanyak mungkin.

2. Virus Radang Tenggorokan

Virus yang banyak menyerang di musim hujan yaitu radang tenggorokan. Umumnya virus ini merupakan virus yang menyebabkan infeksi di demam akibat radang tenggorokan dan menimbulkan gejala seperti batuk berdahak yang disertai pilek. Sebenarnya virus ini mudah sembuh dengan sendirinya. Cukup istirahat yang banyak, tidur lebih panjang dan minum air putih yang banyak. Dalam waktu satu hingga dua minggu biasanya penyakit akan mereda sendiri.

3. Virus Campak

Virus penyebab demam termasuk taitu virus morbili penyebab demam campak bayi. Penyakit ini umum diderita anak-anak terutama bayi dan balita. Oleh sebab itu disarankan untuk selalu memberikan imunisasi campak pada bayi sebelum berumur setahun. Sehingga jika terkena penyakit ini maka gejalanya akan lebih ringan dan dapat cepat sembuh. Berikan banyak minum air dan pasyikan untuk banyak istirahat supaya anak cepat pulih kembali.

4. Virus Cacar

Salah satu virus yang menimbulkan demam yaitu virus demam cacar air maupun cacar api. Keduanya sama-sama berbahaya dan menimbulkan gejala yang berat bagi penderitanya. Karena itu sebaiknya berikan imunisasi saat anak demam yang dapat membantu meringankan gejala jika terpapar penyakit ini. Gunakan pengobatan dari dokter untuk mempercepat pemulihan dan menghindari komplikasi penyakit lainnya.

5. Virus Demam Berdarah

Penyakit DBD disebabkan oleh virus yang menjangkit dengan cara penularan demam berdarah melalui gigitan nyamuk aides aegypti. Untuk mencegahnya sebaiknya selalu bersihkan tempat penampungan air. Sehingga kemungkinan menjadi sarang nyamuk sangat kecil. Sebaiknya virus ini segera diobati supaya tidak makin parah dan mendatangkan gejala yang sangat berat seperti pendarahan dalam. Sebaiknya konsumsi jus jambu merah untuk asupan bitamin C dosis tinggi saat menderita demam berdarah.

Sponsors Link

6. Virus Tipes

Virus yang paling banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa termasuk virus penyakit tipes. Komplikasi demam tifoid ini mudah menular terutama saat daya tahan tubuh sedang menurun atau kecapekan. Sehingga tidak jarang terjadi demam tipes bersamaan dengan penyakit yang lain. Karena virus tipes sangat mudah menyerang tubuh yang lemah. Sehingga untuk mengatasinya dengan jalan menjaga daya tahan tubuh melalui asupan vitamin dan mineral.

Demikian beberapa tipe cirus penyebab demam yang banyak dialami dalam kehidupan sehati-hati. Untuk mencegah penyakit tersebut, sebaiknya pastikan selalu istirahat yang cukup, olahraga teratur, konsumsi vitamin tambahan dan hindari makanan penyebab demam tinggi. Sehingga dengan demikian tubuh selalu terjaga kesehatannya serta tidak gampang sakit.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan