Sponsors Link

7 Cara Tepat Atasi Badan Demam dan Kaki Pegal-Pegal

Sponsors Link

Pernahkah anda merasakan demam disertai dengan badan pegal pegal terutama dibagian kaki? Suhu tubuh normal anak anak berada diantara 36.6 – 37.7 derajat celcius. Pada bayi suhu normal tubuh yakni 36.1 – 37.7 derajat celcius dan pada normal dewasa 36.5 hingga 37.5 derajat celcius. Seseorang bisa dikatakan mengalami demam apabila kondisi suhu tubuhnya berada diatas 37.5 derajat celcius.

ads

Biasanya demam disertai dengan gejala lainnya seperti sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, mual, lemas, kram perut ataupun nyeri otot dan sendi yang mungkin sedang anda rasakan sekarang. Kondisi tubuh dimana anda merasakan demam disertai sakit badan disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Virus dan bakteri yang paling sering menyerang tubuh ialah virus flu dan pilek.

Badan pegal pegal dan demam juga bisa disebabkan oleh Gastroenteritis (flu perut), pneumonia dan infeksi saluran kemih. Badan pegal pegal dan demam yang disebabkan oleh virus biasanya dibiarkan sembuh dengan senderinya sedangkan yang disebabkan oleh bakteri bisa diatasi dengan berbagai metode.

Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai cara dan metode yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit karena demam dan badan yang tidak nyaman karena merasakan nyeri. Berikut ialah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat badan anda kembali nyaman.

  • Konsumsi Asetaminofen dan Ibuprofen

Apabila anda merasa kaki anda pegal pegal dan badan anda demam, anda bisa mengonsumsi asetaminofen atau ibuprofen untuk membantu menurunkan demam dan mengurangi nyeri serta pegal pada kaki anda. Asetaminofen berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri di sistem saraf pusat serta menurunkan demam. Sedangkan ibuprofen dapat mencegah kenaikan suhu tubuh anda sehingga suhu tubuh anda normal, Ibuprofen juga dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin, hormon ini yang membuat rasa nyeri di badan dan dapat menimbulkan peradangan. Jika anda merasa kondisi suhu tubuh anda sudah meningkat dan badan anda sudah sangat pegal pegal, anda bisa mengonsumsi kedua obat ini secara bersamaan. Namun, tetap lebih baik anda berkonsultasi kepada dokter.

  • Hindari Memberikan Aspirin Kepada Anak Anak

Badan sakit sakit dan kondisi tubuh yang demam tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, anak anak pun bisa mengalaminya. Sebagai orang tua anda sebaiknya jangan memberikan aspirin untuk mengurangi rasa sakit mereka. Penggunaan aspirin pada anak anak dapat menimbulkan efek negatif. Ketika anak anak mengonsumsi aspirin akan muncul berbagai gejala seperti lesu, kejang kejang dan mual serta muntah. Baca juga mengenai cara mengatasi demam anak malam hari.

  • Minum Antibiotik

Apabila anda mengalami demam dan kaki pegal diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri, maka anda bisa mengonsumsi antibiotik. Dengan mengonsumsi antibiotik, bakteri yang ada di tubuh anda dapat terbunuh dan reproduksi bakteri terhenti. Antibiotik dapat memperkuat sistem imunitas tubuh anda. Sebelumnya, anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui antibiotik apa yang cocok untuk melawan jenis bakteri yang ada didalam tubuh anda.

  • Mandi dengan Air Hangat

Ketika anda terlalu lama menderita demam sebaiknya anda mengganti kebiasaan mandi anda. Hindari mandi menggunakan air dingin, sebaliknya cobalah untuk mandi dan berendam menggunakan air hangat. Jika anda sedang kedinginan, anda bisa membasuh tubuh anda menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat.

Sponsors Link

  • Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Ketika anda mengalami demam, berarti pertahanan tubuh anda sedang mengalami penurunan kinerja. Untuk membuat kinerja sistem imunitas anda membaik, anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Contoh makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi ialah sayur sayuran seperti labu dan paprika. Buah buahan seperti buleberry, ceri dan tomat. Hindari juga mengonsumsi junk food ketika badan anda sedang demam.

  • Konsumsi Anti Virus

Virus dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang sakit atau lingkungan yang tidak bersih. Meskipun memang demam dan sakit badan yang disebabkan oleh virus bisa sembuh dengan sendirinya, namun anda bisa mempercepat proses penyembuhan dengan mengonsumsi obat anti virus. Untuk mengetahui apakah obat anti virus yang tepat untuk anda, anda bisa bertanya kepada dokter.

  • Konsultasi ke Dokter

Apabila anda telah melakukan berbagai cara dan mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat, namun anda tetap mengalami kaki pegal pegal dan badan demam berkepanjangan anda harus menemui dokter dan mengetahui apa penyebab sebenarnya. Ada beberapa kondisi demam dan sakit otot yang memerlukan intervensi profesional. Terkadang pergantian obat yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai gejala seperti flu, oleh karena itu anda harus berkonsultasi ke dokter apabila demam anda tidak berkesudahan.

Itulah berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi demam dan kaki pegal pegal, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan minum air putih yang cukup.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan