Sponsors Link

25 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi 1 Bulan – Penyebab – Gejala

Sponsors Link

Demam pada anak memang sering kali terjadi pada setiap umur. Namun, bisa dikatakan bahwa biasanya demam yang terjadi terkadang hanya berupa demam biasa tanpa ada hubungan dengan penyakit tertentu. Akan tetapi, jika demam tersebut muncul pada usia bayi yang masih di bawah 3 bulan, maka hak tersebut harus diwaspadai dengan teliti dan seksama. Hal ini dikarenakan demam sangat jarang muncul pada usia bayi yang masih di bawah 3 bulan. Jika demam muncul pada usia tersebut maka, biasanya akan menunjukan beberapa keadaan yang cukup spesial dan diperlukan perhatian secara khusus.

ads

Sebagai orang tua, kita harus sigap saat bayi mengalami demam pada umur tersebut. Pada umur yang masih di bawah 3 bulan, kondisi dari bayi masih sangat rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Sistem kekebalan bayi sendiri, belum terlalu kuat untuk dapat mengatasi beberapa jenis penyakit. Sebagai orang tua harus paham betul mengenai beberapa  gejala demam dan bagaimana cara mengatasi demam pada bayi 1 Bulan.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi 1 Bulan

Ada banyak obat penurun panas pada bayi berusia 0-6 bulan yang bisa kita gunakan. Namun, sebaiknya kita agak mengurangi konsumsi obat-obatan kimia untuk anak yang masih kecil. Hal ini untuk menghindari efek samping antibiotik demam yang bisa saja mempengaruhi anak. Ada banyak cara mengobati demam yang lebih aman dan bisa kita terapkan pada usia anak yang masih 1 bulan. Beberapa cara mengatasi demam pada bayi 1 bulan yang bisa kita gunakan seperti

  1. Ganti Baju Bayi
  2. Hindari membedong bayi
  3. Selimuti dengan kain tipis
  4. Berikan ASI
  5. Pastikan sirkulasi udara ruangan baik
  6. Kompres bayi menggunakan air hangat
  7. Jangan pernah gunakan bahan alkohol untuk mengompres bayi
  8. Mandikan bayi dengan air hangat
  9. Peluk bayi
  10. Berikan waktu istirahat yang cukup kepada bayi
  11. Berkan minyak telon disertai pijatan lembut
  12. Jika demam tak turun segera bawa ke dokter.

Penyebab Demam Pada Bayi 1 Bulan

Ada banyak macam-macam demam yang bisa saja muncul dan menyerang bayi. Namun, yang paling penting adalah kita harus mengetahui dulu mengenai penyebab demam pada anak. Ketika kita bisa mengetahui mengenai penyebab dari demam tersebut maka kita akan dengan mudah menemukan metode pengobatan yang tepat dan jitu. Biasanya ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan seorang anak mengalami demam seperti

  • Infeksi bakteri atau virus
  • Lemahnya sistem kekebalan tubuh
  • Asupan gizi yang kurang mencukupi dan memadai
Sponsors Link

Demam pada bayi 1 bulan bisa saja merupakan sebuah gejala demam yang biasa dan normal saja. Namun, ketika demam tersebut disertai dengan beberapa gejala tertentu maka sebagai orang tua sebaiknya kita tetap waspada. Pilihlah cara mengatasi demam pada bayi 1 bulan yang sesuai dengan keadaan dan kondisi dari anak tersebut. Pastikan bahwa bayi yang mengalami demam tak disertasi beberapa gejala seperti berikut:

  • Tidak nafsu makan.
  • Terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain.
  • Tidak responsif.
  • Memiliki ruam.
  • Muntah
  • Diare
  • Uring-uringan saat tidur.
  • Sesak napas.
  • Terlihat tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, atau popok tidak sebasah biasanya.
  • Kejang 
    Sponsors Link

Jika bayi yang mengalami demam disertai dengan beberapa kondisi yang disebutkan di atas sebaiknya cepat dilakukan pemeriksaan. Hal ini disebabkan seorang bayi yang masih berada di bawah 3 bulan tidak menunjukan gejala yang khusus apabila terjadi infeksi atau semacamnya. Untuk dapat mengetahui kondisi secara menyeluruh maka diperlukan tes yang lebih lanjut.

Itu tadi beberapa cara mengatasi demam pada bayi usia 1 bulan yang bisa kita lakukan. Pastikan terlebih dahulu  bahwa metode pengobatan yang kita pilih memang sudah sesuai dengan keadaan dan umur dari bayi kita. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan