Sponsors Link

Cara Mengatasi Demam karena Sakit Gigi yang Aman

Sponsors Link

Demam memang adalah gejala dari sebuah gangguan pada tubuh dan penyebab demam ada bermacam-macam. Salah satunya adalah Demam saat Sakit Gigi. Demam saat sakit gigi merupakan tanda bahwa sakit gigi sudah terinfeksi cukup parah. Mekanisme Demam Karena Sakit Gigi adalah saat terjadi infeksi bakteri di gigi sehingga menyebabkan tubuh berusaha melawan infeksi tersebut, sehingga terjadilah demam.

ads

Cara Mengatasi

Tentu saja kondisi ini tidak baik untuk Anda. Karena selain demam, sakit gigi juga pasti membuat rasa sakit yang luar biasa. Berikut beberapa cara mengatasi demam karena sakit gigi yang bisa dilakukan.

  1. Mengetahui penyebab sakit gigi

Hubungan Demam dengan Sakit Gigi memang erat. Saat sakit gigi disertai demam terjadi, pastikan bahwa Anda mengetahui penyebab dari sakit gigi itu sendiri. Karena penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam. Akan tetapi, yang paling sering terjadi adalah karena gigi berlubang yang terinfeksi bakteri. Jika sudah mengetahui penyebabnya dan letak atau pusat rasa sakitnya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pengobatan.

  1. Mengonsumsi obat pereda rasa sakit

Mengonsumsi obat pereda rasa sakit tidak hanya akan membantu meringankan gejala rasa sakit akibat gigi berlubang Anda, namun juga bisa membantu sebagai Obat Penurun Panas Badan untuk menurunkan demam yang terjadi. Namun perhatikan jenis obat dan dosis yang direkomendasikan. Karena jenis obat ini sebenarnya tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Sehingga, jika rasa sakit dan demam tidak juga turun setelah mengonsumsi obat tersebut, sebaiknya lakukan pengobatan ke dokter.

  1. Mengompres

Cara mengatasi demam karena sakit gigi berikutnya adalah dengan mengompres tubuh yang demam, sekaligus mengompres bagian pipi yang bengkak. Karena kebanyakan sakit gigi diikuti dengan gejala gusi bengkak yang mengganggu.

  1. Menjaga kebersihan gigi

Walau sedang sakit, menjaga kebersihan gigi tetap harus dilakukan. Karena jika kebersihan tidak dijaga, maka bakteri akan tetap meradang di sana dan sakit gigi serta demam tidak akan mudah sembuhnya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur menggunakan air hangat yang bisa dicampur juga dengan garam. Air garam yang hangat bisa membantu membunuh bakteri sehingga bisa meringankan gejala yang ada.

  1. Menggunakan bahan herbal untuk sakit gigi

Masyarakat percaya bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Selain air garam, masih ada bahan alami lain yang bisa digunakan, misalnya madu, minyak cengkeh, daun sirih, dan sebagainya.

Sponsors Link

Kapan Perlu ke Dokter?

Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter jika gejala demam serta sakit gigi tidak kunjung mereda setelah beberapa perawatan di atas dilakukan. Selain itu, jangan menunda pemeriksaan dokter jika muncuk gejala:

  • Sulit menelan makanan
  • Sulit bernafas (Demam Tinggi dan Sesak Nafas)
  • Sakit gigi terasa hingga ke telinga
  • Kesulitan membuka mulut dan muncul rasa sakit saat membuka mulut
  • Demam dan sakit gigi tidak kunjung mereda setelah 2 hari

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai mengatasi demam karena sakit gigi yang perlu diketahui. Segera lakukan pemeriksaan untuk mengatasi penyebab sakit gigi agar demam sakit gigi tidak terulang di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan