Sponsors Link

5 Obat Herbal Demam Flu Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam yang paling sering dialami pada musim penghujan seperti sekarang ini adalah demam flu. Demam flu biasa juga disebut dengan pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus pada alat pernafasan bagian atas kita seperti  tenggorokan dan hidung. Penyakit flu atau demam flu pada anak dan dewasa, termasuk juga demam selesma ini dapat dengan mudah menular pada orang lain melalui udara, makanan, minuman, bersin dan kontak langsung dengan penderita.

ads

Jika tidak segera diatasi maka penderita akan sangat terganggu aktivitasnya, oleh sebab itu sekarang ini banyak tersedia obat flu yang dapat dibeli bebas di apotek atau pun toko obat. Namun seiring dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya kesehatan dan cara-cara penyembuhan suatu penyakit, sekarang ini banyak masyarakat kita yang beralih pada pengobatan tradisional dengan obat-obatan herbal.

Sebelum kita membahas apa saja obat herbal untuk demam flu, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab dari demam flu diantaranya :

  • Infeksi virus

Infeksi virus atau demam virus merupakan penyebab utama dari demam flu ini. Virus RNA adalah salah satu jenis virus penyebab demam flu, yang dikelompokkan pada jenis virus influenza.

  • Alergi terhadap debu

Beberapa orang tubuhnya memiliki sensitivitas yang lebih atau alergi terhadap sesuatu. Salah satunya adalah alergi terhadap debu. Saat benda asing atau debu masuk ke dalam hidung maka akan menyebabkan bersin-bersin dan pada akhirnya menyebabkan demam flu.

  • Perubahan musim

Perubahan musim seperti musim pancaroba atau pun perpindahan dari musim kemarau menuju musim hujan. Hal ini juga dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemah dan mudah terkena demam flu.

  • Minuman dingin atau es

Minum dingin atau es dapat menjadi salah satu penyebab dari demam flu. Ini kategori dari penyebab alergi. Bagi orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi minuman dingin, saat mereka mencobanya maka akan sangat mudah terkena demam flu atau demam batuk pilek pada anak. Hal ini terjadi karena minuman tersebut yang dalam kondisi terlalu dingin dapat memicu produksi lendir.

Setelah kita mengetahui penyebab dari demam flu, maka sekarang akan lebih mudah untuk membahas mengenai cara pengobatan tradisional atau obat herbal untuk demam flu. Obat herbal demam flu antara lain :

  1. Obat dari madu

Madu murni yang dicampurkan dengan lemon dan diminum ternyata efektif dalam membantu meredakan demam flu terutama batuk pilek. Hal ini disebabkan karena madu memiliki sifat anti bakteri anti virus, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga mengurangi iritasi pada saluran tenggorokan. Manfaat madu untuk demam dapat menurunkan panas badan.

Sponsors Link

  1. Obat dari jahe

Jahe yang memiliki kandungan minyak atsiri, gingerol, terpenoid zingiberol serta shogaol terkenal sejak dahulu mampu membantu menghilangkan flu dan batuk. Minuman jahe juga dapat menghangatkan tubuh di kondisi cuaca dingin, sehingga sangat melegaakn tenggorokan.

  1. Obat dari bawang putih

Bawang putih yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi batuk pilek. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung zat yang memiliki sifat anti virus ringan dam membantu dalam memperkuat daya tahan tubuh. Bagi yang tahan terhadap baunya, bawang putih dapat langsung dikunyak kardna juga mengandung antibiotik. Bagi yang tidak menyukai baunya, bawang ptuitih dapat ditambhakan lebih banyak dalam konsumsi makanan.

Sponsors Link

  1. Obat dari pepermint

Obat herbal yang satu ini mengandung senyawa yang bernama mentol yang bermanfaat dalam mengencerkan dahak serta lender pada saluran pernafasan juga mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Sehingga peppermint ini banyak digunakan untuk mengurangi gejaln demam flu atau pilek.

  1. Obat dari ekstrak elderberry

Ekstral elderberry dapat mengatasi flu.  Bahan alami ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan anti inflamasi.  Tanaman yang berasal dari eropa ini sering digunakan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat juga gangguan pernafasan lainnya.

Itulah beberapa obat herbal demam flu yang merupakan cara mengobati flu secara alami. Beberapa obat herbal tersebut banyak ditemukan di sekitar kita sehingga mudah untuk dapat menggunakannya. Selain itu, harga obat herbal cenderung lebih murah dibandingkan dengan obat-obatan kimia dengan efek samping lebih sedikit.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan