Sponsors Link

30 Cara Mengobati Flu Secara Alami (#Super Ampuh)

Sponsors Link

Flu seringkali memang menyerang dan membuat kegiatan sehari-hari menjadi terganggu. Walau flu bukan penyakit serius, namun tentunya hal ini tidak memberikan kenyamanan. Apalagi jika flu membuat kondisi hidung terasa tersumbat dan muncul banyak ingus. Hal ini akan membuat hari-hari terasa cukup berat. Maka dari itu flu harus segera diatasi. Berikut beberapa cara mengobati flu yang bisa dicoba agar flu segera sembuh.

ads
  1. Sering Berkumur dengan Air Bersih

Berkumur dengan air bersih ternyata bisa mempercepat kesembuhan dari flu. Mengapa demikian? Berkumur dengan air bersih akan membantu mengeluarkan lendir dari dalam saluran pernafasan. Selain itu berkumur juga bisa membantu tubuh membersihkan virus flu yang bersarang di saluran tenggorokan. Berkumur juga bisa memberikan peluang untuk membersihkan rongga mulut sehingga tentunya bau mulut bisa dihindari.

Baca juga:

  1. Olahraga atau Latihan Ringan

Saat terserang flu mungkin banyak orang yang justru lebih suka tinggal di dalam ruangan. Namun ternyata hal itu tidak baik, karena jika terus berada di dalam ruangan, virus akan lebih betah bersarang. Maka dari itu cobalah keluar sebentar hanya untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda. Kegiatan aktif saat flu akan membantu flu cepat sembuh. Selain itu olahraga ringan juga bisa membantu hidung menjadi lebih lega.

  1. Berhenti Merokok atau Menghirup Asap Rokok

Asap rokok merupakan musuh utama bagi seorang penderita flu. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung senyawa racun yang bisa mempengaruhi hidung untuk terus memproduksi lendir sehingga flu lama sembuhnya. Maka dari itu hindari rokok dan asap rokok agar flu bisa segera sembuh. Sebaiknya hindari juga polusi di dalam udara dengan menggunakan masker selama berada di luar ruangan. Hal ini juga akan mencegah penyebaran virus flu dari dalam tubuh kita ke orang lain.

  1. Minum Teh Hangat

Teh hangat yang dikomsumsi oleh penderita flu akan berdampak baik bagi sistem imun dan sistem pernafasan. Beberapa jenis teh bahkan bisa menjadi pengobatan herbal untuk penderita flu. Cobalah konsumsi teh hangat tanpa gula untuk mendapatkan manfaat kesembuhan dari flu dan badan yang lebih bugar. Jika ingin mendapatkan rasa manis, cobalah tambahkan madu, bukan gula.

  1. Sering Mencuci Tangan

Saat flu, mungkin kita akan lebih sering memegang hidung atau mulut. Hal ini akan membuat virus flu berpindah ke tangan. Dan jika virus flu belum mati lalu masuk lagi ke saluran pernafasan kita, maka hal itu juga tidak akan baik karena flu akan susah sembuh. Maka dari itu, mencuci tangan sering-sering adalah salah satu langkah pengobatan yang baik. Mencuci tangan akan membunuh virus di tangan (jika menggunakan antiseptik). Selain itu, cara ini juga akan mencegah orang lain tertular flu dari tubuh kita.

  1. Tetap Makan

Kebanyakan orang yang terkena flu mungkin juga akan malas untuk makan. Namun sebaiknya hal itu tidak dilakukan. Tetaplah mengonsumsi makanan agar tubuh mendapat stamina yang cukup untuk mengusir dan melawan virus flu. Makan yang cukup juga perlu dilakukan dengan bahan makanan yang bernutrisi seperti buah dan sayuran. Hindari makanan berlemak atau makanan manis yang mengandung gula karena hal itu bisa menghambat proses pencernaan sehingga stamina tubuh untuk mengusir virus menjadi berkurang.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Minum Ramuan Ginseng

Cara mengobati flu berikutnya adalah minum ramuan gingseng. Gingseng cukup mudah ditemukan di Indonesia. Manfaatkan khasiat gingseng tersebut untuk mengobati flu yang menyerang. Gingseng bisa diminum dengan teh hangat, atau dengan merebusnya di air panas seperti membuat minuman jahe. Minum selagi hangat untuk manfaat terbaik. Gingseng bisa membantu sistem imun untuk mengusir virus penyebab flu.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Seng

Seng merupakan salah saty nutrisi dari makanan yang bisa membantu meregenerasi sel dalam tubuh sehingga sistem imun bisa bertambah dan bekerja maksimal untuk memgusir virus flu yang sedang menyerang. Dengan demikian virus flu bisa segera dibasmi. Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi seng cukup tinggi antara lain:

  • Seafood
  • Kambing
  • Ayam
  • Almond
  • Gadum
  • Kacang mete
ads
  1. Mengonsumsi Sup atau Kaldu Ayam

Seperti yang dijelaskan di atas, daging ayam merupakan salah satu makanan yang mengandung seng yang bisa membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan mengonsumsi sup ayam atau kaldu ayam. Makan sup tersebut selagi hangat untuk melegakan hidung dan mempercepat kesembuhan dari virus flu tersebut.

  1. Istirahat yang Cukup

Salah satu kesalahan saat flu adalah tidak membiarkan tubuh beristirahat. Hal ini dikarenakan flu dianggap sebagai penyakit sepele. Padahal istirahat pada penderita flu ini sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan stamina tubuh. Saat flu, cobalah untuk istirahat cukup. Jika di siang hari pekerjaan tidak bisa ditinggal, maka istirahatlah di malam hari lebih cepat dari hari biasanya.

Baca juga:

  1. Tidur dengan Bantal yang Tinggi

Mengobati flu bisa juga dilakukan secara alami, yaitu dengan tidur pada bantal yang lebih tinggi. Cara ini akan membuat sirkulasi udara pernafasan lebih lancar dan lendir hidung tidak membuat saluran udara terhambat. Tidur dengan kepala yang lebih tinggi memang mungkin tidak nyaman. Namun hal ini lebih baik untuk mempercepat penyembuhan dari flu.

  1. Mengonsumsi Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan terbaik ketika flu sedang menyerang. Hal ini dikarenakan telur mengandung beberapa protein dan asam amino yang tugasnya adalah untuk membantu melawang virus. Telur bisa dikonsumsi dengan cara direbus agar lebih sehat. Namun jika tidak suka telur rebus, cara digoreng juga bisa dilakukan asalkan minyaknya tidak terlalu banyak. Telur akan bisa membantu meredakan gejala flu yang muncul karena khasiatnya.

  1. Minum Jus Elderberry

Saat seseorang sedang flu, cara menyembuhkannya secara alami yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jus elderberry. Jus ini adalah salah satu jus dari buah elderberry yang memiliki banyak sekali khasiat. Salah satunya karena kandungan karotenoid di dalamnya yang bertugas untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Namun rasanya cukup asam. Untuk meredakan rasa asam, gunakan saja madu sebagai pemanis.

  1. Minum Air Mineral yang Cukup

Ketika sedang flu, tentunya kita akan cenderung mudah mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan karena lendir yang keluar dari hidung. Selain itu air juga akan banyak terserap dari adanya proses metabolisme dari sistem imun tubuh untuk melawan virus yang ada. Maka dari itu, untuk mempercepat kesembuhan dari flu, lebih baik konsumsi air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

  1. Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Cara lain untuk mengobati flu yang bersarang di tubuh adalah dari pelakuan luar, yaitu dengan membasuh hidung menggunakan air garam. Hirup larutan garam dengan hidung sekadarnya, lalu buang dengan segera. Air garam akan bisa membantu meredakan infeksi yang terjadi di pangkal hidung. Dengan demikian cara ini akan bisa mempercepat kesembuhan dari flu.

Baca juga:

Sponsors Link

Selain beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, ada juga beberapa cara mengobati flu lainnya yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala flu, di antaranya sebagai berikut.

  1. Menggunakan bumbu paprika merah
  2. Mengonsumsi buah mengandung vitamin c super tinggi
  3. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi
  4. Makan biji adas
  5. Mandi dengan air panas
  6. Memeriksakan diri ke dokter
  7. Mengkonsumsi jamur
  8. Mengkonsumsi tiram
  9. Mengonsumsi madu asli
  10. Mengonsumsi minuman jahe
  11. Mengonsumsi obat rekomendasi dokter
  12. Minum susu
  13. Minum teh licorice
  14. Minum yogurt
  15. Sup bawang putih

Itulah beberapa cara mengobati flu yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala flu dan mempercepat kesembuhan dari flu. Jika flu tidak kunjung sembuh lebih dari 1 minggu dan gejalanya bertambah parah setelah beberapa hari atau disertai dengan gejala lain yang cukup parah, maka segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan