Sponsors Link

10 Macam Macam Panas Dalam : Penyebab, Ciri Ciri dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Panas dalam merupakan salah satu gangguan pada tubuh yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Panas dalam menjadi sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman, karena tubuh, terutama pada bagian mulut, tenggorokan, dan perut terasa panas dan tidak nyaman. Bahkan seringkali penderita panas dalam akan sulit menelan dan terkena gangguan pada bibir dan juga mulut.

ads

Panas dalam ternayata banyak jenisnya. Kebanyakan panas dalam dibedakan karena faktor penyebabnya. Berikut ini macam macam panas dalam, ciri, dan cara mengatasinya.

Baca juga:

1. Panas dalam karena kurang serat

Percaya atau tidak, kurang makan makanan berserat ternyata juga dapat menyebabkan panas dalam. Jenis panas dalam ini biasanya menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Gejala lainnya adalah susah buang air besar. Kurang serat juga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Ciri ini adalah ciri yang sering ditemui pada jenis panas dalam lainnya.

Cara mengatasi panas dalam karena kurang serat adalah melengkapi serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak serat. Bisa juga dengan mengonaumai kacang hijau. Dalam hal ini, siapkan dua genggam kacang hijau dan rebus bersama tiga gelas air. Tambahkan jahe dan gula batu. Saat air tersisa satu gelas karena menguap, matikan kompor. Saring ramuan dan hanya sisakan air rebusannya saja. Konsumsi sehari sekali. Maka panas dalam karena kurang serat akan bisa diatasi.

2. Panas dalam karena kurang vitamin C

Macam macam panas dalam salah satunya adalah disebabkan karena kurangnya vitamin C. Seperti yang diketahui bersama, fungsi vitamin C adalah untuk meningkatkan kesehatan di area mulut dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kekurangan vitamin C, maka gejala yang muncul adalah rasa tidak nyaman pada tenggorokan, bibir pecah-pecah, sariawan, dan gangguan pada gusi.

Cara mengatasi panas dalam jenis ini adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Namun konsumsi vitamin C dalam jumlah banyak sekaligus bisa jadi akan membuat masalah lain seperti masalah pencernaan. Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi cuka sari apel. Cuka sari apel mengandung cukup vitamin C dan lebih aman karena termasuk bahan alami.

Baca juga:

3. Panas dalam karena daya tahan tubuh yang lemah

Daya tahan tubuh yang lemah juga bisa mengakibatkan gangguan panas dalam. Gejalanya juga tidak berbeda dengan jenia panas dalam lainnya, yaitu adanya perasaan tidak nyaman di dalam tubuh, terutama di saluran pencernaan, tenggorokan, dan mulut.

Sponsors Link

Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa juga dengan membuat ramuan dengan madu dan lemon. Campurkan tiga sendok makan perasan lemon dan tiga sendok makan madu. Lalu konsumsi dengan teratur. Madu dan lemon akan membantu mengembalikan daya tahan tubuh, sehingga panas dalam akan berkurang dengan sendirinya.

4. Panas dalam karena cuaca

Jenis panas dalam berikutnya adalah karena cuaca. Kadang cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu faktor ketidaknyamanan kondisi tubuh. Cuaca yang berubah-ubah secara drastis juga menyebabkan panas dalam dengan gejala yang sama dengan panas dalam jenis lainnya. Misalnya bibir pecah-pecah, sariawan, dan tenggorokan tidak nyaman.

Cara mengatasi panas dalam karena cuaca adalah dengan tetap mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, pastikan bahwa tubuh selalu tercukupi dengan air putih yang cukup, agar metabolisme di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

ads

5. Panas dalam karena lelah

Kelelahan juga bisa menjadi faktor utama penyebab panas dalam. Biasanya lelah membuat tatanan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang membuat tubuh menjadi tidak termetabolisme dengan baik. Akibatnya terjadi gejala-gejala panas dalam yang sering ditemui di masyarakat.

Cara mengatasi panaS dalam karena lelah atau hormon yang tidak seimbang adalah dengan mencukupkan istirahat teratur. Selain itu, selalu asupi tubuh dengan nutrisi yang bergizi agar kestabilan hormon bisa didapatkan lagi. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi telur ayam kampung. Bagian yang dikonsumsi adalah kuning telur. Kuning telur ayam kampung akan bisa meningkatkan energi dan mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala.

6. Panas dalam karena salah makan

Panas dalam jenis ini biasanya terjadi karena kesalahan makan. Bisa karena terlalu banyak makan makanan yang bersifat panas seperti gorengan, makanan santan, dan makanan yang penuh lemak. Salah makan akan mengakibatkan perut tidak enak dan tenggorokan panas.

Cara mengatasi panas dalam karen salah makan adalah dengan menghentikan pola makan tidak sehat dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sifatnya lebih dingin. Atau bisa juga dengan membuat ramuan dari jahe, rambut jagung, dan gula batu. Siapkan satu genggam rambut jagung. Rebus rambut jagung dengan tiga gelas air. Biarkan air menguap hingga tinggal satu gelas. Bisa juga ditambahkan jahe dan gula batu. Konsumsi satu kali sehari hingga gejala panas dalam mereda.

Baca juga:

7. Panas dalam karena dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan air juga bisa menyebabkan panas dalam. Gejala nya adalah mulut atau bibir pecah-pecah. Kadang tenggorokan bisa terasa panas dan kering. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan dan ion.

Cara mengatasi panas dalam karena dehidrasi adalah dengan mengonsumsi banyak air dan banyak cairan yang mengandung ion. Salah satunya adalah air kelapa muda. Konsumsi air kelapa muda yang cukup karena air kelapa muda mengandung elektrolit yang baik untuk menambah cairan tubuh.

8. Panas dalam karena konsumsi obat yang bersifat panas

Selain makanan, obat-obatan juga ada yang bersifat panas. Konsumsi obat yang bersifat panas bisa menyebabkan panas dalam. Hal ini dikarenakan obat bekerja dengan menyerap air di dalam tubuh. Atau bisa jadi karena obat memiliki efek samping yang menyebabkan gejala panas dalam. Cara mengatasi panaa dalam karena jenis ini adalah dengan menghentikan konsumsi obat tersebut.

Sponsors Link

9. Panas dalam karena stress

Siapa yang sangka jika panas dalam juga bisa terjadi karena stress. Seringkali memang penderita tidak menyadari akan faktor stress yang bisa mengakibatkan panas dalam dan gejala lainnya. Cara mengatasi macam panas dalam ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghentikan penyebab stress tersebut.

10. Panas dalam karena bakteri atau virus

Keberadaa virus atau bakteri jahat di dalam tubuh juga bisa menyebabkan gangguan panas dalam, terutama pada area bibir, mulut, dan tenggorokan. Virus dan bakteri akan menyebabkan sariawan dan rasa panas pada tenggorokan.

Cara mengatasinya adalah dengan berkumur dengan air garam. Air garam bersifat antibakteri dan antiseptik. Garam akan mrmbantu mengangkat bakteri dan virus di area mulut dan tenggorokan. Hal ini akan menyebabkan hilangnya penyebab gejala panas dalam tersebut.

Demikianlah macam macam panas dalam, ciri, dan cara mengatasinya yang bisa diketahui. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa untuk selalu menjaga daya tahan tubuh.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan