Sponsors Link

10 Obat Panas Dalam untuk Anak Paling Ampuh

Sponsors Link

Panas dalam merupakan sebuah kondisi yang tidak nyaman pada tubuh dan bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Anak-anak yang terserang panas dalam bisa terjadi jika mereka terlalu banyak jajan sembarangan, seperti terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat di luar rumah. Anak yang panas dalam juga bisa disebabkan karena kelelahan akibat terlalu banyak melakukan aktivitas. Panas dalam pada anak sering ditandai dengan sariawan, bibir pecah-pecah, keluhan rasa sakit di tenggorokan saat menelan makanan, gejala masuk angin, atau gangguan pencernaan.

ads

Obat panas dalam untuk anak yang paling aman dan bisa diandalkan adalah dengan melakukan pengobatan secara alami. Hal ini bisa dilakukan mengingat anak masih memiliki daya tahan tubuh yang cenderung lemah, sehingga pengobatan dengan bahan-bahan kimia bisa berakibat buruk atau menimbulkan efek samping lainnya. Oleh karena itu jika anak terkena panas dalam, gunakan beberapa obat alami berikut ini.

Baca juga :

1. Hidrasi tubuh dengan air putih

Minum air putih mungkin kelihatan sepele. Namun anak yang panas dalam harus diberikan air putih yang banyak. Usahakan anak tetap meminum air putih yang cukup setiap hari, yaitu minimal 8 gelas per hari. Hal ini akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Karena kebanyakan kasus panas dalam adalah terjadi jika seseorang dehidrasi. Dehidrasi itu biasanya tidak terasa dan penderita bisa saja tidak merasa haus, padahal tubuhnya sedang kekurangan cairan. Untuk itu, pengobatan panas dalam pada anak yang bisa dilakukan dengan sederhana adalah dengan menjaga hidrasi tubuh dengan air putih.

2. Rambut jagung muda

Mungkin cara ini sudah cukup populer, namun mungkin juga masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Rambut jagung muda yang biasanya berwarna merah gelap ini bisa membantu mempercepat penyembuhan panas dalam. Cara ini juga aman untuk diberikan kepada si kecil, karena dari bahan yang alami.

Cara yang bisa dilakukan dengan rambut jangung muda ini adalah ambil segenggam rambut jagung muda dan rebus dengan air secukupnya. Ketika sudah mendidih, tambahkan jahe dan gula batu secukupnya untuk memberi rasa sedap. Jika sudah mendidih dan diaduk, angkat dan saring air rebusannya. Biarkan anak meminum air rebusan itu selagi hangat dalam dosis satu kali dalam sehari. Lakukan cara yang sama hingga panas dalam anak sembuh.

3. Cincau hijau

Cincau merupakan jenis minuman segar yang cocok untuk mendinginkan badan. Cincau memang nikmat dinikmati ketika suhu lingkungan sedang panas. Ternyata memang ada kandungan khusus dalam cincau yang bisa membantu menghilangkan panas, termasuk panas dalam pada tubuh.

Untuk menggunakan cincau sebagai obat panas dalam untuk anak, gunakan daun cincau (50 lembar). Remas-remas atau sobek-sobek daun cincau tersebut lalu masukkan ke dalam air. Aduk hingga air berubah warna menjadi hijau. Jika warna sudah berubah, biasanya air juga akan berubah menjadi kental. Saring air tersebut hingga terbantuk cincau yang teksturnya seperti jeli atau agar-agar. Jangan tambah apapun (es, gula, susu, dan sebagainya). Suruh anak mengonsumsi cincau tersebut secara tawar.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Air kelapa muda (kelapa hijau)

Jika dibandingkan dengan kelapa biasa, kelapa hijau memang lebih baik untuk digunakan sebagai pengobatan. Kelapa hijau memiliki rasa yang nikmat dan airnya bisa dikonsumsi sehari-hari. Ternyata selain bisa menjadi pertolongan pertama bagi pasien yang sedang keracunan, air kelapa hijau bisa juga digunakan sebagai pengobatan panas dalam. Air kelapa hijau murni tentu juga aman untuk anak, karena mengandung banyak zat gizi yang berguna untuk tumbuh kembang anak.

Cara pengobatan panas dalam anak dengan air kelapa muda ini adalah dengan mengambil air kelapa hijau dan mencampurkannya dengan 3 sendok makan madu murni. Jangan tambahkan es atau gula, karena hal itu justru akan memperparah panas dalam. Jika suka, bisa juga dengan menambahkan air perasan jeruk nipis sebagai penambah rasa. Biarkan anak mengonsumsi ramuan alami dan enak ini sebanyak 1 kali dalam sehari. Lakukan secara rutin setiap hari sampai panas dalam anak sembuh.

ads

5. Kencur

Bumbu dapur yang satu ini memang sering juga digunakan sebagai pengobatan tradisional, seperti jamu, atau obat herbal lainnya. Kencur juga sering dijadikan obat batuk tradisional. Ternyata kencur juga ampuh untuk mengobati panas dalam dan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Cara menggunakan kencur sebagai obat panas dalam untuk anak adalah dengan menyiapkan 1 ruas kencur. Cuci kencur tersebut, lalu parut atau haluskan hingga lembut. Masukkan kencur ke dalam segelas air hangat. Bisa juga dengan menambahkan madu beberapa sendok makan untuk menambah rasa. Ramuan tradisional ini bisa dikonsumsi oleh anak selama 2 kali dalam sehari. Lakukan setiap hari hingga kondisi anak pulih.

6. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki rasa enak dan bisa dikonsumsi oleh anak secara aman. Banyak juga anak yang suka akan kacang hijau ini. Ternyata kacang hijau bisa dijadikan obat alternatif penyembuh panas dalam yang cukup ampuh. Jika anak memang suka kacang hijau, buat saja bubur kacang hijau hangat setiap pagi untuk dikonsumsi anak. Atau bisa juga dengan membuat bubur kacang hijau yang ditambahkan dengan jahe agar tenggorokan lebih terasa hangat.

Baca juga :

7. Lemon dan madu

Lemon dan madu adalah perpaduan dua bahan alami yang sama-sama mengandung vitamin C dan sama-sama memiliki kemampuan untuk mengusir bakteri secara alami. Lemon dan madu bisa membantu mengusir bakteri penyebab panas dalam di dalam tubuh.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyeduh 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air hangat, lalu tambahkan air perasan lemon ke dalamnya. Biarkan anak meminum ramuan alami ini secara rutin. Namun cara ini kurang disarankan bagi anak dengan gangguan lambung, karena asam sitrat pada lemon bisa menyebabkan asam lambung meningkat.

8. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya nutrisi. Pisang tidak hanya mengandung potassium saja, malinkan juga kalsium vitamin C, zat besi, kalium, dan sebagainya. Pisang ini ampuh untuk mengatasi panas dalam untuk anak dengan gangguan lambung. Karena panas dalam bisa juga terjadi pada anak yang risiko asam lambungnya tinggi. Maka, jika anak mengalami panas dalam dengan gejala perut begah dan ada rasa perih di perut sebelah kiri, biarkan anak makan pisang secara teratur. Pisang juga bisa menambah daya tahan anak agar tidak mudah terserang bakteri dan virus.

9. Larutan garam

Larutan garam ini cocok untuk mengobati panas dalam dengan gejala sariawan dan tenggorokan sakit. Sariawan dan sakit tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi bakteri yang berasal dari sisa-sisa makanan di dalam mulut yang tidak bersih. Biasanya hal ini sering terjadi pada anak yang susah gosok gigi.

Untuk mengatasi hal ini, buatkan larutan garam untuk anak. Biarkan anak berkumur-kumur dengan larutan garam tersebut setelah sikat gigi. Usahakan anak juga berkumur di pangkal tenggorokan dengan kepala mendongak. Setelah dirasa cukup, suruh anak memuntahkan larutan garam tersebut. Dengan demikian, bakteri di dalam mulut dan tenggorokan bisa terangkat. Lakukan cara ini secara rutin hingga anak sudah sembuh seperti sedia kala.

Sponsors Link

Baca juga :

10. Cuka sari apel

Sama dengan laurtan garam, cuka sari apel juga memiliki kemampuan untuk membersihkan mulut karena apel memiliki sifat anti bakteri yang bisa diandalkan. Cuka sari apel juga tidak sulit untuk didapatkan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melarutkan cuka sari apel dengan air biasa, lalu menyuruh anak menggunakannya sebagai obat kumur setelah sikat gigi. Hal ini akan membunuh bakteri penyebab panas dalam di dalam mulut dan tenggorokan. Cara ini juga aman untuk anak dengan gangguan lambung, karena cuka sari apel tidak ditelan, melainkan hanya digunakan sebagai obat kumur saja.

Demikianlah beberapa obat panas dalam untuk anak yang bisa diberikan secara aman sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terus pantau perkembangan kesehatan pada anak dan tanggaplah jika anak mengeluhkan sakit. Dengan demikian, risiko kesehatan yang lebih berbahaya bisa dihindari. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan