Sponsors Link

30 Cara Mengobati Demam pada Anak, Bayi dan Demam Tinggi

Sponsors Link

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami demam. Demam memang merupakan sebuah gejala pada tubuh yang diakibatkan karena banyak hal. Demam dapat menjadi indikator awal bahwa tubuh sedang terserang sebuah infeksi, radang, atau gejala awal sebuah penyakit. Demam merupakan keadaan di mana suhu tubuh melebihi batas biasanya. Untuk itu, tentu perlu dilakukan penanganan untuk menurunkan demam.

ads

Demam pada anak dan bayi tentu berbeda cara penanganannya dengan demam tinggi atau demam yang menyerang orang dewasa. Untuk anak dan bayi, cara penanganannya haruslah tepat, agar tidak ada efek samping yang membahayakan. Berikut beberapa penjelasannya.

Baca juga :

Mengobati Demam Anak

Cara Mengobati Demam pada anak, Jika anak terserang demam maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Memberi obat paracetamol / asetamino : Anak bisa diberikan paracetamol atau obat asetamino sebagai obat penurun panas yang aman. Biasanya dokter anak juga merekomendasikan jenis obat ini pada anak-anak yang demam.
  2. Memberi obat ibuprofen : Selain paracetamol, dokter juga biasanya memberikan resep obat penurun panas pada anak berupa ibuprofen. Obat ini cocok untuk demam anak yang disebabkan karena peradangan di dalam tubuh.
  3. Memberi obat naproxen : Naproxen dapat dikonsumsi oleh anak yang sedang demam yang disebabkan oleh peradangan pada sendi dan tulang. Namun pemberian obat ini hanya bisa dilakukan dengan resep dokter.
  4. Memberi obat aspirin : Aspirin merupakan obat pereda nyeri dan pereda panas pada anak yang fungsinya mirip dengan ibuprofen. Namun, obat ini tidak disarankan untuk anak yang demam karena infeksi virus karena bisa menyebabkan gangguan pada hati dan otak.
  5. Memberi teh herbal : Jenis teh herbal yang bisa dikonsumsi adlaah elderflower yang berfungsi agar anak bisa mengeluarkan keringat lebih cepat. Selain itu ada juga teh peppermint yang bisa diminum sebagai obat penurun panas alami.
  6. Memberi teh jahe : Teh jahe akan membuat anak lebih mudah mengeluarkan keringat saat demam, sehingga suhu tubuh bisa segera turun.
  7. Menambah asupan vitamin C : Vitamin C tidak hanya bertugas untuk menambah sistem imun, melainkan juga sebagai zat anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan demam yang terjadi karena infeksi.
  8. Memberi bawang putih : Bawang putih mentah bisa dikonsumsi secara langsung untuk membantu menurunkan panas demam pada anak.
  9. Menggosok tubuh anak dengan air hangat : Air hangat dengan suhu sekitar 30 hingga 32 deajad celcius yang digosok-gosokkan pada tubuh anak akan membantu menurunkan panasnya. Jangan gunakan alkohol atau air dingin karena bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah.
  10. Memandikan anak : Selain menggosok tubuh anak dengan air hangat, mandi dengan air hangat juga akan baik karena bisa menyebabkan anak lebih segar dan peredaran darahnya lancar. Namun setelah mandi, segera keringkan tubuh anak agar anak tidak mengigil karenanya.

Baca juga :

Sponsors Link

Mengobati Demam pada Bayi

Cara Mengobati Demam pada bayi, Jika bayi terserang demam maka beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya antara lain sebagai berikut.

  1. Membawa bayi ke dokter : Karena bayi memiliki daya tahan tubuh yang berbeda dengan anak dan orang dewasa, maka jika terjadi demam pada bayi, langkah yang paling tepat untuk mengobatinya adalah dengan membawanya ke dokter.
  2. Mengontrol suhu tubuh bayi : Orang tua juga wajib selalu mengontrol suhu tubuh bayi secara teratur. Tujuannya untuk mengetahui pola demam sehingga bisa ditangani dengan tepat sesuai pola yang ada.
  3. Tidak memakaikan selimut pada bayi : Menambahkan selimut pada bayi yang sedang demam justru berbahaya, karena jika suhu di sekitar bayi meningkat, suhu tubuh bayi juga akan terus meningkat, dan hal ini bisa mengakibatkan kejang.
  4. Rutin mengganti pakaian bayi : Bayi yang demam biasanya terus mengeluarkan cairan berupa keringat. Oleh sebab itu, ganti selalu pakaian bayi yang basah oleh keringat agar bayi selalu merasa nyaman.
  5. Mengompres bayi dengan air hangat : Ibu juga bisa memberikan pertolongan pertama dengan mengompres bayi dengan air hangat. Hal ini biasanya efektif untuk menurunkan suhu tubuh bayi yang demam.
  6. Memberi makanan lembut : Untuk bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan dan sudah bisa mengonsumsi makanan, ada baiknya memberinya makanan lembut agar bayi tetap memiliki stamina dan sistem imunnya meningkat.
    ads
  7. Menidurkan bayi agar istirahat teratur : Bayi yang demam juga biasanya membutuhkan istirahat yang teratur. Hal ini dikarenakan bayi akan mengalami dehidrasi dan kelelahan akut selama demam terjadi.
  8. Meletakkan bayi di ruang yang nyaman : Ruangan yang nyaman untuk bayi juga bisa mempengaruhi demamnya agar segera sembuh. Letakkan bayi di ruang yang sirkulasi udaranya baik dan suhunya tepat.
  9. Melakukan terapi dekapan bunda : Terapi dekapan bunda adalah terapi yang bisa dilakukan dengan memeluk bayi. Sentuhan kulit bayi ke kulit ibunya bisa menjadi terapi yang baik untuk kembali menyehatkan bayi.
  10. Menjaga hidrasi tubuh bayi : Untuk bayi yang masih berusia dini dan hanya bisa mengonsumsi ASI atau susu, maka ibu harus terus memberinya ASI atau susu. Untuk bayi yang sudah bisa minum air putih, maka berikan air putih kepadanya agar tubuhnya tetap terhidrasi.

Baca juga :

Mengobati Demam Tinggi

Berikut ini ada beberapa cara mengobati demam tinggi yang terjadi pada manusia.

1. Kunyit

Kuyit ampuh juga untuk mengatasi demam tinggi. Siapkan saja 10 gram kunyit lalu parut hingga lembut. Tambahkan kunyit pada setengah gelas air panas. Peras ramuan dan sisakan airnya saha. Tambah dengan setengah buah jeruk nipis dan 2 sendok makan madu. Minum dalam 3 kali sehari.

2. Sambiloto

Tanaman ini memang merupakan tanaman obat yang bisa menurunkan demam tinggi. Efektifitas sambiloto ini mirip dengan paracetamol. Untuk menggunakannya, siapkan 10 gram daun sambiloto dan kunyit kering 2 ruas jari. Rebus kedua bahan pada air 1 gelas dan biarkan mendidih hingga air tinggal setengahnya. Saring airnya dan tambahkan madu untuk dikonsumsi selama 3 kali dalam sehari.

3. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang sudah sejak lama digunakan dalam dunia pengobatan tradisional. Temulawak ini dapat digunakan dengan cara mencucinya sebanyak 10 gram. Lalu parut temu lawak dan masukkan ke dalam setengah gelas air panas. Setelah dingin, air tersebut bisa disaring dan ditambahkan dengan madu 2 sendok makan. Minum ramuan ini selama tiga kali dalam sehari.

4. Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa membantu menurunkan demam tinggi. Hal ini dikarenakan ada banyak nutrisi yang ada di dalamnya. Caranya adalah dengan mengupas 5 siung bawang merah, lalu menghaluskannya sekedarnya dengan tambahan minyak kelapa. Ramuan ini bisa dibalurkan ke ubun-ubun dan seluruh bagian tubuh. Dengan demikian, demam tinggi akan segera menurun.

5. Air kelapa muda

Demam tinggi biasanya menyebabkan penderitanya dehidrasi. Hal ini jugalah yang menyebabkan bibir pecah-pecah dan pucat. Untuk itu, mengonsumsi air kelapa muda akan membantu menyembuhkan demam tinggi dan sangat ampuh. Hal ini juga dikarenakan air kelapa muda memiliki kandungan mineral yang baik serta lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga :

6. Putih telur

Putih telur bisa digunakan sebagai bahan yang baik untuk menurunkan demam tinggi. Caranya adalah dengan merendam handuk atau kain dengan putih telur. Balurkan putih telur tersebut ke sepanjang kaki, lalu tutupi handuk atau kain tersebut dengan kaus kako. Jika kaki sudah terasa kaku dan kering, ganti handuk. Atau bisa juga dengan merendam secara langsung kaki di wadah yang berisi putih telur.

Sponsors Link

7. Bawang putih dan minyak zaitun

Bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan demam tinggi. Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih sekedarnya dan mencampurnya dengan minyak zaitun. Ramuan ini bisa dioleskan pada bagian tubuh atau pada kaki saat malam hari hingga esok harinya.

8. Terapi spons

Terapi ini bertujuan untuk menurunkan demam tinggi secara alami. Caranya adalah dengan merendam spons basah ke dalam air dingin dan meletakkannya di atas tubuh yang panas. Biasanya bisa diletakkan di kaki. Ulangi beberapa kali hingga suhu menurun dengan sedirinya.

9. Minum obat penurun demam

Beberapa demam tinggi yang muncul biasanya juga bisa diturunkan dengan obat penurun demam. Apalagi untuk kasus yang sudah ditangani oleh dokter. Maka, minum obat yang direkomendasikan oleh dokter untuk menurunkan panas tersebut.

10. Menurunkan suhu ruangan

Suhu ruangan yang lebih rendah dari suhu tubuh akan efektif membuat demam tinggi berangsur-angsur membaik.

Demikianlah beberapa cara mengobati demam yang bisa dilakukan untuk bayi, untuk anak, maupun untuk kasus demam tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dipraktikkan di rumah dengan mudah. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan