Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Prematur yang Benar

Sponsors Link

Prematur adalah kondisi dimana waktu kelahiran bayi lebih cepat dari waktu normal. Kelahiran prematur ini merupakan salah satu kelahiran yang bisa dikatakan umum dan sering terjadi. jika kita membahas mengenai penyebab dari kelahiran bayi prematur maka kita bisa mendapatkan berbagai macam alasan. Bisa juga karena adanya faktor kesehatan yang mempengaruhi sehingga bayi lebih cepat lahir dari waktu normal.

ads

Namun, dalam beberapa kasus terkadang bayi terpaksa harus dilahirkan lebih cepat untuk kesehatan bayi dan ibu. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan metode operasi. Bayi yang lahir secara prematur akan sangat berbeda dengan bayi yang lahir secara normal. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor yang berhubungan pada tumbuh kembang dari bayi tersebut.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Prematur

Bayi prematur memiliki kemungkinan yang lebih banyak untuk terserang penyakit. Banyak jenis penyakit yang bisa muncul, salah satunya adalah demam. Demam pada anak prematur bisa dikategorikan berbahaya jika tidak diatasi dengan tepat dan baik. Cara mengatasi demam pada bayi prematur haruslah dilakukan dengan tepat. Jika penanganan demam tersebut tidak dilakukan dengan tepat maka akan dapat membahayakan kesehatan bayi tersebut. Penanganan demam pada bayi prematur sendiri sangat berbeda dengan cara mengatasi demam pada bayi 1 bulan misalnya. Struktur badan bayi prematur sangatlah berbeda dengan bayi normal. Perbedaan ini yang harus diperhatikan oleh orang tua saat memberikan penanganan pada bayi prematur yang terkena demam.

Penanganan penyakit pada bayi prematur memang sangat berbeda dengan penanganan pada bayi yang normal. Gejala demam yang muncul mungkin tak terlalu berbeda namun akan memiliki efek yang sangat berbeda dengan bayi normal. Untuk mengatasi demam pada bayi prematur sebaiknya jangan langsung menggunakan obat-obatan kimia. Hal ini untuk menghindari efek samping antibiotik demam pada tumbuh kembang bayi. Sebaiknya sebagai tindakan awal penanganan kita bisa menggunakan beberapa metode seperti berikut

  1. Jaga suhu ruangan agar bayi tetap dalam kondisi hangat, suhu ruangan yang tepat sekitar (24-27 celcius)
  2. Berikan asupan ASI, jangan memberikan susu formula terlebih dahulu
  3. Jaga kebersihan lingkungan sekitar
  4. Gunakan pakaian yang telah di hangatkan terlebih dahulu
  5. Berikan waktu istirahat yang cukup pada bayi prematur.
  6. Gunakan obat-obatan kimia yang memang diberikan oleh dokter beserta cara pemberiannya.

Pada beberapa kasus cara mengatasi demam pada bayi prematur dapat melakukan metode KMC atau Kangaroo Mother Care. Metode tersebut adalah dengan cara menggendong bayi dengan melakukan kontak langsung antara ibu dengan anak. pada metode ini bayi akan digendong pada dada ibu. Pada saat menggendong ibu dapat mengunakan pakaian yang longgar agar bayi memiliki ruang gerak di dalam baju ibu. Metode yang satu ini cukup efektif untuk menurunkan demam pada bayi prematur. Karena dengan metode ini panas pada bayi akan dapat distabilkan oleh badan Ibu. Selain itu metode ini juga lebih memudahkan ibu saat menyusui bayi tersebut.

Penggunaan metode KMC sebagai cara mengatasi demam pada bayi prematur memang cukup menjadi favorit. Selain itu banyak praktisi kedokteran anak yang memang akan sering menganjurkan metode ini. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan baik-baik untuk melakukan metode ini seperti :

Sponsors Link

  1. Letakkan bayi dengan posisi tegak diantara payudara ibu, kontak kulit dada ke dada.
  2. Kepala bayi menghadap ke samping dengan posisi sedikit menengadah supaya jalan nafas terbuka dan ada kontak mata dengan ibu.
  3. Panggul bayi dalam posisi seperti katak.
  4. Ikat dengan kain di bawah telinga bayi. Ikatan yang kencang di bagian punggung sedangkan bagian perut dilonggarkan supaya bayi dapat bernafas lega.

Penyebab Demam Pada Bayi Prematur

Ada banyak macam-macam demam yang bisa muncul pada bayi prematur. Namun, secara garis besar demam ini disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan organ bayi yang masih belum sempurna. Biasanya hal ini disebabkan oleh :

Sponsors Link

  • Imaturitas sistem saraf pusat
  • Imaturitas metabolisme bilirubin
  • Imaturitas Paru-paru
  • Imaturitas saluran cerna
  • gangguan imunologi atau daya tahan tubuh,

Jika kita telah melakukan perawatan namun, masih belum ada tanda-tanda penurunan suhu demam. Maka sebaiknya kita segera menghubungi dokter anak, guna melakukan tindakan pemeriksaan yang lebih lengkap.

Itu tadi beberapa cara mengatasi demam pada bayi prematur yang bisa kita lalukan. Demam pada bayi prematur memang cukup berbeda dengan demam pada bayi-bayi yang lain. Sehingga metode penanganannya pun juga akan berbeda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan