Sponsors Link

Cara Mengatasi Demam Pada Ibu Menyusui Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Menyusui adalah satu kewajiban bagi seorang ibu yang telah memiliki anak. Dari air susu yang di konsumsi oleh sia anak dari ibu, maka anak akan mendapatkan banyak sekali nutrisi yang sangat baik baik tumbuh kembang diri anak itu sendiri. Hal ini dikarenakan setiap asupan gizi yang masuk kedalam tubuh dari seorang ibu, akan dapat di berikan kepada anak melalui air susu. Maka, tak mengherankan jika terkadang ada beberapa penyakit yang kadang bisa menular pada anak melalui air susu ibu.

ads

Pada beberapa kasus gejala demam pada anak dapat terjadi dikarenakan ibu yang sedang menyusui juga sedang menderita gejala demam. Maka dari itu beberapa dokter akan menyarankan agar ibu yang sedang menyusui untuk menjaga kesehatan dan asupan makanan. Jika memang kondisi dari ibu sedang tidak memungkinkan untuk menyusui, sebaiknya si ibu tidak menyusui anaknya terlebih dahulu.

Ada banyak cara mengatasi demam pada ibu menyusui yang bisa kita gunakan. Bisa saja kita menggunakan obat demam tradisional dan obat-obatan demam modern. Dalam penggunaan obat-obatan tersebut biasanya akan diperhatikan betul dosis yang dikonsumsi oleh si Ibu yang menyusui. Jangan sampai kandungan obat-obatan tersebut terlalu tinggi sehingga memiliki efek samping yang nantinya dapat menyebabkan gangguan pada si anak itu sendiri. Kali ini kita akan membahas beberapa hal yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengatasi ibu menyusui demam tinggi. Beberapa hal yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut

Penyebab Demam Tinggi Pada Ibu menyusui

Setiap demam pasti ada penyebabnya atau yang biasa disebut sebagai sumber penyakit itu sendiri. Sebagaimana kita tahu bahwa setiap sumber penyakit bisa saja muncul berasal dari dalam tubuh kita sendiri maupun berasal dari luar tubuh kita sendiri. Mengidentifikasi penyebab dari sumber penyakit merupakan hal yang sangat penting. Hal ini berhubungan dengan metode pengobatan yang akan digunakan dan jenis obat apa yang sebaiknya di konsumsi oleh Ibu yang sedang menyusui. Penyebab dari demam tinggi ini sendiri memiliki berbagai macam penyebab yang bisa timbul. Beberapa penyebab dari demam tinggi pada ibu menyusui adalah

  1. Infeksi

Infeksi merupakan salah satu penyebab yang bisa saja muncul pada setiap orang. Hal ini juga bisa menjadi salah satu pemicu dari demam yang muncul pada Ibu yang sedang menyusui. Infeksi ini sendiri merupakan salah satu penyebab suhu badan panas pada malam hari. Jika gejala ini muncul sebaiknya Ibu mendapatkan istirahat sejenak, untuk dapat memulihkan kondisi badan.

  1. Serangan Virus

Penyebab ini adalah salah satu penyebab yang berasal dari luar tubuh kita. Serangan virus sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan akibatnya. Serangan virus seperti flu ini bisa menjadi penyebab panas dingin pada ibu menyusui. Sebaiknya segera mengkonsumsi obat-obatan yang memang dirasa perlu.

  1. Melemahnya Sistem Imun

Sistem imun yang melemah ini bisa disebabkan oleh serangan virus maupun bakteri, atau bisa juga disebabkan oleh keduanya. Pelemahan sistem imun ini sendiri juga sangat berbahaya karena si ibu akan lebih rentan untuk terjangkiti beragam jenis penyakit nantinya.

Sponsors Link

Pengobatan Demam Tinggi Pada Ibu Menyusui

Dalam penggunaan metode pengobatan, memiliki berbagai jenis metode yang bisa dilakukan. Metode umum pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati ibu yang sedang mengalami demam dapat dibedakan menjadi dua golongan besar. Kedua metode pengobatan ini sendiri memiliki beragam efek dan hasil yang bisa dirasakan oleh si Ibu itu sendiri. Metode pengobatan tersebut adalah :

ads

  1. Metode Tradisional

Metode yang satu ini menggunakan beberapa obat panas tradisional dewasa yang bisa kita gunakan. Sebagaimana namanya, maka metode pengobatan ini sendiri juga sangat tergantung pada beberapa obat-obatan tradisional yang biasa digunakan seperti

  • Air putih

Metode yang satu ini merupakan salah satu metode yang umum dilakukan. Bagi ibu yang sedang mengalami demam sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih.

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu obat yang memang sudah terkenal keampuhannya. Jahe sendiri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan sangat bermanfaat.

  • Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini juga sangat membantu bagi mereka yang sedang dalam  kondisi demam cukup tinggi

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu dari sekian banyak sayuran atau bumbu dapur yang memiliki kandungan antibakteri dan antivirus.  Kita bisa mengkonsumsi bawang putih dengan ditambah madu.

  • Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu sayuran yang memiliki nutrisi yang cukup banyak dan kompleks. Hal ini sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh si Ibu itu sendiri.

  • Madu

Khasiat dari madu memang sudah sangat terkenal di berbagai bidang pengobatan. Kita bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau pun bisa juga dengan menambahkan beberapa bahan lain.

  • Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis ini bisa kita konsumsi dengan menambah air panas, atau kita bisa juga menambahnya dengan madu.

  • Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memang sekarang agak susah dicari, namun siapa sangka buah yang satu ini memiliki khasiat yang cukup besar untuk dapat mengobati panas dan batuk pilek.  Kita dapat mengkonsumsinya dengan menambahkan biji adas dan gula.

  • Air seledri
  • Berendam air panas
  • Peningkatan asupan nutrisi
  • Asupan vitamin C
  • Meminum beberapa jenis teh
  • Penggunaan putih telur
  • Kompres air dingin
  • Air kepala muda

Air kepala muda muda ini sendiri memiliki kemampuan untuk membersihkan kandungan racun yang ada di dalam tubuh kita. Kita bisa saja langsung mengkonsumsi air ini.

Sponsors Link

  1. Metode Pengobatan Modern

Metode yang satu ini menggunakan metode yang lebih modern untuk dapat mengatasi demam pada ibu yang sedang menyusui. Dalam metode pengobatannya biasanya menggunakan beberapa jenis obat-obatan yang memiliki kandungan kimia tertentu. Ada beberapa merk obat demam pada ibu menyusui yang jamak di konsumsi, seperti

  • Paracetamol
  • Dikofenak
  • Ibuprofen
  • Asam mefenamat
  • Ketoprofen

Sebaiknya dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut tetap dalam batas tertentu dan akan lebih baik untuk dapat berkonsultasi dengan dokter anak. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari efek samping antibiotik demam yang mungkin bisa saja memiliki efek yang cukup bahaya.

Itu tadi beberapa cara  mengatasi demam pada Ibu Menyusui yang bisa kita gunakan. Pada dasarnya tidak ada larangan untuk menyusui anak pada saat demam tinggi, karena air susu itu sendiri telah mengandung antibodi yang akan melindungi anak dari serangan penyakit. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan