Sponsors Link

Cara Mengatasi Hipotermia pada Bayi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Hipotermia merupakan sebuah gangguan suhu, dimana tubuh bisa menjadi sangat dingin di bawah suhu normal manusia. Hipotermia adalah kebalikan dari Hipertermia. Namun keduanya sama-sama berbahaya dan bahkan bisa mengancam nyawa. Hipotermia biasa terjadi pada orang-orang yang berada di lingkungan dingin seperti gunung atau musim salju. Namun rupanya, bayi pun bisa terserang hipotermia.

ads

Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti:

  • Suhu ruangan yang terlalu dingin
  • Demam Karena Perubahan Cuaca pada musim dingin
  • Risiko persalinan dalam air
  • Proses persalinan yang tidak berjalan dengan normal
  • Penyakit kuning pada bayi
  • Kelahiran prematur
  • Dan lain-lain

Tentu cara mengatasi hipotermia pada bayi harus segera dilakukan karena bayi yang baru lahir belum memiliki mekanisme pertahanan diri yang sempurna. Berikut bebeapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Memindahkan bayi ke inkubator

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Hipotermia pada bayi adalah dengan memindahkannya ke dalam inkubator. Penanganan ini adalah salah satu penanganan sederhana dan praktis yang bertujuan untuk membuat bayi merasa lebih hangat dan juga nyaman. Di dalam inkubator memang ada beberapa mekanisme yang bisa membantu mengatur suhu bayi sehingga hipotermia bisa dicegah dan diatasi dengan baik.

  1. Memberikan pakaian hangat

Cara mengatasi hipotermia pada bayi berikutnya adalah dengan memberikan pakaian hangat pada bayi. Seperti membedong tubuh bayi. Memberikan pakaian hangat akan membuat bayi merasa nyaman. Hal ini juga merupakan salah satu proses untuk mengadaptasi tubuh bayi dengan lingkungan di luar rahim. Namun perhatikan bahan pakaian yang akan dikenakan pada bayi. Hindari bahan yang bisa membuat kulit bayi iritasi.

  1. Memberikan ASI

ASI atau air susu ibu merupakan satu-satunya bahan makanan yang cocok untuk bayi, terutama bayi yang baru lahir. Di dalam ASI ada berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sehingga sistem kekebalan tubuh bayi akan meningkat. Bayi sangat membutuhkan ASI agar tubuhnya bisa menjadi lebih kuat. ASI juga merupakan sumber energi terbaik bagi bayi. Dengan memberikan ASI, itu berarti juga mencegah bayi mengalami hipotermia atau suhu tubuh rendah.

  1. Memberikan oksigen pada bayi

Cara mengatasi hipotermia pada bayi berikutnya adalah dengan memberikan oksigen kepada bayi. Hal ini bisa dilakukan karena bayi yang mengalami hipotermia bisa juga mengalami kekurangan oksigen. Jika hal ini terus berlanjut, maka otak bayi bisa mengalami gangguan. Bukan hanya itu, organ lain pun bisa mengalami gangguan karena kurangnya oksigen. Biasanya hipotermia pada bayi yang sudah cukup parah akan direkomendasikan untuk diberikan oksigen untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

  1. Mengubah suhu thermal ruangan

Selama masa persalinan, biasanya suhu ruangan memang diset agar dingin. Tujuannya adalah untuk menjaga agar ruangan tetap steril. Akan tetapi, jika persalinan terbilang sulit, kondisi udara tersebut nanti akan berpotensi untuk menyebabkan bayi mengalami hipotermia dimana suhu tubuhnya bisa turun di bawah Suhu Normal Tubuh Manusia. Sehingga bisa jadi suhu thermal ruangan akan dibuat menjadi lebih hangat. Selanjutnya saat bayi sudah dilahirkan, bayi akan dipindahkan ke dalam inkubator.

Sponsors Link

  1. Perawatan khusus bayi hipotermia

Bayi yang mengalami hipotermia bisa juga direkomendasikan agar diberikan perawatan khusus oleh tim medis. Cara mengatasi hipotermia pada bayi yang stau ini bisa dilakukan dengan tujuan agar suhu tubuh bayi kembalu normal. Bisa jadi bayi akan dipasangi beberapa alat yang bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik bayi. Misalnya alat pendeteksi detak jantung, tekanan darah, atau oksigen. Selain itu, bisa juga bayi dipasang alat sonde dengan tujuan untuk memberikan cairan ke lambung bayi.

Selain itu, jika dibutuhkan, bayi juga bisa dirawat dengan pemberian infus hangat agar mengembalikan suhu normal bayi. Kondisi bayi akan diperhatikan secara khusus dan bayi akan dirawat dengan mekanisme yang sesuai dengan kebutuhannya. Selama bayi dirawat, biasanya orang tua harus tetap tanggap untuk bayi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipotermia secara medis. Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pencegahan hipotermia pada bayi, antara lain:

  • Menjaga kesehatan kehamilan selama hamil agar tidak terserang berbagai gangguan kesehatan termasuk gangguan persalinan.
  • Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin agar bisa mencegah berbagai masalah kesehatan selama kehamilan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi hipotermia pada bayi yang bisa dilakukan. Ketahui juga beberapa Cara Mengukur Suhu Tubuh yang tepat dan akurat dengan termometer. Semoga informasi di atas dapat memberikan informasi baru yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan