Sponsors Link

7 Cara Meredakan Demam Anak Paling Efektif dan Aman

Sponsors Link

Demam memang menjadi penyakit yang biasa terjadi pada anak anak di seluruh dunia. Demam ini merupakan respon tubuh terhadap gangguan kesehatan yang sedang terjadi dimana sistem imun tubuh sedang berjuang melawan kuman, virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit sehingga terjadi demam.

ads

Namun sebagian orang tua seringkali merasa khawatir dan ingin sesegera mungkin untuk menghilangkan demam pada anak mereka dengan cara memberikan obat penurun demam. Akan tetapi, sebagian orang tua lagi sepertinya sedikit khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari obat obatan dan lebih memilih menggunakan bahan bahan alami untuk mengatasi demam. Sebagai tambahan informasi, anda bisa mencoba beberapa cara meredakan demam anak dengan bahan bahan alami seperti yang kami berikan berikut ini.

  1. Gelatin

Gelatin merupakan obat penurun demam yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, gelatin juga bisa merangsang fagositosis yakni meningkatkan fungsi tubuh dalam membunuh mikroorganisme penyebab dari demam dan menyembuhkan dalam waktu yang terbilang cepat sekaligus aman untuk anak anak.

  1. Kismis

Kismis bisa dikonsumsi untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi dan menurunkan demam yang tentunya disukai anak anak karena rasanya yang nikmat. Dalam kismis tinggi akan fitonutrien fenolik yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan tinggi sekaligus bekerja sebagai tonik tubuh saat demam.

  • Rendam sekitar 25 kismis dalam 1/2 gelas air putih dan diamkan selama 1 jam atau hingga kismis lembut.
  • Haluskan kismis tersebut bersama dengan airnya lalu saring dan minum sebanyak 2 kali sehari hingga demam reda.
  1. Jahe

Jahe bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan panas sekaligus perawatan anak demam panas. Dalam jahe mengandung agen antiviral dan antibakteri alami sekaligus bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai jenis infeksi penyebab demam.

  • Tambahkan 2 sendok makan bubuk jahe dalam air hangat untuk mandi dan gunakan untuk berendam selama 10 menit.
  • Keringkan badan dan tutupi tubuh dengan selimut supaya tubuh berkeringat dan akhirnya demam bisa turun.
  • Cara kedua, buah teh jahe dari 1 1/2 sendok teh jahe parut yang diseduh dengan 1 cangkir air mendidih.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu tambahkan madu dan minum sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.
  1. Pure Apel

Tidak hanya lezat, namun pure apel juga sangat efektif untuk meredakan demam pada anak secara alami sekaligus menghidrasi tubuh. Selain itu, tambahkan juga dengan madu dalam pure sebab ada banyak manfaat madu untuk penurun panas sehingga membantu proses penyembuhan demam.

Sponsors Link

  • Kupas dan iris 3 buah apel lalu masukkan dalam panci dan isi dengan 3 gelas air.
  • Rebus sampai apel setengah lembek lalu angkat dan haluskan menjadi pure lalu tambahkan dengan 2 sendok makan madu.
  • Berikan pure apel ini pada anak secara rutin hingga demam sembuh.
  1. Pisang

Pisang tidak hanya ampuh untuk meredakan demam pada anak namun sekaligus mengatasi berbagai gejala yang ditimbulkan dari demam seperti diare karena kandungan serat larut bernama pektin untuk meningkatkan penyerapan cairan pada usus pencegah diare yang juga bisa digunakan sebagai obat tradisional penurun panas anak usia 4 tahun. Sedangkan kalium yang ada dalam pisang berguna untuk mengganti elektrolit yang hilang selama demam.

  • Berikan 2 hingga 3 buah pisang matang selama demam setiap hari.
  • Cara lain adalah menghaluskan 2 buah pisang lalu campur dengan 1/2 cangkir yogurt dan 1 sendok teh madu.
  • Berikan pada anak sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sampai demam reda.
  1. Cranberry

Dalam buah cranberry mengandung sifat anti parasit sehingga bisa menurunkan demam sekaligus obat tradisional penurun panas dalam waktu cepat dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

  • Haluskan beberapa buah cranberry segar memakai blender lalu tambahkan dengan yogurt.
  • Berikan pada anak anda sebanyak 2 kali sehari hingga demam bisa disembuhkan.
    Sponsors Link

  1. Jeruk

Jeruk juga menjadi jenis buah buahan untuk meredakan demam pada anak karena mengandung vitamin, mineral dan air tinggi untuk meningkatkan imun tubuh anak. Selain itu, kandungan mineral dalam jeruk juga sangat penting dalam membantu tubuh mencegah dehidrasi sekaligus memberi kelegaan dari rasa tidak nyaman yang ditimbulkan karena demam yang juga bisa digunakan untuk cara mengobati demam disertai sakit kepala.

  • Berikan buah jeruk secara rutin pada anak anak setidaknya 1 kali sehari.
  • Agar lebih mudah untuk dikonsumsi, anda bisa mencampur 1 cangkir jus jeruk dengan sedikit jus jeruk nipis yang diberikan sebanyak 3 kali sehari.

Beberapa cara meredakan demam pada anak yang sudah kami berikan sudah terbukti ampuh dan memiliki rasa yang lebih nikmat sehingga bisa dikonsumsi anak saat demam. Lakukan cara cara diatas secara teratur setiap hari hingga demam pada anak bisa reda seluruhnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan