Sponsors Link

15 Cara Mengobati Demam Disertai Sakit Kepala yang Alami

Sponsors Link

Demam umumnya identik dengan demam panas. Sebuah kondisi di mana suhu tubuh meningkat atau lebih tinggi dari normal. Yang paling terjadi adalah demam infeksi, yaitu demam karena disebabkan oleh masuknya zat asing ke dalam tubuh seperti virus. Jarang sekali terjadi demam non infeksi, seperti demam tumbuh gigi, kelelahan, dan sengatan matahari. Pada beberapa penyakit yang disebabkan virus dan bakteri, demam mempunyai gejala tambahan. Di antaranya demam disertai sakit kepala. Penyakit yang biasanya menyertai demam dan sakit kepala, antara lain :

ads

Selanjutnya, sesuai judul artikel maka kali ini akan mengulas sedikit beberapa cara mengobati demam dan sakit kepala.

  1. Air Hangat

Cara mengobati demam dan sakit kepala dengan air ada dua cara. Pertama, air hangat dikonsumsi sebanyak dan sesering mungkin. Dengan demikian pembuluh darah lebih terbuka dan panas keluar. Yang kedua, air hangat digunakan untuk kompres. Jika rasanya menjadi basah, kompres tidak harus ditempel. Cukup dioleskan ke ketiak beberapa saat, lipatan paha, dan lain-lain. Kompres penurun panas berfungsi sama dengan minum air putih dan membuat penderita merasa lebih nyaman.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat dioleskan ke seluruh tubuh penderita. Asam dari cuka dapat menarik panas dari seluruh tubuh melalui kulit. Selain itu, cuka sari apel mengandung berbagai mineral yang dapat menggantikan ion tubuh yang hilang selama sakit.

  1. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih langsung atau olahan dengan makanan lain sangat baik bagi penderita sakit karena bawang putih mempunyai kandungan antibiotik alami.

  1. Kunyit

Kunyit dapat dibuat sari kunyit yang enak dengan ditambahkan madu atau gula aren. Kunyit sangat cocok untuk menurunkan demam dengan berbagai kandungan bahan aktif di dalamnya.

  1. Putih Telur

Agak sulit menggunakan putih telur untuk demam. Ini mengakibatkan jarang digunakan. Namun, sebenarnya putih telur sangat cepat menyerap panas dan menghilangkan sakit kepala. Beberapa putih telur dikocok dan diperlakukan seperti kompres air hangat. Umumnya diletakkan di kaki agak tidak tercium amisnya.

Sponsors Link

  1. Jahe

Penderita demam flu dan demam batuk pilek pada anak sangat segar bila minum sari jahe yang didapat dengan merebus rimpang dan menyaringnya. Sari jahe tersebut melegakan pernapasan dan mengurangi sakit kepala yang mengiringi gejala demam biasa.

  1. Istirahat

Pada beberapa jenis demam biasa yang tidak membahayakan, sakit kepala akan hilang dengan memperbanyak istirahat.

ads

  1. Sup Kaldu Ayam

Konsumsi sup kaldu ayam hangat sangat terkenal di dunia untuk menurunkan panas. Sup ini termasuk golongan makanan penurun demam yang sangat efektif. Selain memberi kehangatan dan menghilangkan sakit kepala, kandungan sup penuh gizi mempercepat penyembuhan.

  1. Menghindari Kafein

Pada beberapa orang dewasa kafein atau kopi dan teh menjadi minuman wajib setiap hari. Namun, ketika sakit, kopi termasuk makanan penyebab demam tinggi yang harus dihindari. Jika ingin tetap minum teh, minumlah the herbal.

  1. Pijat

Pijat, khususnya di area kepala dan di tulang-tulang yang sakit sangat melegakan. Pijatlah seluruh badan dengan bantuan bawang merah yang dicampur minyak kelapa. Dengan demikian, pemijatan berfungsi ganda yaitu menghilangkan sakit kepala dan menurunkan panas.

  1. Kumur Air Garam

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kumur air garam meredakan berbagai penyakit. Karena garam dapat membunuh kuman-kuman penyakit. Demam karena sakit gigi paling cocok kumur air garam karena dengan berkumur, garam menyentuh seluru area gigi.

  1. Kompres Daun Singkong

Daun singkong dapat dikatakan sebagai daun penurun panas yang sangat efektif. Kompres daun singkong menurunkan panas disertai sakit kepala. Hanya dengan menghaluskan daun singkong dan mencampurkan dengan minyak kelapa maka khasiatnya akan dirasakan.

  1. Obat

Obat penurun panas badan seperti jenis paracetamol dan ibuprofen, misalnya merek Sanmol, sangat cepat menurunkan panas dan sakit kepala. Jika penderita memerlukan proses yang cepat menghilangkan gejala sakitnya sementara, minum obat kimia ini lebih disarankan. Atau dapat juga kombinasi obat dengan pemijatan, kompres, dan treatmen lain yang tidak dikonsumsi.

  1. Makanan Bergizi

Dari semua cara mengobati demam dan sakit kepala, makanan bergizi yang utama. Meskipun orang sakit nafsu makannya akan menurun namun tetap harus makan sedikit-sedikit. Efek makanan bergizi mungkin tidak langsung. Namun, makanan bergizi seperti resep makanan untuk anak demam yang direkomendasikan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga demam dan sakit kepala teratasi.

Sponsors Link

  1. Mandi Air Hangat

Tidak seperti umumnya anggapan beberapa orang, mandi air hangat tetap diijinkan bagi penderita sakit biasa. Mandi air hangat akan menyegarkan, menurunkan panas, dan menghilangkan sakit kepala. Karena dengan mandi air hangat memperlancar peredaran darah.

Demikian 15 cara mengobati demam dan sakit kepala. Jangan lupa untuk memperhatikan semua gejala, mencatat dan mengukur suhu secara berkala agar gejala penyakit bisa dikenali. Jika ada gejala bukan penyakit biasa, penderita harus dibawa ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan