Sponsors Link

8 Daun Penurun Panas Pada Bayi Paling Efektif

Sponsors Link

Dalam dunia medis, obat tradisional penurun panas / obat herbal demam panas / cara tradisonal terkadang tidak selalu dapat dibuktikan kandungannya. Namun, orang percaya turun temurun akan khasiat suatu tanaman dengan berbekal pengalaman. Meskipun demikian, tidak salah jika kita memanfaatkan obat herbal atau daun herbal penurun panas sebagai pertolongan pertama ketika demam panas. Selain aman dari bahan kimia, daun-daun ini umumnya mudah didapat di sekitar kita.

ads
  1. Daun Jarak

Daun jarak sangat dikenal di Indonesia sebagai tanaman semak yang mempunyai banyak khasiat. Mungkin itu sebabnya, pada zaman penjajahan Jepang dulu, Bangsa Indonesia diwajibkan oleh penjajah menanam tanaman ini. Seluruh bagian tanaman berkhasiat. Dan untuk obat penurun panas badan, daun jarak bisa menjadi salah satu nama kompres. Daun ini memiliki kandungan phenol atau alkohol alami yang melepaskan panas ketika bertemu dengan panas tubuh dan akan mengakibatkan panas segera turun. Caranya mudah, olesi daun dengan minyak kelapa dan panggang selama beberapa menit di atas api panas. Tempelkan di dahi dan bagian lain untuk kompres ketika daun hangat.

  1. Daun Seledri

Daun seledri umumnya digunakan sebagai penambah rasa pada masakan. Daun ini ternyata mengandung minyak atsiri. Agar berkhasiat sebagai daun penurun panas, maka daun bisa diiris tipis dan direbus sampai air mendidih, diambil sarinya dan diminum.

  1. Daun Cocor Bebek

Cocor bebek merupakan tanaman tunas daun yang sangat dikenal di masyarakat. Tetapi tak banyak yang mengetahuinya sebagai obat penurun panas badan pada gejala demam biasa. Kandungan cairan yang terdapat pada daunnya yang cukup tebal mengandung minyak atsiri penurun panas. Daun cocor bebek dapat ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada dahi atau bagian lain sebagai kompres penurun panas.

  1. Daun Singkong

Singkong sebagai makanan penghasil karbohidrat, daunnya dapat digunakan sebagai sayur. Sebagai obat herbal demam disertai sakit kepala tidak banyak yang tahu. Caranya sama dengan daun jarak, adun singkong dapat diolesi dengan minyak kelapa dan panggang di atas kompor agar lemas, kemudian remas dan tempelkan pada dahi penderita panas. Ulangi atau ganti kompres daun singkong setiap 15 menit sekali agar hasilnya lebih efektif.

  1. Daun Pegagan

Daun pegagan mengandung saponin, triterpenoid, vellarine, dan hydroctyline. Dengan kandungannya tersebut, daun pegagan dapat dijadikan obat herbal anak demam panas dan obat herbal demam untuk dewasa. Selain itu, daun pegagan juga dapat berfungsi untuk memperkuat dan memperbaiki sel tubuh sehingga cocok juga diminum sarinya ketika pemulihan. Cara membuat sari daun pegagan tergolong mudah. Kita hanya merebus segenggam daun pegagan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Tunggulah hingga hangat dan siap diminum. Untuk menambahkan rasa bisa ditambahkan dengan manfaat madu untuk panas dalam satu sendok.

Sponsors Link

  1. Daun Meniran

Daun meniran diketahui mengandung vitamin C, triterpenoid, tannin, alkohol, dan flavonoid. Semua kandungan tersebut adalah antioksidan dan dapat menurunkan panas. Cara menjadikan daun meniran sebagai daun penurun panas sama dengan daun pegagan.

  1. Daun Kemangi

Di Indonesia daun kemangi dikenal sebagai salah satu sayuran yang dikonsumsi tanpa harus dimasak atau lalapan. Daun ini mengandung cineole, eugenol, dan mycrene sebagai antibiotik alami dan anti infalamasi. Ini terutama dikandung dalam cairan atau getah dalam daunnya. Cara membuat daun kemangi sebagai obat turun panas juga mudah. Tinggal merebusnya dan mengambil sarinya. Sama dengan daun pegagan dan daun meniran. Ocok bagi penderita demam infeksi atau demam karena bakteri.

Sponsors Link

  1. Daun Mint

Daun mint sudah dikenal lama juga sebagai penurun panas. Disebut daun mint tentunya karena kandungannya tersebut. Selain sebagai penurun panas, daun ini juga melegakan tenggorokan. Sangat cocok diminum bagi penderita demam naik turun disertai batuk pilek. Daun mint diambil khasiatnya dengan cara memasukkannya pada segelas air hangat dan mendiamkannya selama sekitar 10 menit. Setelah itu, air disaring dan ditambah madu baru siap diminum.

Demikian beberapa daun penurun panas yang ada di sekitar kita. Bisa digunakan pada demam anak 38 derajat, demam anak sampai 40 derajat atau agar tidak terjadi demam berkepanjangan pada anak dan dewasa. Jika demam mempunyai gejala yang harus diwaspadai maka segeralah dibawa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan