Sponsors Link

25 Obat Herbal Demam Untuk Dewasa Paling Efektif

Sponsors Link

Penyakit dapat menyerang siapa saja dan di mana saja. Anak-anak hingga dewasa tidak akan pernah memperkirakan kapan penyakit akan datang. Beberapa penyakit biasanya ditandai dengan gejala demam panas atau demam gigil atau kenaikan suhu tubuh. Demam ini bisa saja gejala penyakit ringan atau penyakit serius seperti demam tifus, demam kuning, demam kapialu, demam dengue, dan sebagainya. Yang pasti demam tidak boleh diremehkan karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dan obat herbal demam untuk dewasa dapat menjadi pengobatan awal demam.

ads
  1. Timun

Timun atau ketimun, berbeda-beda orang menyebutnya. Buah atau sayur ini mempunyai efek dingin sehingga sangat efektif untuk menurunkan demam. Keroklah bagian dalam timun dan balurkan ke seluruh badan selama beberapa kali sehari sampai demam turun.

  1. Delima Merah

Buah ini mempunyai kandungan air dan vitamin C yang cukup tinggi sehingga efektif menurunkan demam panas. Kandungan vitamin c akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga demam akan segera sembuh.

  1. Brokoli

Brokoli, sawi, kembang kol, dan sayuran lain sejenisnya dapat dimasak dengan dikukus untuk mempertahankan zat gizinya. Dengan demikian, konsumsi zat gizi orang yang sakit segera terpenuhi. Selain itu, sayuran jenis di atas mempunyai kandungan anti inflamasi, anti virus, anti bakteri, dan anti oksidan untuk mengatasi penyebab demam.

  1. Telur

Telur yang direbus dapat menurunkan panas karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Protein di dalamnya membantu tubuh dengan cepat mengatasi sel yang rusak sehingga pemulihan penyakit lebih cepat terjadi.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat cocok untuk mencegah dehidrasi pada saat demam dan mengatasi racun yang masuk dalam tubuh. Mineral dan ion yang banyak terkandung dalam buah kelapa dapat membantu menurunkan panas dan mempercepat pemulihan penyakit.

  1. Bawang Merah

Zat atau cairan yang terkandung dalam bawang merah jika diiris dapat menurunkan panas demam. Biasanya digunakan sebagai bahan untuk memijat penderita demam naik turun pada orang dewasa dicampurkan dengan minyak kepala dan minyak atsiri. Dengan cara tersebut, nyeri badan yang terkadang menyertai demam.

  1. Kunyit

Kunyit yang merupakan tanaman asli Indonesia yang sering dijadikan bumbu dapur dapat dibuat minuman sebagai obat herbal demam untuk dewasa. Kunyit mengandung zat anti bakteri, anti virus, dan anti inflamasi.

  1. Seledri

Pernah mengiris seledri? Ada sedikit cairan yang keluar dari dalamnya. Air seledri ini dapat emnurunkan demam dengan cepat dan membantu agar tidur lebih nyaman. Caranya mudah, hanya dengan mengambil sarinya dari rebusan seledri selama 15 menit.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Makanan Pedas

Orang dewasa yang demam bisa mengkonsumsi makanan pedas. Makanan jenis ini dapat membantu mengeluarkan panas tubuh dengan keringat dan menambah selera makan yang hilang karena sakit.

  1. Bandotan

Tanaman ini tidak banyak dikenal di kota. Namun di pedesaan masyarakatnya mengenal sebagai tanaman yang dapat diambil daunnya dan direbus untuk menurunkan panas badan, khususnya orang dewasa.

  1. Temulawak

Tanaman bumbu dapur yang khas Indonesia ini mempunyai khasiat yang mirip dengan kunyit. Hanya saja, rimpang ini mempunyai rasa yang agak pahit. Minuman temulawak biasanya ditambah madu atau gula merah agar mempunyai rasa sedikit manis. 

ads

  1. Melon

Melon juga merupakan buah yang memberi efek dingin dan mengandung banyak cairan. Dengan mengkonsumsi melon bagi orang yang demam atau panas dalam tenggorokan, maka akan segera pulih karena melon memperlancar metabolisme tubuh.

  1. Sambiloto

Obat herbal demam dan sakit kepala untuk dewasa sambiloto sangat dikenal masyarakat. Daunnya yang kering dapat direbus dan diminum airnya. Kandungan sambiloto bermanfaat untuk menurunkan panas, anti inflamasi, dan anti bakteri dan anti virus.

  1. Madu

Manfaat diakui berbagai orang sampai ke mancanegara. Di Indonesia banyak jenis madu yang dihasilkan sesuai jenis bunga tempat lebah menetap. Madu menghasilkan energi dan mengandung anti bakteri, virus, dan menurunkan panas.

  1. Teh

Segala macam jenis teh sebenarnya dapat menurunkan panas dengan merangsang keluarnya keringat dari tubuh yang kemudian membuat panas tubuh ikut keluar. Teh sage, hhe elderflower, dan peppermint membantu menurunkan demam yang disertai demam selesma dan demam flu. Sedangkan teh serai dan teh hijau dapat mengatasi infeksi dan menurunkan demam. Minum teh harus diikuti dengan minum lebih banyak air putih karena mengandung kafein penyebab dehidrasi.

  1. Kuning Telur

Kuning telur mempunyai zat gizi tinggi. Kuning telur ayam kampung yang diaduk bersama dengan beberapa tetes perasan jeruk nipis dan madu akan hilang bau dan rasa amisnya.

  1. Nanas

Nanas juga memberi efek dingin jika dikonsumsi. Nanas ini mempunyai zat anti peradangan yang akan menurunkan demam mendadak pada orang dewasa, Rasanya juga segar sehingga menambah selera makan bagi yang sakit.

  1. Sup

Bahan-bahan yang tercampur dalam sup dirasakan dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan. Pengobatan ini tidak hanya dilakukan masyarakat Indonesia, tetapi dipercaya sebagian besar masyarakat dunia. Akan lebih baik jika sup ditambah dengan telur atau ayam.

  1. Cuka Sari Apel

Biasanya penderita sakit tidak diijinkan untuk mandi. Padahal mandi air hangat atau bahkan berendam dapat mengeluarkan panas tubuh dan produksi keringat lebih banyak. Khasiat turun panas mandi akan dipercepat dengan campuran beberapa tetes cuka sari apel.

  1. Semangka

Sama dengan melon dan timun buah ini banyak mengandung cairan dan memberikan senssai dingin. Kurang lebih 91%. Dengan kandungannya tersebut, semangka dapat mencegah dehidrasi akibat demam berkepanjangan dan menurunkan panas dalam.

  1. Pegagan

Daun pegagan sangat aman untuk dikonsumsi setelah direbus dan diambil sarinya. Daun ini juga bermanfaat untuk mengatasi gejala demam. 

Sponsors Link

  1. Daun Kemangi

Sebagai obat herbal, daun kemangi diminum atau dikonsumsi bersama jahe. Bau mulut orang yang sakit juga akan berkurang dengan minum sari daun kemangi.

  1. Jahe

Minuman atau teh jahe terkenal dapat menghangatkan badan dan menurunkan demam. Ada dua macam jahe, jahe putih dan jahe merah. Keduanya dapat digunakan sebagai tanaman herbal untuk demam dewasa.

  1. Gula Aren

Rebusan gula aren tidak banyak dikenal sebagai obat herbal. Namun, beberapa orang menggunakannya sebagai penurun panas dan penghasil energi untuk mempercepat pemulihan.

  1. Daun Cocor Bebek

Tanaman yang berkembangbiak dengan tunas daun ini ternyata dapat digunakan sebagai penurun panas dan banyak khasiat lain bagi kesehatan. untuk orang dewasa yang demam, cocor bebek digunakan sebagai kompres setelah terlebih dahulu dihaluskan.

Obat herbal umumnya beraksi lebih lambat dibandingkan obat kimia. Jadi, harus sabar menunggu khasiatnya maksimal setelah sehari. Namun jika demam berlanjut, demam berkepanjangan, demam lebih dari 7 hari  maka segeralah ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan