Sponsors Link

15 Obat Herbal Demam Anak 1 Tahun Terampuh

Sponsors Link

Anak satu tahun sering mengalami demam karena memang di usia ini anak belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Bahkan, sampai usia 2 tahun anak dapat mengalami demam flu sekitar 5 sampai 10 kali per tahun. Dan seiring dengan perkembangan usia, maka  demam anak tinggi akan semakin berkurang. Nah, tidak terbayangkan bukan jika anak sering minum obat kimia? Obat herbal demam anak 1 tahun adalah alternatif pengobatan demam alami yang meminimalkan resiko atau efek samping. Obat herbal di sini segala macam yang dikonsumsi atau perlakuan pada anak dengan cara alami, menggunakan tanaman obat, dan menghindari bahan sintetik. Obat herbal demam anak 1 tahun akan diuraikan di bawah ini.

ads
  1. Minum Teh

Minum teh diyakini akan meredakan demam anak. Teh, terutama teh herbal dapat membuat anak mengeluarkan keringat lebih cepat seperti efek minum obat penurun panas badan anak usia 1 tahun paracetamol. Contoh teh herbal yang biasa dikonsumsi adalah elderflower dan peppermint. Jika tidak ada, dapat meminum teh yang biasa di pasaran.

  1. Bawang Merah

Bawang merah sebagai penurun panas tidak dikonsumsi. Minyak atau cairan dari bawang merah dapat dicampurkan dengan minyak lain, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, kemudian dibaluri ke seluruh tubuh. Cara ini juga bisa digunakan untuk memijat.

  1. Kompres

Kompres sejak zaman dahulu menjadi cara penurun panas yang alami dan cepat. Kompres dapat dilakukan dengan air hangat. Dapat pula air kompres ditambahkan dengan irisan bawang merah.

  1. Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit yang mempunyai nama ilmiah Zingiber amaricans, jika rimpangnya dicuci bersih, ditambahkan dalam air panas, dan diambil sarinya merupakan obat herbal demam tinggi pada anak. Ini terjadi karena lempuyang emprit mengandung senyawa minyak atsiri.

  1. Membuat Sirkulasi Udara Terjaga

Sirkulasi udara di tempat anak beristirahat yang terjaga akan membuat demam cepat turun. Bila ada kipas angin, bisa dinyalakan dengan tidak mengarah langsung kepada anak. Selain itu, anak yang demam tidak diberi baju yang tebal dan selimut. Cukup berikan baju tipis yang menyerap keringat.

  1. Jahe

Jahe yang dijadikan minuman juga cocok untuk anak usia 1 tahun dengan dosis yang sedikit. Minum jahe membuat hangat tubuh sehingga mengeluarkan keringat. Hangat dari jahe dapat melegakan tenggorokan.

  1. Kunyit

Seperti halnya jahe, sari kunyit dapat diberikan pada anak usia 1 tahun yang sedang demam dalam jumlah lebih sedikit dari orang dewasa. Untuk demam batuk pilek pada anak yang mengganggu dapat ditambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis.

Sponsors Link

  1. Madu

Sebenarnya madu merupakan jenis makanan yang tidak disarankan bagi anak di bawah usia 2 tahun karena khawatir tidak tercerna. Namun, saat ini banyak dijual madu anak yang bisa dikonsumsi bayi sekalipun. Manfaat madu untuk demam sangat dipercaya bertahun-tahun.

  1. Sambiloto

Sambiloto yang mempunyai nama ilmiah Andrographis peniculata, mempunyai manfaat seluruh bagiannya bagi pengobatan herbal. Untuk demam panas anak, digunakan daun sambiloto yang direbus dan diambil sarinya. Cara ini dapat dilakukan dengan mencampur kunyit.

ads

  1. Mandi Air Hangat

Kebanyakan orangtua akan melarang anaknya untuk mandi jika anak demam panas. Padahal selama jenis demam biasa dan tidak membahaykan, anak tetap harus mandi bahkan berendam. Dengan berendam atau mandi air hangat akan membuat anak cepat mengeluarkan keringat.

  1. Makan yang Bergizi

Konsumsi makanan yang bergizi akan mempercepat pemulihan. Sangat baik jika disesuaikan dengan pencernaan makanan bayi yang masih sensitfe. Sup bisa dijadikan alternatif karena merupakan campuran berbagai makanan bergizi. Hindari makanan penyebab demam makin tinggi.

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat sebagai anti inflamasi. Vitamin C bisa berupa suplemen atau buah dan sayur seperti jeruk, apel, bayam, dan lain-lain.

  1. Temulawak

Tanaman rimpang yang juga menjadi bumbu dapur ini rasanya agak pahit. Dapat mengatasi demam anak 1 tahun dengan cara seperti jahe dan kunyit. Untuk menghilangkan rasa pahitnya sedikit dapat dicampurkan dengan madu anak.

  1. Pijat

Pemijatan pada bagian-bagian tertentu dengan lembut dapat emnurunkan demam anak. Pijat dengan ramuan herbal seperti bawang merah atau dengan minyak peppermint. Pijatan akan menghangatkan tubuh anak, mengeluarkan keringat dengan segera, dan mengatasi rasa nyeri jika pada demam chikungunya dan demam berdarah pada anak.

  1. Air Kelapa Muda

Minum sedikit air kelapa muda juga dapat mengatasi gejala demam anak. Apalagi jika demam karena diare atau demam cirit birit. Air kelapa muda mencegah dehidrasi dan mengatasi racun yang masuk ke dalam tubuh.

Demikian beberapa cara atau obat herbal demam anak 1 tahun yang dapat digunakan. tetaplah memperhatikan suhu tubuh anak. Jika demam tidak menurun selama 3 hari, demam lebih dari 5 hari, demam malam hari pada balita, dan demam anak naik turun, segeralah ke dokter untuk mengetahui penyebab demam. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan