Sponsors Link

8 Obat Herbal Demam Tinggi Pada Anak

Sponsors Link

Pada saat kita atau anak mengalami demam, maka dapat membuat tubuh menjadi lemah dan panas. Demam panas yang dialami dapat disebabkan oleh bermacam-macam, mulai dari reaksi tubuh terhadap infeksi, faktor cuaca hingga efek dari imunisasi. Demam dapat dialami oleh balita hingga orang dewasa. Jika menimpa pada balita atau anak anak, tentunya sebagai orangtua kita akan secepatnya mencari pengobatan untuk menurunkan demam apalagi jika ternyata demam yang dialami cukup tinggi.

ads

Kebanyakan orangtua pasti akan memberikan pengobatan dengan obat penurun panas seperti parasetamol, namun sebenarnya ada obat herbal yang dapat berfungsi sama sebagai penurun demam tinggi. Nah, sekarang kita akan membahas beberapa cara tradisional atau obat herbal yang dapat membantu untuk menurunkan demam tinggi.

  1. Kunyit

Obat herbal yang lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur ini merupakan salah satu obat alami yang memilikki khasiat untuk menurunkan panas tinggi. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan minyak atsiri dan turmeron yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi, anti oksidan dan anti bakteri. Kunyit dapat dijadikan minuman dengan minuman dengan diparut dan direbus dengan air sampai mendidih.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat diteteskan pada minuman bersama madu dan telur ayam kampung. Ketiga bahan alami ini jika diracik maka akan menjadi obat herbal untuk menurunkan demam tinggi. Ditambah jeruk nipis sendiri akan menguangi gejala radang tenggorokan dan  demam batuk pilek pada anak.

  1. Bawang merah

Sudah menjadi rahasia umum dikalangan masyarakat kita jika bawang merah merupakan obat herbal untuk menurunkan demam tinggi juga menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini karena bawang merah mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metialiin, kaemferol dan kuersetin. Umumnya balita yang demam tinggi akan dibaluri atau dioleskan minyak yang keluar dari bawang merah ke seluruh tubuhnya.  Demam tinggi yang dapat diatasi dengan bawang merah bisa bermacam-macam seperti sebagai cara mengatasi demam pada bayi setelah imunisasi, demam anak di malam hari, demam anak naik turun selama 5 hari, dan demam anak 38 derajat celcius.

  1. Sambiloto

Sambiloto hijau dapat membantu menurunkan panas baik pada orang dewasa ataupun anak-anak. Kandungan bahan aktif alami pada sambiloto seperti diterpene, glucosidess, andrografolid lactones dan flavonoid membuatnya berfungsi sebagai obat penurun panas yang alami dan tidak berbahaya.

  1. Air kelapa muda

Air kelapa muda yang kaya akan kalsium dan mineral serta segar jika diminum di siang hari. Air kelapa muda merupakan sumber cairan yang baik untuk mengatasi dehidrasi dan penawar berbagai macam racun. Saat seseorang mengalami demam maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan air kelapa muda mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut sehingga suhu tubuh dapat kembali normal. Jika diare, air kelapa muda akan menawarkan racun penyebab demam cirit birit yang masuk ke dalam tubuh sekaligus mengatasi dehidrasi yang terjadi.

Sponsors Link

  1. Daun kemangi

Kebanyakan orang mengenal daun kemangi hanya untuk lalap. namun sebenarnya daun kemangi ini dapat menjadi obat herbal untuk menurunkan demam tinggi. Dengan cara merebusnya bersama jahe dan campurkan sedikit madu kemudian minum campuran tersebut hingga habis. MInuman tersebut selain menurunkan panas demam juga menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan dan pernapasan bagi penderita demam flu.

Sponsors Link

  1. Cuka sari apel

Cuka yang berasal dari buah apel ini terbukti dapat menurunkan panas tanpa perlu diminum, yaitu dengan menggunakannya sebagai kompres. Suhu tubuh atau demam tinggi akan berangsur-angsur menurun. Cuka sari apel juga dapat ditambahkan pada air untuk mandi jika penderita ingin mandi. Berendam beberapa saat dalam cuka sari apel mempercepat penurunan panas. Ini dapat dilakukan beberapa kali setiap panas.

  1. Temulawak

Mendengar nama temulawak ini pastinya tidak terasa asing di telinga kita. Biasanya temulawak diolah menjadi berbagai macam minuman. Temulawak selain digunakan sebagai obat herbal untuk pencernaan seperti pengobatan maag, hepatitis, diare dan pegal-pegal di tubuh, juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas badan.

Itulah beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan demam tinggi pada orang dewasa atau anak-anak, sehingga kita dapat mulai mengurangi penggunaan obat-obatan kimia seperti yang biasa kita lakukan. Selain harganya yang lebih murah juga tidak menimbulkan efek samping jika digunakan dengan cara yang tepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan