Sponsors Link

9 Obat Herbal Demam Anak Paling Ampuh

Sponsors Link

Di awal musim penghujan sekarang ini sangat rentan akan berbagai penyakit terutama pada anak-anak. Penyakit yang banyak dialami oleh anak-anak adalah demam, baik itu demam panas, flu atau demam batuk pilek pada anak. Walaupun sekarang ini penyakit demam dianggap sebagai peyakit yang biasa terjadi dan mudah pengobatannya, namun akan lebih baik jika kita mengetahui juga jenis demam anak berdasarkan penyebabnya.

ads
  1. Demam fisiologis
    Demam fisiologi, demam karena komdisi lingkungan yang mepengaruhi fungsi tubuh. Contoh demam fisiologis adalah demam karena udara yang terlalu panas, dehidrasi atau kekuranga cairan, dan lain-lain.
  2. Demam karena infeksi
    Demam ini suhunya bisa mencapai hingga 38 derajat celcius. Penyebab demam ini bisa karena bakteri seperti demam tifus, radang tenggorokan, dan lain-lain. Atau pun karena infeksi demam virus seperti demam berdarah, flu, campak, flu burung, dan lain-lain.
  3. Demam non infeksi
    Demam karena ganggua kesehatan lain, seperti adanya penyakit rematik, lupus, kanker, tumor, dan lain-lain.

Ketiga jenis demam tersebut hanya demam fisiologis yang tidak membutuhkan obat karena demamnya dengan suu rendah. Obat untuk demam sekarang ini selain obat yang berbahan dasar kimia juga banyak digunakan obat-obatan tradisional atau herbal. Obat tradisional atau herbal ini sangatlah mudah dijumpai disekitar kita dan telah digunakan sejak dahulu kala. Obat-obatan herbal yang berasal dari tanaman obat ini tidak kalah ampuhnya dengan obat-obatan yang diberikan dokter atau pun yang dijual di apotek.

Tanpa kita ketahui, obat herbal ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan obat-obatan kimia yaitu toksisitasnya relaif lebih rendah. Dengan demikian, otomatis obat herbal ini lebih aman dan tidak ada efek samping bila digunakan dengan tepat. Selain itu obat-obatan herbal ini lebih murah. Karena kandungannya bersifat komplek dan organis konsumsi obat herbal dapat disetaraka dengan makanan. Pemberian obat-obatan herbal ini haruslah sesuai dosisnya agar tepat dan cepat dalam proses penyembuhan demam anak.

Berikut ini beberapa obat herbal demam anak yang bisa dicoba dan digunakan di rumah.

  1. Air Kelapa Muda

Obat herbal ini sangat mudah ditemukan terutama di pedesaan.  Salah satu manfaat air kelapa untuk anak demam adalah untuk menggantikan keringat yang keluar saat panas. Hal ini terjadi Karena pada saat panas, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh.

  1. Lempuyung Emprit

Obat herbal yang memiliki rasa pahit dan warnanya putih kekuningan. Obat herbal ini mengandung senyawa minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan panas.

  1. Sambiloto

Sambiloto memiliki kandungan diterpene, glucosides, flavonoid dan andrografolid lactones (zat pahit). Seluruh bagian tanaman obat herbal ini dapat digunakan. Obat herbal ini sama ampuhnya dengan parasetamol yang dapat menurunkan panas tubuh.

  1. Kunyit

Biasanya bagian kunyit yang digunakan adalah rimpangnya. Rimpang kunyit berwarna ranye. Obat herbal ini mengandung turmeron, curcumin, minyak atsiri dan zingiberen sangat bermanfaa sebagai antioksidan, anti inflamasi dan antibakteri juga sebagai penurun panas. Campuran kunyit dalam minuman dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sponsors Link

  1. Temulawak

Temulawak memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, antibiotik, meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Obat herbal ini memiliki alpha betha curcumena, zat aktif germacrene dan xanthorrhizol. Minum temulawak dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan atau virus penyebab demam infeksi.

  1. Pegagan

Tumbuhan pegagan dikenal dengan nama daun kaki kuda. tumbuhan ini memiliki kandungan vellarine, hydrocotyline, saponin dan triterpenoid. Tumbuhan obat ini dapat menurunkan panas tubuh, memperkuat struktur jaringan tubuh, revitalisasi tubuh dan pembuluh darah.

  1. Daun Kembang Sepatu

Banyak masyarakat kita yang juga memanfaatkan daun sirih atau daun kapuk selain daun kembang sepatu. Daun kembang sepatu ini mengandung polifenol, flavonoid dan saponin. 

Sponsors Link

  1. Bawang Merah

Bawang merah yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu dapur namun juga digunakan untuk menurunkan panas tubuh. Bawang merah ini mengandung minyak atsiri, metilalin, kaemferol, floroglusin, sikloalin dan kuersetin. CAra menggunakannya dengan menggosok minyak yang dihasilkan oleh bawang merah ke seluruh tubuh.

  1. Meniran

tumbuhan obat ini tumbuh liar dan seluruh bagiannnya dapat digunakan. Bermanfaat untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C, tanin, alkaloid, flavonoid, lignin, dan lain-lain.

Itulah beberapa tumbuhan / herbal yang dapat dijadikan obat tradisional penurun panas anak. Semoga sedikit ulasan tentang obat herbal demam anak ini dapat membantu dalam pengobatan demam terutama pada anak secara alami.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan