Sponsors Link

8 Perawatan Anak Demam Panas Dengan Cepat

Sponsors Link

Saat anak-anak menderita demam karena radang sebaiknya lakukan perawatan anak demam panas secara alami dan herbal. Tujuannya supaya lebih minim efek samping pada anak dan suhu badan tubuh anak dapat segera turun. Sehingga aktivitas anak sehari-hari seperti bermain dan belajar dapat kembali normal. Mungkin tidak banyak yang tahu apa saja cara perawatan alami yang bisa dilakukan. Karena sebagian besar akan menuju ke dokter dan meminta terapi pengobatan medis yang sesuai. Untuk mengatasi hal ini, berikut ini beberapa cara perawatan anak demam panas yang alami dan tanpa efek samping.

ads

1. Kompres

Jika anak demam segera berikan manfaat kompres demam pada anak. Dapat menggunakan handuk dingin yang diletakkan di dahi atau menggunakan kompres instan yang banyak dijual di toko obat. Periksa suhu badan anak dengan seksama dan pastikan anak menurun suhu tubuhnya secara perlahan.

2. Parutan Bawang

Cara tradisional lainnya yaitu dengan membuat parutan bawang merah. Kemudian campurkan parutan bawang tersebut dengan minyak kayu putih. Usapkan campuran tersebut pada perut maupun punggung bayi agar demam dapat mereda dengan sendirinya dan suhu badan anak dapat kembali normal. Cara ini merupakan cara efektif yang telah dipergunakan kebanyakan orang sejak jaman dahulu.

3. Minyak Telon

Untuk menjaga agar badan anak tetap hangat dan sebagai salah satu cara mengatasi anak demam menggigil di malam hari kedinginan, sebaiknya usapkan minyak telon pada perut maupun punggung bayi. Sehingga dengan demikian maka kondisi tubuh anak tetap terjaga.

4. Air Putih

Selalu pastikan anak tidak mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya berikan sebanyak mungkin air putih untuk anak. Sediakan minimal delapan gelas dalam sehari sebagai langkah perawatan demam pada anak. Dengan demikian demam akan mereda dengan sendirinya serta penyakit yang diderita anak entah akibat virus maupun infeksi bakteri akan mereda pula.

5. ASI

ASI merupakan sumber gizi yang penting. Oleh sebab itu jika anak bayi mengalami demam karena kelelahan, sebaiknya segera berikan ASI sesering mungkin. Selain membantu mencegah dehidrasi, kandungan ASI juga memiliki nutrisi yang tinggi. Sehingga akan membantu anak bayi dalam memaksimalkan proses pemulihan tubuhnya.

6. Buah

Berikan buah-buahan yang kaya akan vitamin C pada anak, seperti misalnya buah jeruk, anggur maupun strawberry. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu anak supaya dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya secara alami. Sehingga penyakit penyebab demam saat diare dapat segera pulih dan kekebalan tubuh meningkat semakin baik.

Sponsors Link

7. Suhu Hangat

Cara perawatan anak demam panas yang selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa ruangan tempat anak tidur cukup hangat dan tidak terlalu dingin. Sehingga anak dapat tidur nyenyak tanpa merasa menggigil. Hindari memakai pendingin ruangan untuk sementara waktu hingga anak telah reda demamnya.

8. Makanan Berkuah

Jika anak sedang demam sebaiknya berikan makanan yang berkuah hangat. Supaya demam mereda secara alami dan virus dapat segera pergi. Umumnya saat demam makanan berkuah yang paking cocok yaitu sup ayam, selain hangat juga kaya manfaat protein untuk membantu pemulihan gejala demam difteri pada bayi dan anak-anak.

Demikian penjelasan tentang beberapa cara perawatan anak demam panas yang alami dan minim efek samping. Dengan melakukan cara-cara tradisional, maka diharapkan anak dapat segera sembuh dengan sendirinya. Sehingga penyakit demam tidak makin parah serta tidak meluas menjadi komplikasi penyakit lain yang berbahaya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan