Sponsors Link

Perawatan Demam Pada Anak yang Benar

Sponsors Link

Saat diare dengan disertai demam tentunya anak membutuhkan perawatan demam pada anak yang maksimal. Tujuannya supaya demam yang diderita dapat cepat sembuh. Sehingga aktivitas anak dapat kembali normal dan tidak mengalami gangguan yang serius. Namun seringkali banyak yang menyepelekan hal tersebut. Entah karena tidak paham benar atau karena sungguh-sungguh tidak tahu cara perawatan demam yang paling tepat. Oleh sebab itu, artikel ini akan memberikan langkah maupun cara perawatan demam pada anak yang paling efektif sebagai berikut.

ads

1. Makanan Hangat

Jika sedang demam yang cukup penting untuk diberikan yaitu jenis makanan hangat dan usahakan yang berkuah. Contohnya yaitu sayur bayam atau sop sayuran. Dengan mengkonsumsi makanan hangat maka anak akan cepat turun suhu badannya. Selain itu makanan hangat membantu memberi rasa nyaman di tenggorokan apabila demam disebabkan oleh demam akibat radang tenggorokan.

2. Kompres Dingin

Jika suhu tubuh anak tidak kunjung turun, lakukan cara menurunkan panas dengan kompres dengan handuk dingin. Alternatif lainnya dengan memberikan kompres instan yang banyak tersedia di toko obat. Pada intinya yaitu memastikan bahwa demam pada anak dapat berkurang dengan memberikan kompres pada dahi anak. Hal ini merupakan salah satu cara perawatan demam yang paling efektif dan mudah dilakukan.

3. Obat Turun Panas

Sebaiknya berikan obat penurun panas badan yang minim efek sampingnya seperti parasetamol. Jika demam disertai rasa nyeri maka dapat diganti dengan memberikan ibuprofen sebagai anti radang dan anti nyeri. Dengan demikian maka demam akan mereda serta anak akan terhindar dari resiko pusing atau sakit kepala.

4. Minum Air Putih

Jika demam tidak kunjung turun, pastikan anak minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari. Jumlah air putih yang banyak akan membantu kecukupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama saat demam akan membantu menghindari resiko tanda bayi dehidrasi karena demam pada anak. Karena itu usahakan agar anak tidak kekurangan cairan tubuh.

5. Istirahat Cukup

Salah satu cara perawatan demam pada anak yang paling efektif yaitu dengan meminta anak untuk beristirahat lebih panjang. Contohnya minta anak untuk tidur siang lebih lama. Karena saat tidur atau istirahat, maka penyebab tubuh menjadi demam akan berusaha turun dengan sendirinya.

6. Suplemen Tambahan

Berikan suplemen tambahan yang banyak dijual di toko obat melalui resep dokter. Fungsi suplemen tambahan ini yaitu untuk membantu agar anak lebih cepat pulih dari penyakitnya. Dengan kecukupan vitamin serta mineral yang baik, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan tidak terserang demam.

Sponsors Link

7. Buah Dan Sayur

Jika anak demam, sebaiknya berikan cukup buah maupun sayur. Karena buah terutama yang tinggi manfaat vitamin C saat demam akan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga anak tidak mudah sakit dan cepat mengalami pemulihan dari kondisi demam yang diderita. Demikian pula dengan sayuran yang kaya akan mineral bagi pemulihan tubuh. Jika diberikan dalam jumlah yang cukup akan membantu proses perawatan demam secara maksimal.

Demikian beberapa cara perawatan demam pada anak yang paling efektif dan manjur. Dengan memahami cara merawat penyakit maupun cara mengatasi demam menggigil pada anak dengan baik, maka diharapkan demam akan segera turun. Terutama pada anak-anak yang membutuhkan kesehatan maksimal untuk tumbuh kembang yang optimum. Dengan demikian maka pertumbuhan anak tidak terganggu dan kesehatan anak lebih optimal.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan