Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Demam Menggigil Pada Anak

Sponsors Link

Jika seseorang demam tinggi atau demam anak sampai 40 derajat umumnya akan mengalami demam menggigil.  Bahkan ada beberapa mengalami menggigil meski suhu tubuhnya baru sedikit meningkat.  karena menggigil adalah gerakan otot yang berulang untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu lingkungan yang lebih rendah.  Dengan demikian, demam menggigil dapat terjadi kapan saja beriringan dengan demam panas.

ads

Karena demam ini merupakan bagian dari panas, maka tentunya disebabkan oleh demam infeksi dan demam non infeksi.  Cara mengatasinya berfokus pada cara mengatasi gejala panas itu sendiri, mengurangi gejala yang timbul, dan menghangatkan tubuh.  Berbagai cara mengatasi demam menggigil pada anak akan sedikit diuraikan di bawah ini.

  1. Tetap Tenang

Dengan tetap tenang orangtua atau orang dewasa di sekitar anak yang sakit akan lebih mudah berpikir langkah yang tepat.  Jika orang di sekitar tidak tenang maka anak akan merasa ketidaknyamanannya bertambah.

  1. Mengukur Suhu Tubuh

Langkah selanjutnya adalah mengukur suhu tubuh anak, agar dapat dikethui seberapa tinggi suhunya.  Jika hanya dengan rabaan tangan, pengukuran hanya dapat meentukan panas dan tidak.  Bahkan terkadang bisa karena dipengaruhi suhu lingkungan dan suhu tangan.

  1. Kompres

Kompres penurun panas adalah cara alami yang paling cepat bisa dilakukan.  Apalagi jika di rumah tersedia plester kompres demam untuk anak.  Maka pertolongan dapat segera dapat dilakukan.  Selain menurunkan panas, kompres dapat memberikan rasa nyaman.  Jika tidak ada plester kompres, dapat dilakukan kompres air hangat.

  1. Minum Air Hangat

Minum air hangat dapat memberikan sensasi hangat masuk ke dalam tubuh.  Berilah sesering mungkin.  Dengan minum air hangat, maka akan membantu mengeluarkan racun tubuh yang mungkin menyebabkan demam, mengatasi panas, dan mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi.

  1. Minum Jahe

Jahe merupakan minuman yang rasanya hangat.  Jahe rasanya tidak pahit.  Diminum tidak berbau.  Sehingga anak akan menyukai minum ini.  selain menghangatkan tubuh, sari jahe atau sering disebut wedang jahe dapat mengatasi demam menggigil yang disebabkan demam hidung tersumbat, demam akibat radang tenggorokan, dan demam akibat infeksi saluran pernapasan lain.

  1. Obat Penurun panas Badan

Jika dalam beberapa saat demam menggigil tidak reda, maka berikan obat penurun panas badan.  Dengan mengatasi panas pada anak, maka demam gigil juga turut diatasi.  Obat penurun panas yang paling aman adalah jenis paracetamol atau bisa memilih merk Sanmol.  Jika demam disertai sakit kepala pada anak dan nyeri sendi, maka obat bisa digunakan yang mengandung ibuprofen atau pereda rasa nyeri.

  1. Obat Tradisional Penurun Panas

Obat tradisional penurun panas anak dapat juga diberikan karena efeknya sama dengan obat penurun panas badan, namun dengan reaksi yang lebih lambat.  Tetapi ini bias dikatakan lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih atau minyak telon dapat dioleskan ke seluruh bagian tubuh anak yang kedinginan.  Atau dapat juga dioleskan ke beberapa bagian tertentu seperti leher, dada, dan punggung.  Minyak ini mengandung bahan yang langsung menghangatkan bagian luar tubuh dan meresap ke dalam.

Sponsors Link

  1. Makanan Bergizi

Meskipun anak sedang sakit dan  tidak berselera , usahakan tetap makan meskipun sedikit.  Sekarang ini banyak resep makanan untuk anak demam yang bisa diikuti di berbagai media sosial.  Makanan penurun demam sangat baik dan membantu memulihkan kondisi anak.

  1. Istirahat

Sebenarnya, jika anak sakit dan masih mau beraktivitas walau tidak banyak menandakan sakitnya adalah jenis demam biasa.  Namun, ajak dan usahakan anak untuk lebih banyak beristirahat atau hanya bermain di dalam rumah.  Istirahat akan sangat membantu proses pemulihan.

  1. Pakaian dan Selimut Tipis

Walau anak kedinginan, cara mengatasi demam menggigil pada anak bukan dengan pakaian dan selimut tebal. Penyebab kedinginan suhu yang rendah, tetapi suhu badan yang panas.  Panas dapat terperangkap dalam tubuh jika anak berpakaian dan besrselimut tebal.  berikan saja pakaian biasa dan selimut tipis.  Jika suhu tubuh mulai stabil, gantilah dengan pakaian tipis yang menyerap keringat.  Perhatikan bahwa pakaian harus tetap kering.

  1. Catat Semua Gejala

Orangtua atau orang dewasa hendaknya bisa mengingat atau bila perlu mencatat semua gejala yang dialami anak.  Hal ini diperlukan jika anak darurat dan harus segera konsultasi ke dokter.

Itulah beberapa cara mengatasi demam menggigil pada anak yang dapat dilakukan di rumah.  Jika anak demam menggigil di malam hari, demam naik turun, demam berkepanjangan, demam diare, anak tiba-tiba panas dan muntah, dan keluar bintik merah, konsultasi ke dokter wajib dilakukan.  Dokter akan mendiagnosa penyakit yang diderita dan penanganan lebih baik .  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan