Sponsors Link

10 Obat Panas Dingin Pada Penderita Diabates

Sponsors Link

Diabetes atau diabetes mellitus, di Indonesia dikenal dengan sebutan kencing manis. Entah dari mana sebutan tersebut berasal. Mungkin karena salah satu cirinya yaitu, air seni yang diproduksi tubuh jika diletakkan akan disukai oleh semut. Penyakit ini berkaitan dengan terganggunya metabolisme dalam tubuh. Di mana penyerapan insulin, kerbohidrat, lemak, dan glukosa terdapat di dalamnya. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi. Walaupun sebenarnya glukosa tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh sebai penghasil energi, glukosa tidak terserap baik dan hanya menumpuk di dalam darah.

ads

Penderita diabetes umumnya harus selalu berada di bawah pengawasan dokter. Karena kondisinya yang tidak stabil. Terkadang kadar gula sangat tinggi, tetapi bisa menurun drastis. Obat yang dikonsumsi harus dengan resep dokter. Dokter sudah memperkirakan dosis yang harus diminum sesuai tingkatan diabetes yang diderita.

Sementara penderita diabetes ada kemungkinan menderita demam panas dan penyebab demam menggigil. Kedua hal yang sebenarnya saling berkaitan. Apalagi kekebalan tubuh seorang penderita diabetes akan cenderung menurun, sensitif terhadap suhu lingkungan yang ekstrim (terlalu panas dan dingin), dan diet yang ketak terkadang menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah yang sangat rendah).

Demam pada penderita diabetes dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini :

  • Suhu udara yang terlalu rendah atau terlalu tinggi
  • Diet yang terlalu ketat atau konsumsi makanan yang menyebabkan kadar gula darah menurun drastis (hipoglikemia).
  • Penyakit ginjal yang mungkin terjadi karena kemampuannya untuk menyerap obat sudah mulai berkurang.
  • Demam infeksi yang mudah menyerang karena kekebalan tubuh penderita diabetes menurun. Infeksi yang kemungkinan dapat terjadi adalah demam akibat radang tenggorokan, demam infeksi saluran kemih, demam tifus, infeksi kulit, dan infeksi / radang gusi.

Dengan demikian, obat panas dingin pada penderita diabetes tidak dapat disamakan dengan penderita jenis demam biasa. Jika di sekeliling ada penderita diabetes yang sakit, maka sebagai obat untuk pertolongan pertamanya atau cara mengatasi  menggigil pada penderita diabetes antara lain sebagai berikut.

  1. Konsumsi Karbohidrat

Jika demam pada penderita diabetes atau kondisi tubuh lesu dan menggigil atau panas dingin karena hipoglikemia, maka penderita dianjurkan untuk konsumsi karbohidrat yang mudah diserap untuk meningkatkan kadar gula darahnya. Makanan yang mengandung karbohidrat ini, antara lain the manis, gula batu, permen, madu, sirup, dan kue kering atau biskuit.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Seimbang

Hipoglikemia dan menurunnya kekebalan tubuh terutama disebabkan pola diet yang salah. Penderita yang panas dingin dapat mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Patuhi semua anjuran dokter tentang makanan, maka demam akan segera teratasi.

  1. Obat Dokter

Seperti telah disebutkan di atas, penderita diabetes harus selalu dalam pengawasan dokter. Sehingga, jika panas dingin harus segera konsultasi ke dokter. Jika penderita mengalami hipoglikemia, maka selain menyarankan diet sehat, dokter akan memberikan obat yang meningkatkan kadar gula darah. Obat ini dikonsumsi sampai kadar gula darah normal. Contoh obat adalah jenis acarbose dan miglitol yang merupakan obat degan kadar glukosa murni.

  1. Menghindari Minuman Beralkohol

Seorang yang sehat dianjurkan untuk menghindari alkohol. Apalagi dengan penderita diabetes yang sedang demam panas dingin. Alkohol mempunyai dampak buruh bagi penderita diabetes. Penyerapan makanan atau metabolisme tubuh akan semakin terganggu. Alkohol akan mengganggu fungis syaraf otak.

  1. Minum Air Putih

Sama dengan penderita demam panas lain, maka minum air putih sebanyak dan sesering mungkin juga merupakan salah satu obat panas dingin bagi penderita diabetes. Minum air putih mengatasi dehidrasi, menstabilkan suhu, dan mencegah dehidrasi.

Sponsors Link

  1. Istirahat

Istirahat yang cukup juga merupakan obat yang efektif. Istirahat akan membantu pemulihan menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan bagi penderita diabetes dapat dikonsumsi. Jenis yang paling aman seperti acetaminopen atau paracetamol banyak dijual bebas dan aman bagi diabetes. Namun, jika ingin meminum obat jenis lain, harus konsultasi degan dokter. Antibiotik juga dikonsusmi atas resep dokter. disesuaikan dengan jenis infeksi yang dialami.

  1. Kompres

Kompres penurun panas tidak hanya cocok untuk anak-anak. Orang dewasa dapat menggunakannya. Jika ingin praktis dan efisen bisa membeli plester kompres demam untuk dewasa. Kompres akan menstabilkan suhu dan membuat lebih nyaman.

  1. Pakaian Tipis

Gunakan juga pakaian tipis, menyerap keringat, dan selalu kering pada penderita panas dingin. Pakaian ini akan membantu menstabilkan suhu tubuh.

  1. Tetap Aktif dan Bergerak

Istirahat bukan berarti penderita harus selalu berada di tempat tidur. Sebaiknya penderita bergerak sedikit dan diijinkan keluar dari kamar. Pergerakan akan membuat jantung tetap berfungsi normal dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian suhu tubuh akan kembali normal.

Demikian obat panas dingin pada penderita diabetes. Penting untuk diperhatikan, bahwa orang di sekelilingnya harus dapat mengingat atau jika perlu mencatat setiap kejadian atau gejala sakit penderita diabetes. Dan semua yang dilakukan harus di bawah pengawasan dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan