Sponsors Link

8 Cara Menurunkan Panas dengan Kompres yang Paling Efektif

Sponsors Link

Panas atau demam panas seperti sudah dilansir berbagai media sebenarnya merupakan cara atau reaksi tubuh terhadap infeksi. Jadi, panas yang tidak semuanya pertanda bahaya. Jika panas menunjukkan gejala demam biasa atau jenis demam biasa, maka baik orang dewasa atau anak-anak tidak perlu tergesa-gesa minum obat turun panas. Apalagi jika obat tersebut bukan merupakan obat alami atau obat tradisional penurun  panas tinggi.

ads

Kompres penurun panas diyakini sejak dahulu merupakan cara yang paling efektif menurunkan panas. Meskipun tidak selamanya berhasil membuat panas menjadi turun, beberapa ahli kesehatan menyarankan kompres untuk memberikan kenyamanan pada penderita. namun, tetap diyakini bahwa kompres hingga 90% dapat menurunkan panas. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas cara menurunkan panas dengan kompres. Cara tersebut terangkum dalam beberapa hal di bawah ini.

  1. Hindari Kompres Air Dingin

Sering orang bertanya, kompres demam pakai air hangat atau air dingin.  Kompres dengan air dingin memang akan lebih cepat menurunkan panas. Tetapi berdasarkan penelitian, penurunan panas terkadang berlangsung terlalu cepat sehingga tubuh mengalami hipotermia. Ketika tubuh mengalami hipotermia karena penurunan panas yang terlalu cepat hipotalamus beraksi untuk mengatasinya. Akibatnya, hipotalamus mengirimkan sinyal untuk meningkatkan suhu tubuh dan demam semakin tinggi setelah turun beberapa saat.

  1. Hindari Kompres Alkohol

Alkohol juga pernah menjadi kompres favorit ibu , khususnya untuk balita. Zat yang dikandung alkohol menyebabkan tubuh dengan cepat menurunkan panas. Umumnya kompres cukup dilakukan dengan mengoleskan alkohol ke bagian ketiak dan lipatan paha, serta leher. Namun, dokter saat ini tidak menyarankan kompres menggunakan alkohol mengingat beberapa bahaya alkohol. Dan alkohol dapat menyerap masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres dengan air hangat sangat dianjurkan jika seseorang demam. meskipun hasilnya tidak secepat kompres air dingin, namun dipercaya lebih aman dan membuat penderita nyaman. Kompres dengan air hangat juga tidak berpotensi menyebabkan panas yang lebih tinggi

  1. Kompres di Bagian Lipatan Tubuh

Kompres dengan air hangat caranya mudah tinggal membasahi handuk kecil atau kain dengan air hangat dan menempelkannya di bagian tubuh. Agar kompres efektif bagian tubuh yang ditempelkan kompres hendaknya tidak hanya di dahi, tetapi bagian lain tubuh yang berlipat seperti di ketiak dan lipatan paha. Justru menempelkan kompres di bagian dahi kurang efektif karena terhalang oleh tulang tengkorak. Sementara kompres di bagian lipatan akan berhubungan langsung dengan pembuluh darah. Ulangi merendam kain dengan air hangat, jika dirasa sudah dingin atau ulangi setiap 15 menit sekali.

Sponsors Link

  1. Terus Minum Air Putih

Agar kompres berjalan efektif, maka penderita panas harus tetap meminum air putih sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi. Dengan banyak minum air putih juga akan merangsang tubuh mengeluarkan keringat.

  1. Memakai Baju Tipis

Cara menurunkan panas dengan kompres alah satunya adalah dengan memberikan baju tipis pada penderita. Jangan menyelimuti penderita dengan selimut tebal yang berlapis-lapis. Cukup memakai baju tipis, pendek, dan menyerap keringat. Meskipun penderita demam menggigil tetap tidak perlu mengenakan baju tebal. Ini dikarenakan menggigil karena kedinginan berbeda dengan demam gigil. Pemakaian pakaian tebal dan selimut akan berbahaya karena panas tubuh akan terperangkap dan bisa mengakibatkan bertambah tinggi.

Sponsors Link

  1. Kompres Selesai

Jika panas sudah mulai turun, maka bersihkan bagian yang dikompres dengan mengelap perlahan. Jangan menggosoknya. Menggosok-gosok badan terlalu keras dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi. Selanjutnya, teatplah memantau perkembangan penderita dengan memperhatikan dan mengontrol suhu tubuh secara berkala.

  1. Alternatif Jenis Kompres

Alternatif jenis kompres yang bisa digunakan selain air hangat adalah kompres instan, kompres herbal, atau plester kompres demam untuk dewasa. Kompres herbal caranya ditempelkan di tempat yang sama dengan kompres air hangat. Contoh kompres herbal adalah daun cocor bebek dan daun singkong. Kompres dengan daun singkong diyakini akan mengatasi demam disertai sakit kepala.

Cara menurunkan panas dengan kompres merupakan tindakan pertolongan pertama. Segera bawa ke dokter jika anak mengalami kejang demam, demam naik turun berhari-hari, demam berkepanjangan, setelah demam keluar bintik merah gatal, dan gejala lain yang berbahaya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan